Hernia

Imam Taufik – Rabu, 4 Safar 1431 H / 20 Januari 2010 08:51 WIB

 Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Saya mau menanyakan kondisi hernia saya, umur 29 tahun, anak 1, turun berok (hernia)  terjadi jika saya merasa stress atau capek, maka dari itu haruskah saya segera operasi????

Wassalam

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Hernia atau dikenal turun berok merupakan suatu keadaan penonjolan isi suatu rongga ke rongga lain akibat adanya lubang pada dinding rongga tersebut. Dan hernia yang sering dijumpai adalah hernia inguinalis atau scrotalis yaitu masuknya isi rongga perut (usus) ke daerah inguinal (lipat paha) menuju ke dalam kantong pelir (scrotum).

Jika hernia masih bisa masuk keluar (hilang timbul) maka tindakan operasi bersifat elektif (direncanakan), tergantung dari kesiapan pasien (baik dari segi mental maupun materi). Tetapi jika hernia tersebut berubah menjadi hernia irreponbel (tidak hilang timbul) dan disertai dengan keluhan sakit perut, perut kembung sampai muntah, tidak bisa buang air besar maka memerlukan tindakan operasi yang bersifat emergency (segera). Meskipun mungkin saat itu kita sedang tidak siap secara materi.

Untuk itu, mempersiapkan mental dan materi sedini mungkin merupakan langkah bijak agar kita siap untuk dilakukan operasi, tanpa menunggu terjadinya hernia irreponibel yang membutuhkan operasi segera.

Semoga Allah Swt memberikan jalan terbaik terhadap setiap masalah yang kita alami, dan menjadikan kita orang yang bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ada. Allahu’alam bisshowab.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus