Enggan untuk Melaksanakan Puasa Sunnah

Rizki Ridyasmara – Selasa, 8 Ramadhan 1429 H / 9 September 2008 07:35 WIB

Aslm ust, afwan ana dulu msh duduk di sma rajin tuk laksanain puasa sunnah senin-kamis dan puasa Daud,

Setelah beranjak kerja dan kuliah/dalam kurun waktu5 bln ana sdh tidak lg ngejalanin puasa, kiat kiat apa ust yang mana ana bisa lg untuk ngejalanin sunnah tersebut.

Syukron Ustad.

Ananda yang saya hormati, salah satu hal yang harus kita waspadai dalam melakukan sesuatu adalah bagaimana kita dapat istiqamah (konsisten) dalam pelaksanaannya. Timbulnya rasa jenuh (futur) biasa menghinggapi setiap aktivitas yang berjalan apalagi bila monoton.

Untuk itu perlunya kita untuk selalu memotivasi diri untuk selalu bersemangat dalammelakukn berbgai hal termasuk melaksankan puasa Sunnah. Lalu bagaimana cara memotivasi diri?

Selalu ingatlah akan manfaat yang akan banyak kita terima. Bacalah dalil dan hadits-hadits yang membicarakan tentang keutamaan orang-orang yang rajin berpuasa sunnah dan begitu besar pahala yang akan Allah berikan kepada kita.

Dekatkan diri pada Allah. Usahakan selalu dalam lingkungan dan pergaulan bersama orang-orang sholeh. Tidak ada salahnya Anda memilih teman-teman atau kegiatan yang selalu mendorong Anda untuk meningkatkan amal ibadah (Puasa Sunnnah dan sebagainya). Seperti aktif di Rohani Islam, Ikut kajian-kajian keIslaman dan sebagainya.

Jauhi perbuatan maksiat dan hindari untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Dengan berbuat maksiat dan banyak melakukan perbuatan sia-sia akan memadamkan api semngat kita untuk beribadah dan bahkan akan melemahkan kita untuk melakukan amalan-amalan sholeh.

Segera lakukan kembali sekarang juga. Mulailah saat ini juga Anda untuk melaksanakan Puasa sunnah Senin Kamis dan Puasa Nabi Daud seperti yang Anda lakuakn di masa SMA dulu. Laksanakanlah saat ini juga, walupun Anda sedang dihinggapi kemalasan. Lawanlah kemalasan tersebut dengan aksi nyata. Karena biasanya rasa berat hanya terasa pada langkah pertama dalam kita akan melaksanakan sesuatu, selebihnya Insya Allah akan semakin mudah kita menjalankannnya.

Selamat kepada Anda yang ingin kembali meningkatkan kualitas hiri Anda melalui pelaksanaan ibadah puasa sunnah yang akan Anda lakukan kembali.

Semoga bermanfaat

Konsultasi Motivasi Terbaru

blog comments powered by Disqus