Rumah Tinggal Mungil Plus Kamar Kos

Bangun Rumah 123 – Senin, 11 Jumadil Akhir 1434 H / 22 April 2013 18:15 WIB

Assalamualaikum wr.wb pak Andan.
Saya tertarik dengan desain-desain rumah yang bapak buat di konsultasi arsitektur eramuslim.com
Pak Andan, Saya mempunyai tanah kapling seluas 88 m2 atau 8 (lebar depan) x 11 m2. Diatas tanah tersebut saya ingin membangun rumah mungil 1 lantai ( ada carport ) dan 2 kamar kost dengan kamar mandi dalam, dan ada tempat servis juga seperti tempat cuci jemur, dapur, tempat motor.
Bagaimana desainnya ya pak agar rumah tampil dengan  cantik, modern, sehat dan pencahayaan yang bagus?
Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas jawaban Pak Andan.
Wassalamualaikum wr.wb
Erni Rusmalawati

 

 

 

Wa’alaikum salam wrwb Ibu Erni Rusmalawati yang saya hormati,

Semoga rumah ibu kelak menjadi rumah yang berkah. Karena selain sebagai tempat tinggal juga ada tempat penghasilan. Dari 2 kamar kos yang ada paling tidak bisa menutupi operasional bulanan rumah seperti listrik dan telephone. Atau bahkan bisa juga menutupi operasional rutin perbaikan dan perawatan rumah.

Ibu Erny dan netters sekalian, terus terang lahan yang ada cukup kecil. Hanya 88 meter persegi. Jadi saya harus putar otak agar bisa memasukkan segenap kebutuhan yang ada. Untuk itulah saya pepetkan ke kanan 2 kamar kos yang ada. Dengan gang kecil selebar 1,25 maka ia akan terpusat dan tidak makan ruang terlalu besar.

 

Dengan cara ini saya bisa dengan leluasa membuat rumah tinggal dengan 2 kamar tidur di sisi kiri dan belakang lahan. Dengan carport sebagai pintu masuknya. Dan teras tamu yang cukup lebar sebagai muka utama rumah ini. Lalu dapur yang menerus ke ruang cuci jemur sebagai akses servicenya.

Untuk parkir motor anak kos bisa di gang abu-abu bergaris. Dan parkir motor tuan rumah di carport. Karena agak  sulit jika harus membuat parkir motor khusus di dalam.

Nah, dengan konsep sederhana ini kita akan memperoleh tampilan muka rumah yang tidak terlalu mencolok seperti rumah kos. Ia tetap berkesan ‘homy’ dan nampak seperti rumah pada umumnya. Tampil dengan nuansa modern minimalis yang cantik.

Hanya saja dari arah samping kiri agak nampak sedikit kamar kosnya. Walaupun sesungguhnya pemandangan ini tidak terlalu terlihat. Karena tembok tetangga pada kondisi di lapangan akan terpasang tinggi menutupi pandangan ini. Hingga tidak masalah kita meletakkan kamar kos di depan.

Gambar terkahir adalah 3 dimensi atap. Dari sisi ini kita bisa melihat bahwa rumah ini tetap memiliki akses hawa segar di 4 penjuru mata angin. Jadi tidak perlu khawatir pengap dan sumpek. Rumah ini insya Allah tetap adem karena sistem penghawaan ‘cross ventilation’ yang segar.

Alhamdulillah selesai sudah disain kita kali ini. Mohon maaf jika gambarnya tidak terlalu lengkap. Alhamdulillah saya sedang mendapat ujian dari Allah. Beberapa hari badan panas hingga 39 derajat. Hari ini baru periksa ke lab. Mohon doa dari netters sekalian agar diberi kemudahan dan kesembuhan.

Untuk sementara sampai disini dulu jumpa kita. Semoga disain ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST - [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus