Haid Tidak Teratur

Ace Heryana – Minggu, 16 November 2008 14:36 WIB

Assalamuaialikum Wr. Wb

Pak dokter yang dirahmati ALLAH SWT

Saya telah menikah hampir 2 tahun tapi belum dikaruniai momongan.Pada bulan April yang lalu Istri saya sempat dikiret menurut pemeriksaan dokter di sana, kandungannya kosong dan cuma ada gumpalan darah.dan sampai sekarang istri saya menstruasi atau haidnya tidak teratur.

Pada bulan  Juli kemaren sempat telat 2 bulan dan ternyata tidak hamil saya periksakan istri saya ke dokter dan memang tidak hamil dan dokter hanya memberikan obat buat memperlancar haid. Dan bulan ini istri saya telat 2 bulan lagi setelah saya cek mengunakan alat tes kehamilan hasilnya negatif. Yang ingin saya tanyakan adalah:

  1. Apakah haid yang tidak teratur bisa mempengaruhi kesuburan?
  2. Solusi apa yang harus saya dan istri lakukan?
  3. Mungkin Klinik sehat mempunyai obat atau terapi buat saya dan istri saya?
  4. Apakah klinik sehat mempunyai cabang di daerah Bekasi?

Terima kasih atas jawabannya.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Wa’alaikum Salam wr. wb.

Bapak yang saya hormati dan Insya’alloh dalam lindungan Alloh SWT selalu. Siklus haid secara ideal teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal, secara fisiologis menggambarkan, organ reproduksi cenderung sehat dan tak bermasalah. Sistem hormonalnya baik, ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haidnya teratur. Intinya, secara kasat mata diyakini dalam kondisi sehat. Sehingga, dengan siklus normal ini, ibu akan lebih mudah mendapatkan kehamilan, menata rutinitas, menghitung masa subur, dan lainnya.

Pada kenyataannya, tak semua perempuan memiliki siklus haid yang normal. Banyak diantara mereka yang siklus haidnya tidak teratur, yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu. Mungkin pada awalnya siklus haid lebih dari 35 hari, namun kemudian akan timbul perdarahan haid di luar siklus haid normal. Misal, siklusnya semula 35-40 hari, tetapi bulan berikutnya bisa tidak haid selama 3 bulan. Di sisi lain, ada pula yang dalam sebulan bisa mengalami haid lebih dari sekali. Contoh, bulan ini haid terjadi tanggal 10, kemudian datang lagi pada tanggal 25 di bulan yang sama. Haid yang berlangsung kurang dari 21 hari dikategorikan siklus haid yang pendek.

Baik siklus pendek maupun panjang, sama-sama menunjukkan ketidaknormalan pada sistem metabolisme dan hormonal. Dampaknya pun sama, yaitu jadi lebih sulit hamil. Pada siklus pendek, ibu mengalami “unovulasi” karena sel telur tidak terlalu matang sehingga sulit untuk dibuahi. Pada siklus panjang, hal ini menandakan sel telur jarang sekali diproduksi atau ibu mengalami ketidaksuburan yang cukup panjang. Jika sel telur jarang diproduksi berarti pembuahan akan sangat jarang terjadi. Padahal, haid merupakan tanda kalau ibu sedang subur.

Ketidakteraturan haid ini pun membuat ibu sulit mencari kapan masa subur dan tidak. Seharusnya, jika haid teratur, masa subur dapat ditemukan dengan mudah. Contoh, jika siklusnya 30 hari, maka masa subur diperkirakan 16 hari setelah hari pertama haid. Berbeda dengan siklus panjang dan pendek, sulit sekali menghitung masa subur karena tak ada rumus yang dapat digunakan.

Beberapa Penyebab terganggunya Siklus Haid

Banyak penyebab kenapa siklus haid menjadi panjang atau sebaliknya, pendek. Namun, penanganan kasus dengan siklus haid yang tidak normal, tak berdasarkan kepada panjang atau pendeknya sebuah siklus haid, melainkan berdasarkan kelainan yang dijumpai. Penanganan dilakukan oleh dokter berdasarkan penyebabnya.

Fungsi Hormon Terganggu
Haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.

Kelainan Sistemik
Ada ibu yang tubuhnya sangat gemuk atau kurus. Hal ini bisa memengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik. Atau ibu menderita penyakit diabetes, juga akan memengaruhi sistem metabolisme ibu sehingga siklus haidnya pun tak teratur.

Stres
Stres jangan dianggap enteng sebab akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Bisa saja karena stres, si ibu jadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolismenya terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.

Kelenjar Gondok
Terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipotiroid). Pasalnya, sistem hormonal tubuh ikut terganggu.

Hormon Prolaktin Berlebihan
Pada ibu menyusui, produksi hormon prolaktinnya cukup tinggi. Hormon prolaktin ini sering kali membuat ibu tak kunjung haid karena memang hormon ini menekan tingkat kesuburan ibu. Pada kasus ini tak masalah, justru sangat baik untuk memberikan kesempatan pada ibu guna memelihara organ reproduksinya. Sebaliknya, jika tidak sedang menyusui, hormon prolaktin juga bisa tinggi, biasanya disebabkan kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak di dalam kepala.

Banyak ibu yang gusar, gangguan siklus haid menghambatnya untuk memiliki anak. Bukan saja ibu yang belum memiliki anak, ibu yang sudah memiliki anak pun dapat mengalaminya. Pada kasus ini penanganan siklus haid yang tidak normal selalu memperhatikan apakah penderita masih berharap untuk hamil atau tidak. Tetapi Insya’Alloh dengan penanganan yang tepat, bapak dan Istri tidak perlu lebih kawatir.

Untuk pengobatan ketidak teraturan haid ini memang kami mempunyai beberapa obat herbal yang cukup baik membantu memperbaiki siklus haid si ibu. Tetapi memang ada beberapa pola hidup dan beberapa sikap yang harus bapak dan Ibu rutin kerjakan. Seperti dengan beberapa terapi Shalat, Puasa, Nutritional, hingga sedekah. Kemudian dapat dibantu dengan pemijatan dengan akupressure dan terapi bekam. Insya’alloh bila memungkinkan bapak dapat mengunjungi kami di Klinik Sehat, untuk dapat mengkonsultasikan lebih lanjut. Semoga Insya’alloh Alloh SWT mendengarkan segala keluh kesah umat-Nya.

Wassalamu’alaikum,wr.wb.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus