Senam

faisal – Selasa, 21 Ramadhan 1431 H / 31 Agustus 2010 16:15 WIB

assalamulaikum wr wb

dokter saya maw tanya

1.apa sih senam kagel itu apakah ada manfaatnya?

2.apaka ada efek negatif dari senam kagel itu?

terima kasih atas perhatiannya

wassalamualaikum wr wb

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Senam kegel pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Arnold Kegel, seorang gynecologist, sejak tahun 1945. Latihan ini merupakan rangkaian gerakan yang berfungsi untuk melatih kontraksi otot dasar panggung berkali-kali dengan tujuan meningkatkan tonus dan kontraksi otot.

Sementara untuk pria ternyata latihan Kegel ini telah dikembangkan sejak tahun 1978 oleh Zilberger. Namun prinsip utamanya tetap pada latihan penguatan otot-otot panggul. Latihan ini bermanfaat menguatkan otot panggul termasuk penis serta menambah kemampuan potensi seksual.

Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah dengan membayangkan seolah-olah sedang buang air kecil (bak), kemudian kontraksikan otot seperti menahan kencing. Untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik. Latihan ini baru menunjukkan manfaatnya setelah dilakukan minimal enam minggu.

Manfaat senam ini antara lain dapat mengatasi ejakulasi dini pada pria, meningkatkan kepuasan saat berhbungan seksual, mencegah terjadinya hemoroid, mencegah beser-beser (ketidakmampuan mengontrol keluarnya air kencing).
Jika senam ini dilakukan dengan benar, hampir tidak ada efek negatife yang perlu kita khawatirkan. (sf/)

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus