Benjolan Kecil Di Belakang Leher

Khairul – Selasa, 16 Muharram 1430 H / 13 Januari 2009 16:27 WIB

Assalamualaikum Wr.Wb.

Terima kasih kepada eramuslim untuk memberikan kesempatannya untuk berkonsultasi.

Pada leher sebelah belakang saya timbul benjolan kira-kira sebesar kelereng, tepatnya sebelah kanan, kadang terasa ngilu sehingga leher saya terasa kaku dan terasa pegal. Saya pernah berkonsultasi pada ahli pengobatan non medis, katanya itu adalah tiroid. Kemudian saya konsultasi lagi pada Dokter umum, katanya itu sejenis tumor. yang mau saya tanyakan;

1.Yang betul itu kelenjar tiroid atau sejenis tumor?

1. Dan tolong penjelasan tentang penyebabnya apa dan cara mengatasinya.

Terima kasih

Wassalam.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Sdr Khairul yang dirahmati Allah. Tumor (benjolan) adalah penyakit pertumbuhan sel, ada dua jenis tumor, yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak mempunyai ciri pertumbuhan yang lambat, tidak menyebar, permukaan rata, dan mudah digerakkan. Sedang tumor ganas (kanker) mempunyai ciri pertumbuhan cepat, menyebar, tidak mudah digerakkan dan permukaan tidak rata.
Dari keterangan saudara adanya benjolan di leher belakang sebelah kanan, menurut hemat kami bukan berasal dari tiroid, karena kalau tiroid itu letaknya di leher bagian depan. Saya setuju dengan pendapat dokter yang memeriksa Sdr, bahwa benjolan tersebut adalah tumor, dan sangat mungkin tumor jinak. Jika anda merasa terganggu dengan benjolan tersebut, alangkah baiknya anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mengambil tumor tersebut.
Wassalam.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus