Mengenal Diri

Jhoni Mukhtar – Rabu, 2 Ramadhan 1429 H / 3 September 2008 06:44 WIB

Assalammualaiku Warrahmatullahi Wabarakatuh..

Pak ustadz yang terhormat,

Sampai saat ini saya belum dapat mengenal diri saya sendiri dengan baik, yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar kita bisa mengenal diri kita sendiri atau bagaimana caranya mencari jati diri..

Saudara JMK, Seseorang yang bisa sukses adalah orang yang bisa menemukan jati dirinya serta mengoptimalkan segala yang dimilikinya menjadi hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain.

Untuk dapat menemukan jati diri, kita harus berani jujur dalam menilai diri serta mempunyai kesungguhan dalam pencariannya. Di samping itu juga yang tidak salah pentingnya adalah bagaimana kita mengakualisasikan jati diri yang dimiliki melalui realisasi-realisasi nyata dalam kehidupan. Jangan sampai kita berkutat hanya dalam mecari jati diri tanpa ada tindak lanjutnya.

Nilailah diri kita baik dari sisi positif maupun negatifnya. Gali segala potensi-potensi yang dimiliki baik yang berskla besar maupun yang kecil. Bakat, minat, keterampilan dan hal-hal positif lainnya perlu Anda inventarisir dengan lengkap. Lihatlah dan amati dengan seksama segala kelebihan spesifik yang dimiliki dibandingkan orang lain. Jangan ragu dan malu untuk mengungkapkan kehebatan Anda serta mencatatnya baik tertulis juga di alam pikiran.

Begitupula kelemahan dan kekurangan yang ada dalam diri kita. Inventarisir semua yang ada baik dengan yang telah menjadi karakter maupun yang akan menimbulkan potensi-potensi negatif kedepannya.

Bila kita telah dapat menelusuri seluruh aspek baik yang positif maupun negatifnya, lakukan penggabungan setiap sifat, potensi, bakat dan ketrampilaan positif yang mempunyai kemiripan untuk dapat dioptimalkan menjadi karakter yang kita miliki.

Begitu pula dengan kekurangan dan kelemahan yang dimiliki. Jangan hal-hal tersebut dijadikan sebagai hambatan atau halangan untuk bergerak. Jangan menjadikan hal tersebut membuat langkah-langkah menjadi berat untuk melangkah karena merasa rendah diri.

Tetapi jadikan kekurangan dan kelamahan sebagai ”suplemen motivasi”. Di samping potensi positif yang kita keluarkan untuk menjadi hal-hal yang bermanfaat. Kekurangan yang kita miliki sebisa mungkin kita meminimalisir sehingga dapat menjadi tambahan daya juang dari potensi dan bakat yang dimiliki.

Dan yang terbaik adalah terus-meneruslah kita menggali dan mengenal diri dibarengi dengan kita terus mengoptimalkan potensi, bakat dan ketarmpilan yang dimiliki menjadi sebuah aksi nyata yang bermanfaat bagi sesama. Sehingga hasil yang didapat dapat berpengaruh positif bagi kita untuk terus mencari dan mengenal jati diri kita.

Semoga bermanfaat

Konsultasi Motivasi Terbaru

blog comments powered by Disqus