Hidung Keluar Darah

Edi Guntana – Jumat, 29 Januari 2010 05:55 WIB

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Mohon maaf terlebih dahulu, begini saya ingin bertanya apakah hidung keluar darah sewaktu-waktu itu tidak berbahaya ? Masalahnya saya tidak mengalami sakit apa-apa. Apa yang menyebabkan darah keluar. Mohon penjelasan pak. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

Wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Hidung berdarah atau mimisan dalam dunia kesehatan dikenal sebagai epistaksis bisa merupakan tanda suatu penyakit yang berbahaya, tetapi bisa pula bukan merupakan hal yang berbahaya. Penyakit berbahaya yang ditandai dengan adanya mimisan antara lain hipertensi (tekanan darah tinggi) berat, demam berdarah dan penyakit kelainan darah.

Tetapi kadang mimisan bisa juga terjadi karena cuaca yang panas, kelelahan, demam bukan karena demam berdarah, flu dan kekurangan vitamin C.
Mimisan terjadi karena pembuluh darah di rongga hidung hanya dilapisi oleh selaput lendir yang sangat tipis.

Untuk mengetahui apakah mimisan ini merupakan tanda suatu penyakit yang berbahaya atau tidak, sebaiknya Bapak memeriksakan secara langsung ke dokter terdekat.
Jika dari hasil pemeriksaan dinyatakan tidak ada penyakit yang mengkhawatirkan, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung tinggi vitamin C dan olahraga secara teratur diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. Allahu’alam bisshowab.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus