Neuritis Perifer (Rasa Kesemutan Yang Amat Sangat)

Arieniati – Senin, 22 Rabiul Awwal 1431 H / 8 Maret 2010 07:31 WIB

Assalamu’alaikum wr. wb.

Pak ustad, ibu saya kurang lebih 2 bulan terakhir ini sering mengeluh kesemutan di bagian kedua tangannya sampai terasa nyeri sekali dan kadang tidak terasa jika memegang sesuatu ditangannya.

Setahu saya ibu mengidap neuritis perifer (menurut medis). Ibu saya sudah mencoba minum obat/lebih sering jamu tradisional semacam obat Cina dan jamu Jawa, tetapi belum pernah check-up dokter.

Seandainya tidak perlu check-up ke dokter ada solusi/obat lainnya? Karena cenderung memilih jamu daripada obat-obatan.

Terima kasih. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Neuritis perifer adalah sensasi rasa baal atau kesemutan atau rasa terbakar atau ditusuk-tusuk (tingling) yang biasanya terjadi pada tangan atau kaki.

Sensasi rasa tersebut bisa menyebar dari atas ke bawah atau sebaliknya. Kulit menjadi sensitif, sehingga sentuhan ringanpun dapat menimbulkan rasa nyeri.

Penyebab dari gangguan ini ada beberapa hal, antara lain karena gangguan sisitem imun (autoimun), diabetes militus (kencing manis), uremia (kadar ureum darah tinggi), akromegali (pertumbuhan tulang berlebihan), kanker, infeksi, kekurangan vitamin terutama vitamin B komplek, adanya penekanan atau trauma pada saraf.

Tentunya untuk mengobati secara tuntas dibutuhkan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui penyebabnya. Karena penangananya pasti berbeda antara satu penyebab dengan lainya, meskipun keluhannya sama. Untuk itu, alangkah baiknya ibu Sdr diperiksakan ke dokter terdekat. Wallahu’alam bisshowab.

Wassalamu’alaykum wr. wb.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus