3 Tahun Lagi Pensiun. Usaha yang Cocok Buat Saya Apa

Valentino Dinsi – Selasa, 26 Zulqa'dah 1429 H / 25 November 2008 14:19 WIB

Bapak Valentino, saya wanita umur 53 tahun dan mungkin 3 tahun lagi pensiun. Tapi saya tidak mau berhenti beraktivitas. Anak 2, laki-laki semua dan sudah di Universitas (skripsi). Saya Drh tapi sejak lulus tidak berkerja sebagaimana ilmu yang saya dapat.

Saya bekerja sudah 20 tahun di sekolah asing sebagai Nurse, pegang facilities, dan purchasing.
Mohon sekali advise. Kalau saya mencoba mulai mandiri, kira-kira bidang apa yang cocok, tapi tidak membutuhkan banyak modal. Mengingat uang pensiun saya sudah banyak tersedot untuk membiayai orang tua pergi haji.

Terima kasih atas saran .

Lies Noor’ainy <[email protected]>

Bismillahirrahmanirrahiim

Bu Lies yang dirahmati Allah.

Beberapa waktu yang lalu saya diundang untuk memberikan pelatihan di sebuah perusahaan minyak di Dumai. Begitu selesai memberikan pelatihan salah satu peserta seminar, seorang pria paruh baya menghampiri saya. Dari raut wajahnya tampak bapak ini sudah cukup berumur. Benar saja, tiga tahun lagi ia akan memasuki usia pensiun.

"Pak saya bagusnya bisnis apa ya?"begitu ia memulai pembicaraan.

"Bapak sendiri maunya bisnis apa?"balik saya bertanya.

"Maunya sih buka restoran pak!"katanya.

"Bapak suka makan?"tanya saya. "Tidak!"sahutnya. "Bapak kenal orang yang bisa masak?"lanjut saya. "Tidak!"jawabnya pendek. "Wah cilaka Pak!"jawab saya singkat.

"Pekerjaan Bapak apa di Chevron?"tanya saya. "Saya manager procurement (pengadaan) Pak. Sudah lebih dari 15 tahun,"katanya singkat.

"Pak sadarkan dengan apa yang sudah Bapak lakukan selama 15 tahun ini!"lanjut saya. "Bapak bisa membuka perusaan dengan menjadi supplier ke Chewron. Bapak sudah tahu apa saja yang dibutuhkan. Bagaimana prosedurnya. Menghubungi siapa saja (yang tentunya anak buah beliau). "Pak supplier Astra saat ini kebanyakan adalah mantan karyawan Astra!" "Mengapa bapak tidak melakukan hal yang sama."lanjut saya.

"Astaghfirullahhal’adziim kok saya baru sadar ya."

Begitulah Bu Lies, terkadang seseorang baru tersadarkan hingga seseorang membukakan matanya tentang realitas yang ada. Mengapa selama belasan tahun kita tidak sadar akan hal yang begitu sederhana ini. Sebabnya karena kita berada di zona nyaman kita dan lingkungan kita sehingga menjadi biasa dan tidak peka lagi akan peluang-peluang yang ada. Mengapa Bu Lies tidak mulai dari sana!

Saran saya ibu juga harus banyak belajar tentang pondasi bisnis. Ibu bisa mulai dengan mempelajari 10 Modul Bisnis yang sudah saya rancang dengan mengkik link ini

Terakhir, ambillah wudhu dan shalatlah dua raka’at memohon kepada Allah dengan shalat istikharat. Karena sesungguhnya tidak akan menyesal dan tidak akan kecewa orang yang melaksanakan shalat istikarah.

Salam Penuh Berkah

Valentino Dinsi (Komunitas Hidup Seimbang www.8Rahasia.com)

Spiritual Entrepreneur Terbaru

blog comments powered by Disqus