Nyeri di Dada Dan Punggung Sering Sakit

Tyranotz – Senin, 28 Zulqa'dah 1430 H / 16 November 2009 14:57 WIB

Assalammu’alaikum Wr.Wb.

Saya laki-laki, umur 23 tahun. sewaktu saya bangun tidur, dada saya sebelah kiri terasa ada yang sakit. apakah mungkin karena saya sering bepergian dengan motor?

Kemudian punggung saya juga sering sakit. saya sendiri bukan perokok, namun memang saya kurang berolahraga.

terima kasih atas sarannya.

Wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Jika kita melihat struktur dada dari luar kedalam maka akan kita dapati adanya kulit, otot, tulang dan kemudian jantung serta paru dan pembuluh darah besar serta bronkus. Dari semua struktur tersebut jika mengalami gangguan dapat menyebabkan rasa sakit, hanya saja jenis sakitnya berbeda – beda.

Nyeri yang disebabkan karena gangguan di paru – paru biasanya disertai dengan batuk, nyeri saat bernafas terutama nafas dalam yang terjadi di dada kiri maupun kanan. Nyeri pada jantung biasanya disertai dengan jantung berdebar – debar, rasa nyeri seperti terhimpit benda berat, nyeri seperti terbakar di dada sebelah kiri, sesak, kadang disertai dengan keringat dingin dan lemas.

Adapun gangguan otot sering menimbulkan keluhan nyeri pegal di seluruh dada, kalau untuk
menggerakkan tangan terasa kaku dan berat. Hal ini bisa terjadi karena terlalu capai atau tidur yang tidak ergonomis dan sering berkendara motor jarak jauh. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan bekam, acupressure, cukup minum air,  rajin berolahraga dan jika tidur harus ditempat yang datar tapi empuk.

Untuk lebih memastikan hal tersebut sebaiknya Sdr memeriksakan ke dokter terdekat.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus