Tembok Langsung di Aci Tanpa Plesteran Semen

Bangun Rumah 123 – Minggu, 14 April 2013 06:14 WIB

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com

Saya punya rumah dan telah di renovasi menjadi dua tingkat.  Bangunan di lantai 2 belum lengkap.  Jadi masih perlu di plester dan acian untuk interior dan exteriornya.

Yang saya ingin tanyakan apakah benar bisa langsung di aci bagian exterior tembok dengan semen di campur compound tanpa di plester terlebih dahulu ?

Demikian pertanyaan saya. Terimakasih atas jawabannya

Wassalaamu’alaikum wrwb

Fauzi

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Fauzi yang saya muliakan, menanggapi pertanyaan bapak sebenarnya saya harus cek ulang data yang ada. Tembok tersebut menggunakan bahan bata merah, batako atau hebel ?

Karena jika batako atau bata merah sangat sulit membuat acian tanpa plesteran. Permukaannya yang tidak rata serta pemasangannya yang kurang rapi membuat acian langsung akan sangat sulit dikerjakan.

Sebenarnya jika menggunakan hebel sekalipun kita tetap memiliki kesulitan. Namun tidak serumit bata merah dan batako. Karena permukaan hebel lebih rata dan pemasangannya bisa lebih rapi.

Intinya tembok langsung di aci tanpa plesteran tetap sulit dikerjakan. Karena kerapian tembok sulit dicapai. Tembok akan melengkung kesana kemari. Yang kelak akan terlihat saat finishing cat. setelah ditimpa warna – warni tembok ia akan sangat mudah terlihat menggelembung atau melengkung.

Fungsi plesteran sebenarnya untuk meratakan permukaan tembok bata merah, batako atau hebel yang memang tidak rata. Lalu plesteran juga berfungsi sebagai penahan air aigar tidak rembes.

Memang pekerjaan tembok langsung aci tanpa pleseteran akan menghemat biaya. Namun resiko tembok rembes dan finishing cat yang tidak rata akan menjadi masalah tersendiri.

Menurut saya jangan ambil resiko ini. Lebih baik menabung dulu sedikit agar biaya terkumpul cukup untuk melakukan plester aci. Lalu lapisi tembok luar dengan water proof atau cat khusus eksterior.

Demikian ulasan singkat saya. Semoga berkenan dan bermanfaat bagi kita semua.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus