Rumah Jawa Modern

Yulia Hafni – Jumat, 18 Maret 2011 18:04 WIB

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pak Andan di eramuslim.com, semoga era muslim tetap bisa melayani umat dalam memberikan informasi yang bermanfaat bagi kaum muslimin.Salam sukses Bp. Andan Nadriasta.

Saya mencoba email mengenai tanah saya di daerah Nganjuk Jawa Timur. Begini Bp. Andan ukuran tanah saya 6.5 m X 25 m. dan saya ingin mendesain rumah sederhana tetapi berkesan modern dengan ukuran 6.5 m X 16 m. Mohon bantuan Bp. Andan untuk desain rumah berisi :

  1. Ruang tamu
  2. Satu Kamar tidur utama
  3. Dua Kamar tidur anak
  4. R. Keluarga
  5. R. Makan
  6. Mushola
  7. Dapur
  8. Kamar Mandi
  9. Teras dan Taman Kecil didepan rumah

Selain itu, karena wilayah kami harus menggunakan jetpump mohon dapat disediakan tempat toren air.

Demikian permohonan dari kami, Atas perhatian dan bantuannya kami sampaikan terima kasih..Semoga Allah membalas kebaikan Bapak dan dilimpahkan Rizki oleh Allah. Amin Ya Robbal ‘alamin.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wb.

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Netters sekalian, seharusnya tulisan ini sudah bisa on line kemarin. Namun karena listrik di tempat saya korslet jadi baru hari bisa tampil. Maklum, markas di sini rumah BTN tua yang saya rehab perlahan-lahan. Jadi kabel listriknya sudah uzur dan perlu peremajaan.

Kemarin sebelum dzuhur data-data ini sudah masuk file eramuslim. Setelah itu saya sholat dzuhur di Masjid komplek PLN Duren Tiga – Jakarta. Yang membuat miris adalah kumpulan anak perempuan seragam SLTA yang duduk-duduk di pinggir jalan dekat masjid. Jika hanya sekedar membolos mungkin tinggal sangsi administratif. Tapi ada asap mengepul dari mulut yang terselip batangan rokok. Masya Allah. Dekadensi moral demikian parah.

Ya Allah, lindungilah anak-anakku dari hal-hal sedemikian rupa. Lindungi pula kami keluarga besar netters eramuslim. Berikan kepada kami keluarga mawaddah, sakinah dan rahmah. Wa bil khusus kepada Bapak Irfan di Nganjuk – Jawa Timur sedang akan membangun rumah idamannya. Bagi sarana bernaung keluarga mereka.

Kini kita membahas rumah Pak Irfan. Dari emailnya beliau berpesan rumah sederhana tetapi berkesan modern. Maka saya terjemahkan sederhana dengan rumah Jawa. Karena beliau tinggal di Nganjuk. Lalu modern saya terjemahkan trendi. Artinya modern yang tampil menarik sesuai zamannya. Cerah dan penuh warna.

Berikut kita lihat denah dengan keterangan disainnya :

A. Ruang Tamu

B. Ruang Tidur Anak

C. Ruang Keluarga

D. Ruang Tidur Utama

E. Teras

F. Musholla

G. Ruang Makan

H. Taman

I. Dapur

J. KM / WC

K. Carport

L. Parkir Motor

Ruang tamu ada di depan dengan penyekat taman. Jadi tetap segar dan menarik ada unsur hijau tampil alami di dalam. Dengan ini kita memperoleh ruang ‘blong’ di dalam. Ruang makan, musholla dan ruang keluarga yang menyatu. Dengan konsep ini pula kita bisa meraih pola dapur yang terpisah. Hingga dengan mudah pula kita membuat tangga putar ke atas untuk mengakses ruang jemur atau ruang pelayan.

Walhasil kita bisa meraih menara air yang menjadi ciri khas arsitektur Jawa. Walaupun dibalut dengan warna ceria, namun kesan atap tropisnya tetap terjaga. Hingga ruang jemur bisa multi fungsi, sekaligus menjadi area tangki air.

Lihatlah tampilan muka kali ini. Mungkin sepintas dengan rumah Jepang yang kemarin saya up date. Karena sama-sama bergaya asia maka jelas ada kemiripannya. /konsultasi/arsitektur/rumah-islami-japan-style.htm

Walaupun jika diamati ada perbedaan mendasar. Yaitu pola atap joglo yang mempunyai bubungan atap tinggi. Nok gentengnya memang dibuat menjulang. Karena inilah kekuatan disain atap joglo.

Ciri modern saya tampilkan juga pada tembok bergaris ala minimalis yang memang sedang trendi. Juga dengan warna abu-abu minimalisnya. Lalu pola batu alam palimanan menjadi bingkai bagian bawah depan rumah. Ditambah dengan jendela dengan kurungan box membuat ruang pelayan di bawah atap tampil cantik. Jadilah ia rumah Jawa yang tampil modern.

Sisi kanan bangunan saya manfaatkan untuk parkir motor. Bisa juga jadi akses jalan orang agar tidak bercampur dengan carport. Hingga kesan teras jawa-nya semakin kuat. Pendopo mungil dengan lampu delman yang tertanam di tembok, membuat cita rasa Jawa yang kental.

Nah, gambar terakhir saya tampilkan bird eye view. Jadi nampak jelas disain atap secara kseluruhan. Dengan masih menyisakan taman hijau di depan dan belakang rumah ini jadi tetap asri dan segar. Sirkulasi udara mengalir dengan baik.

Alhamdulillahi robbil ‘alamin. Sujud syukur kuhaturkan ke hadhirat Ilahi Robbi. Karena artikel ini bisa di published juga. Setelah sekitar 2 hari listrik bolak balik anjlok. Jangan salahkan PLN. Karena memang kabel disini sudah uzur. Bukan karena saya keponakan Pak Anwar PLN Duren Tiga. Tapi memang urusan barang tua jelas ada batas kadaluarsanya.

Adzan maghrib sudah berkumandang dari Masjid Al-Falah Jatiagung. Dan akhirul kalam, mari kita bersegera tunaikan sholat maghrib berjama’ah. Bagi yang pria mari kita ke masjid. Karena pahalanya 27 kali lipat sholat sendiri.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus