Bagaimana Mengobati Batuk Alergi Berkepanjangan?

Sitaresmi Alim – Rabu, 18 Jumadil Awwal 1430 H / 13 Mei 2009 11:44 WIB

 Assalaamu’alaikum wr.wb.

2 balita kami, usia 3,5 th dan 5 th, sudah sekitar 4 bulan ini batuk. Frekuensi batuknya tidak terlalu sering & tidak sampai mengganggu tidur & aktifitas lainnya. Namun kami merasa khawatir karena kami perhatikan batuknya berdahak & sudah cukup lama. Sudah kami periksakan ke dokter anak, hasilnya didiagnosa batuk alergi. kemudian diberi  obat utk alergi yg diminum sehari sekali ketika malam sebelum tidur. Namun hampir sebulan sepertinya tidak ada perubahan. sempat juga dg fisioterapi (nebulazer, IR dan Chest therapy) 4 kali, namun tak membaik juga.  

Sekitar 1,5 bulan terakhir ini kami beri terapi habbatussauda cair plus madu 1 sendok makan, setiap pagi dan malam. Juga kami beri susu kambing segar hampir setiap hari. Saya belum melihat batuknya sembuh total namun saya coba terus cara alternatif ini, karena saya kasihan jika mereka harus terus menerus diberi obat alergi kimiawi.

Sekedar tambahan informasi, kami orang tuanya juga pernah batuk sekitar 2 bulan dan didiagnosa bronchitis allergy (kalau kami tidak salah). Dan menurut dokter ini menurun kepada anak2 kami. Alhamdulillah setelah diberi obat (kalau tidak salah antibiotik jenis Azitramicin&obat alergi cetirizine) kami sembuh. Namun kami tidak ingin si kecil harus mengkonsumsi antibiotik ini juga sehingga kami coba bersabar dengan obat herbal. O iya Dok, nafsu makan si kecil sangat baik tidak ada masalah&berat badan juga normal.

Yang ingin kami tanyakan bagaimana cara pengkonsumsian obat herbal yg baik agar hasilnya optimal, dan apa saja obat herbal yang dianjurkan untuk kasus seperti anak kami, serta dimana bisa kami peroleh obat2an tersebut. Apa saja yang dianjurkan atau yang dipantangkan selama pengkonsumsiannya.

Mohon jawaban Dokter segera, jazakumullah khairan katsiiraa….

Wassalaamu’alaikum wr.wb.

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Ummu Aulia yang dirahmati Alloh, semoga Ibu dan keluarga dalam kedaan sehat wal afiat. Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering mengenai anak – anak (balita). Alhamdulillah anak ibu Batuk pada anak dapat digolongkan menjadi batuk karena infeksi dan batuk alergi. Batuk infeksi biasanya disertai dengan keluhan demam, sedangkan batuk alergi biasanya tidak disertai demam. Batuk infeksi yang menyerang anak kebanyakan disebabkan oleh virus yang bersifat self limiting disease (penyakit yang dapat sembuh sendiri), sehingga tidak membutuhkan antibiotik.
Pada batuk alergi, selain terapi herbal yang telah ibu berikan yaitu habbatussuda dan madu, maka sebaiknya dilakukan hal berikut :
1. Biasakan anak bangun pagi dan terkena sinar matahari pagi.
2. Hindari makanan yang mengadung zat tambahan (pengawet, penyedap rasa, pemanis dan pewarna buatan).
3. Hindari faktor pemicu alergi yang kita derita.
4. Hindari makanan dan minuman dingin.
5. Pemberian herba yang bersifat imunostimulan (meningkatkan daya tahan tubuh), antara lain habbatussauda, pulmoquid dan imunocap serta madu.
6. Lakukan pemijatan anak secara rutin.
Ibu bisa mendapatkan obat – herbal tersebut di klinik sehat telp 021- 70016264 atau 5852452.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Klinik Sehat Terbaru

blog comments powered by Disqus