Obat Untuk Membuat Suara Tidak Serak

Kesha Meisatu – Rabu, 27 Sya'ban 1430 H / 19 Agustus 2009 15:06 WIB

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dokter saya mempunyai suara yang lumayan serak, dan ini sangat menggangu  ketika saya membaca Al-qur’an, pertanyaan saya bagaimana obat yang baik untuk membuat suara lebih nyaring dan halus.. terimakasih.. atas jawabannya.

Wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Sdr Keisha Meisatu yang gemar membaca al-qur’an, semoga selalu dalam lindungan Alloh SWT.

Suara serak ada beberapa jenis, antara lain suara serak yang memang dari asalnya serak (biasanya ada gangguan anatomi yang bersifat menetap) dan suara serak akibat suatu gangguan (tadinya suara tidak serak, kemudian akibat sesuatu hal suara menjadi serak).

Pada kesempatan ini  akan membahas suara serak yang disebabkan gangguan. Suara dihasilkan oleh pita suara, akibat adanya aliran udara yang melewati celah pita suara. Jika pita suara mengalami gangguan maka suara yang dihasilkan akan berubah (menjadi serak).

Penyebab gangguan itu antara lain adanya lendir di pita suara, pembengkakan (oedem) pita suara, infeksi pada pita suara, ataupun penekanan pada pita suara maupun adanya kanker yang menyerang pita suara.

Jika penyebab suara serak karena adanya infeksi, maka infeksi tersebut harus diatasi dengan obat anti infeksi. Tapi jika suara serak tersebut dikarenakan adanya lendir yang berlebihan atau pembengkakan pada pita suara, maka untuk mengatasi suara serak dapat dilakukan dengan puasa bicara, meminum  obat pengencer dahak dan anti bengkak, menghindari makanan dan minuman dingin serta makanan kering dan berminyak dan banyak minum air putih.
Cara lainnya yang dapat mengatasi lendir yang berlebihan adalah dengan teknik gurah.

Untuk mengetahui penyebab suara serak, sebaiknya Sdr berkonsultasi dengan dokter (spesialis THT). tetapi apapun suara anda, tetaplah membaca al-Qur’an.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus