Modal Habis, Bagaimana Mulai Bisnis Kembali

Aditya Nugroho – Selasa, 27 Syawwal 1429 H / 28 Oktober 2008 23:03 WIB

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pak Valen, beberapa waktu lalu saya sudah mencoba apa yang pernah saya tuliskan kepada Bapak, yaitu membuat kaos atau topi dengan gambar/design saya sendiri. Dan itu sudah saya lakukan, hasilnya saya sudah menjual 50 kaos hasil design sendiri kepada teman-teman alumni kuliah, untungnya cukup lumayan.

Begitu juga saya sudah membuat topi untuk proyek di tempat saya bekerja jumlahnya juga 50 buah, hasilnya dan untungnya juga lumayan. Tapi pak, karena satu dan lain hal modal saya habis .(karena saya gunakan untuk membantu biaya pengobatan ibu mertua saya yang kena kanker payudara).

Saat ini saya ingin mulai lagi dengan membuat kaos dan saya jual untuk teman-teman kantor, tapi saya sudah tidak punya modal pak, mohon arahan dan masukan bapak.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Wa’alaikumsalam Wr Wb

Sigit, ada beberapa hal yang saya cermati dari usaha Anda. Usaha Anda cukup memberikan hasil buat Anda. Tetapi sekarang modal Anda sudah habis karena pengobatan kanker payudara ibu mertua Anda. Tindakan Anda sungguh mulia. Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada ibu mertua Anda dan mengganti modal Anda dengan nilai yang lebih besar lagi.

Saya sarankan untuk kedepannya, Anda harus memisahkan keuangan perusahaan dan keuangan pribadi. Kenapa? Ketika Anda mencampurkan keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi, kemungkinan besar usaha Anda tidak akan berkembang.

Lalu saya sarankan juga mulai dari sekarang Anda proteksi diri Anda, istri Anda dan anak Anda termasuk juga orang tua dan mertua Anda dengan asuransi. Mengapa? Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk pengobatan. Bahkan mengorbankan bisnis Anda
Sekarang Anda tidak punya modal, bagaimana caranya?

Ada dua kesalahan pengusaha pemula tentang MODAL

Kesalahan Pertama, mereka menganggap bahwa “modal” adalah uang! Sehingga ketika nggak punya uang, mereka pikir pasti nggak bisa bisnis. Sebenarnya modal bisa saja: kepercayaan, skil, networking, pertemanan, keahlian, ide, kreativitas, popularitas, kejujuran, kegigihan dan seterusnya) daftarnya bisa panjang. Semakin panjang, semakin besar peluang Kamu menemukan sumber “Modal” yang bisa bikin Kamu jadi pengusaha sukses!

Kesalahan Kedua, memang benar kadang kala dalam bisnis perlu uang. Tapi lagi-lagi mereka salah dalam berfikir. Mereka pikir uangnya harus uang sendiri! Coba sekarang selain uang kita sendiri, uang siapa lagi yang bisa kita gunakan sebagai modal bisnis. Bisa: uang bank, orang tua, teman, kenalan, kakak, daik, nenek, kakek, saudara, om, tante dan seterusnya.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa baca modul 3 saya di sini.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Spiritual Entrepreneur Terbaru

blog comments powered by Disqus