Materi Pesantren Kilat

Luthfie – Jumat, 2 Mei 2008 06:09 WIB

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Ustadz, saya sekarang ini menjadi karyawan dr sebuahperusahaan kecil. Saya berkeinginan untuk membuat program pesantren kilat pada bulan ramadhan depan (walaupunbln ramadhan bisa di bilang masih lama tetapi saya ingin mengajukan & mengusulkan program tersebut jauh-jauh hari agar bisa di pertimbangkan ooleh atasan saya).

Pesantren kilat tersebutuntuk saya sendiri dan teman-teman. karena selama ini di tempat kerja kami tidak ada program seperti itu. oleh karena itu saya mohon bantuan dan masukan dari bpk ustadz terkait dengan materi-materi apa saja yang sekiranya cocok buat kami sekalian dengan desain pelatihan tersebut (rencananya kami akan mengadakan pesantren kilat tersebut selama 2 hari dengan menginap di suatu tempat). Terima kasih,

Jazakallohu Ahsanal Jaza’.

Wassalamu’alaiku wr wb

Saudara Luthfi yang dirahmati Allah SWT. Merupakan sebuah keinginan mulia terbesitnya keinginan Anda untuk membuat sarana atau jalan bagi orang lain untuk menuntut dan mendalami ilmu agama. Apalagi yang akan dilaksanakan pada bulan mulia yakni bulan Ramadhan.

Ketika kita akan mengadakan sebuah program kegiatan, untuk memilih materi-materi yang akan disampaikan, tentulah diawali dengan analisa kebutuhan. Mengapa kita perlu membuat acara ini? Apa tujuan yang ingin kita capai dari kegiatan ini? Siapa dan berapa banyak peserta yang akan diundang? Berapa lama alokasi waktu untuk seluruh materi? Itulah beberapa pertanyaan dalam menganalisa kebutuhan materi apa saja yang perlu akan disampaikan dalam kegiatan tersebut.

Oleh karenanya, setiap orang tentulah belum tentu sama dalam menentukan setiap materi. Karena banyak variabel yang harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi pada masing-masing tempat. Misalnya, ada yang merasa perlu untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja, maka dalam alokasi waktunya, materi yang disampaikan merupakan hal yang berhubungan dengan motivasi kerja seperti, Etos dan Etika bekerja dalam Islam, Hakekat keberadaan Manusia dan sebagainya.

Oleh karenanya, cobalah Anda menganalisa terlebih dahulu tujuan dan sasaran yang ingin Anda`raih. Dan tentulah sangat baik bila hasil yang ingin dicapai tersebut tidak hanya berguna bagi individu tetapi juga dapat menyebarkan nilai positif dalam memberikan sumbangsih yang besar bagi kemajuan perusahaan sehingga perusahaan merasa perlu untuk mendukung kegiatan ini.

Insya Allah, bila perencanaan dapat kita susun dengan matang dengan memperhatikan berbagai aspek yang melingkupinya maka sesungguhnya kita telah mencapai setengah dari keberhasilan yang akan kita raih.

Semoga bermanfaat

Konsultasi Motivasi Terbaru

blog comments powered by Disqus