Sudah 2 Minggu Tidak Haid

Dede – Selasa, 10 Safar 1431 H / 26 Januari 2010 10:52 WIB

Assalamualaikum Wr.Wb

Dok saya dah menikah setahun lebih, pada waktu awal pernikahan saya di KB suntik selama 1 tahun

Sekarang sudah tidak lagi hampir 4 bulan lebih, yang ingin saya tanyakan saya sudah 2 minggu lebih tidak menstruasi apakah saya sedang hamil, tapi hasil dari tes urine menunjukan negatif, mohon pencerahan

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum. Wr.Wb.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Setelah penggunaan KB hormonal seperti suntik, pil dan susuk yang cukup lama, dibutuhkan waktu untuk memulihkan kondisi hormon pada keadaan semula. Hal ini terjadi karena saat menggunakan KB tersebut siklus hormonal seorang wanita terganggu sehingga mengalami ketidaksuburan.

Salah satu ciri siklus hormonal telah pulih kembali adalah dengan adanya siklus mentruasi yang teratur, disertai dengan adanya ovulasi dan akhirnya timbul kehamilan jika sel telur bertemu dengan sperma.

Jika telah terlambat mentruasi 2 minggu, tetapi setelah dilakukan kehamilan hasilnya negatif, maka kemungkinan memang tidak hamil atau mungkin saat melakukan tes kurang tepat sehingga hasilnya negatif (negatif palsu), tidak ada salahnya jika dilakukan tes ulang 1 minggu kemudian. Jika memang hasilnya tetap negatif, akan lebih menguatkan bahwa Sdr tidak hamil.

Terlambatnya menstruasi bisa disebabkan oleh hal lain, yaitu kondisi hormonal yang belum pulih pasca penggunaan KB suntik (sayang Sdr tidak menuliskan apakah siklus menstruasi normal atau tidak, 4 bulan setelah lepas KB), atau mungkin karena faktor psikologis.

Sebaiknya tidak perlu cemas, dan khawatir berlebihan karena hal tersebut akan memicu stress baru dan dapat mengganggu siklus hormonal dan menstruasi. Cukup istirahat dan berolahraga secara teratur, makan makanan yang bergizi secara seimbang serta rajin melakukan puasa sunnah diharapkan dapat segera memulihkan keadaan. Allahu’alam bisshowab.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus