Rumah di Tanah Melebar

Bangun Rumah 123 – Minggu, 24 Februari 2013 09:49 WIB

 

Assalaamu’alaikum wr wb
Pak Andan di eramuslim.com,  tidak sengaja sedang mencari desain bangun rumah, ternyata situs eramuslim ada juga rubrik konsultasi arsitekturnya.
Pak Andan, saya punya lahan melebar ukuran 15 meter x 6 meter, lumayan bingung seperti apa membuat disain rumah yang baik di  ukuran lahan melebar 15 x 6 m. Biasa nya yang saya dijumpai dilapangan lebar lahan lebih kecil daripada ukuran panjang kebelakangnya
terimakasih atas bantuan bapak,
Wassalamu’alaikum Wr Wb.
Rudy Fitriawan
Bandung – Jawa Barat
Wa’alaikum salam wrwb
Pak Rudy di Bandung, memang pada umumnya tanah berbentuk memanjang ke belakang. Agak jarang tanah untuk rumah tinggal berbentuk melebar.
Walaupun agak berbeda, namun kasus ini mirip artikel sebelumnya. Dengan muka tanah yang lebar seperti ini kita sebenarnya bisa membuat 2 fungsi bangunan. Rumah tinggal dan rumah kos. Atau bisa juga ruko dan rumah tinggal. Silahkan diakses artikel berjudul ” Rumah Tinggal Mungil Plus Rumah Kos “. Bisa menjadi gambaran perbandingan.
Namun dalam mendisain saya selalu berpijak pada rizki yang ada. Alhamdulillah Pak Rudy dikaruniai tanah yang melebar. Masih banyak orang yang belum punya tanah. Jadi kita ambil positifnya saja.
Sisi baik dari tanah ini adalah akses hawa yang baik. Karena muka rumah menjadi lebar. Hingga semakin banyak pula peluang hawa dan cahaya yang masuk. Pembagian zone plan juga mudah. Bisa saya buat dengan pola sayap kiri, sayap kanan, dan sayap tengah ada 2 kelompok. Jadi pengaturan ruang lebih mudah.
Tanah melebar ini otamatis menarik sekali dari tampak mukanya. Karena banyak garapan disain yang bisa dikerjakan. Banyak tembok muka yang menjadi fokus perhatian. Jadi saya dapat menerapkan aneka macam warna dan ornamen disain arsitektural.
Tiang menjadi daya tarik utama. Tembok teras juga menjadi penyekat yang indah. Jadi orang yang duduk – duduk di teras nyaman tidak terlalu terlihat dari luar. Kemudian lubang angin tak kalah menarik. Dengan variasi model tegak dan tidur.
Batu alam yang menempel di tembok tinggi jadi penghalang tangki air. Hingga area service tetap tampil indah. Bersama kisi – kisi panjang di ruang cuci jemur. Yang dapat diakses juga dari carport karena ada pintu luar dari dekat kamar mandi cuci.
Disain bird eye view menjadi semakin menarik. Karena atap panjangnya semakin terlihat. Sederhana namun cantik. Murah meriah namun tetap indah dengan gaya minimalis rumah modern masa kini.
Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. Semoga menjadi solusi tepat bagi disain rumah dengan tanah melebar. Sekian dulu jumpa kita. Semoga Allah memberi kita umur yang berkah. Agar dapat bersua kembali pada edisi konsultasi berikutnya. Akhirul kalam,
Wassalaamu’alaikum wrwb

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus