Strategi mempromosikan TPA, Kelompok bermain dan TK

Lusi – Senin, 20 Safar 1430 H / 16 Februari 2009 15:33 WIB

Assalamualaikum,

Saya dengan seorang teman membuka usaha tempat penitipan anak, playgroup dan taman kanak-kanak fullday di kota saya. Targetnya adalah ibu-ibu bekerja yang memerlukan tempat pendidikan yang baik dan aman untuk anak-anak mereka selama mereka bekerja. Mulai dibuka sejak tanggal 2 februari yang lalu. Pada saat launching, banyak yang datang dan antusias dengan program yang kami tawarkan. Tetapi ketika pendaftaran telah dibuka, hanya 5 orang anak yang mau masuk ke sekolah kami. Hingga hari ini sudah 2 minggu berjalan. Setiap hari biasanya lumayan banyak yang datang dan bertanya, tapi setelah itu tidak balik lagi. Kami juga sudah melakukan promosi dengan menyebarkan brosur kemana-kemana. Tapi hingga sekarang jumlah anak yang ingin masuk ke sekolah kami masih belum bertambah. Kemungkinan besar karena faktor biaya yang dari info beberapa orang kami dengar terlalu mahal. Kalau dibandingkan biaya playgroup yang sudah ada dimana waktu belajarnya hanya 3-4 jam per hari biaya sekolah kami memang lebih mahal. Tapi biaya yang kami tawarkan sudah cukup murah dibanding sekolah sejenis di kota kami yg menggunakan sistem fullday. Kami juga menyediakan makan siang dan snack 2 kali sehari dengan menu yang seimbang. Strategi apalagi yang sebaiknya kami lakukan untuk memajukan usaha ini?

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
www.bisnis2121.com/internetmarketing/

Wa’alaikumussalam Wr.Wb.

Saudari Amanda yang dirahmati Allah.

Sebelum kita membuat dan meluncurkan sebuah produk (sekolah termasuk produk jasa di bidang pendidikan0 ada beberapa hal yang harus dipertahatikan: Siapa calon pembeli produk atau jasa kita, dimana mereka tinggal 9jauh atau dekat dengan tempat usaha kita), berapa kemampuan mereka untuk membeli produk atau jasa yang akan kita jual. apa kebiasaan2 serta tuntutan mereka, ingin dipandang sepeti apa usaha kita dll. Dalam bahasa marketingnya biasa disebut dengan STP (Setgmentasi Targeting Positioning).

Target pertama dalam memasarkan produk setelah mempertimbangkan STP adalah memenuhi syarat AIDA (Awareness Interest Desire Action) Pertama-tama kita harus membuat orang tertarik dulu dengan produk atau jasa yang kita jual. Kalau tertarik saja tidak bagaimana mungkin orang mau membeli. Buat mereka tertarik dengan produk atau jasa yang kita jual. Agar mereka tertarik produk atau jasa kita harus beda dengan yang sudah ada. Kalau sama saja orang tidak akan tertarik. Dari mana kita tau mereka akan dan harus tertarik dengan jasa atau produk yang kita jual. Ada dua cara; Pertama lewat orang lain yang pernah datang ke sekolah Anda dan merasakan sekolah ini BEDA dan bagus kemudian mereka menceritakannya kepada orang yang mereka kenal. Kedua karena mereka baca selebaran, brosur, spanduk atau iklan yang Anda buat kemudian mereka tertarik dan datang ke sekolah Anda.

Nah ketika mereka membaca ini, disinilah skript atau kata-kata yang tertulis harus menarik. Pembaca hanya punya waktu 3 detik saja untuk memutiuskan apakan meneruskan membaca atau membuang brosur tersebut ke tempat sampah. Disinilah pentingnya Head Lines atau judul pembuka serta isi pesan yang disampaikan harus memenuhi unsur USP.

U=Ultimate Advantage. Apa bedanya sekolah Anda dibandingkan dengan sekolah yang lain. Disini Anda harus merumuskan untuk membuat sebanyak mungkin perbedaan atau nilai tambah kelolah Anda dibanding pesaing. Apakah paling murah. Gratis tas, sepatu dan rekreasi 2x setahun, dst silahkan Anda rumuskan sendiri

S=Sensasional Over. Sensasi apa yang bisa Anda berikan sehingga orang mau menyekolahkan Anak mereka disana. Masih ingat iklan telepho selular yang bilang Gratis nelepon seharian? Insya Allah Dijamin hafal Qur’an setelah 5 tahun dst

P=Powerful Promise. Terbang bersama Lion Air Pulang Bawa BMW. Masih ingat iklan ini? nah gara-gara iklan ini Lion Air kebanjiran penumpang sampai ratusan persen meningkat. Hadiahnya BMW benar2 diundi setiap 6 bulan artinya hanya 2x setahun alias hanya 300 juta saja. Sementara mereka mendapatkan puluhan miliar, jadi apa artinya. Powerfull bukan!

Semoga bermanfaat. Belajar lagi lebih banyak tentang bisnis dengan mengklik disini

Valentino Dinsi (Spiritual Entrepreneur)

Lengkapi wawasan Anda  tentang bisnis dengan belajar di www.bisnis2121.com dan spiritual di
 www.8Rahasia.com

Spiritual Entrepreneur Terbaru

blog comments powered by Disqus