Hamil Saat Menyusui

Gemala – Rabu, 9 Zulqa'dah 1430 H / 28 Oktober 2009 10:05 WIB

Assalamualaikum wr. wb.

Pak Dokter yang terhormat,

Saya (29 th) sedang hamil 5 minggu saat sedang menyusui anak pertama (10 bln) . Saya memutuskan untuk tetap menyusui  anak pertama hingga berusia 2 th baik selama hamil maupun setelah melahirkan anak kedua. Nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil dan (sekaligus) menyusui tentu tidak sama dengan ibu yang sedang hamil saja atau sedang menyusui saja.  Berapa kebutuhan kalori yang harus saya penuhi dan bagaimana pola makan yang baik bagi saya, Dokter? Multivitamin apa yang harus saya minum sebagai tambahan? Saat ini saya minum sari kurma 1 sdm/hari, habbatussauda 2 pil/hari dan madu 2 sdm/hari. Apakah sudah cukup atau perlu ditambah lagi takarannya? Terima kasih atas jawabannya.

Wassalamualaikum wr. wb.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Mengenai kebutuhan kalori ibu yang sedang menyusui tapi juga hamil memang belum ada acuan yang baku. Tetapi kalau dilihat satu persatu, maka kebutuhan kalori tambahan untuk ibu yang sedang menyusui sekitar 300 – 500 kalori, dan kebutuhan ibu saat hamil juga berkisar 300 kalori. Selain itu pula variasi jenis makanan perlu sekali, agar kebutuhan zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral tercukupi. Untuk melihat asupan makanan tersebut mencukupi atau tidak, Ibu bisa memantau perkembangan janin dan berat badan ibu, serta perkembangan anak yang sedang menyusui tersebut. Jika semua berkembang dengan baik, insyaalloh kebutuhan makan atau zat gizi telah terpenuhi.

Kemudian mengenai suplementasi makanan yang ibu konsumsi saat ini, menurut kami sudah mencukupi, tetapi untuk madu bisa ibu tingkatkan frekuensi minumnya menjadi 2 sendok makan tiga kali sehari. Semoga ibu dan janin serta anak selalu mendapat rahmatNya.

Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus