Renovasi 2 Lantai di Citayam

Rizal – Sabtu, 16 Ramadhan 1433 H / 4 Agustus 2012 06:44 WIB

<font face=[email protected]
” />

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim, saya memiliki rumah di Citayam. Rumah satu lantai tersebut ingin saya renovasi menjadi 2 lantai. Data-data saya lampirkan di email.

Untuk lantai 1 tetap saja. Agar hemat biaya. Hanya saja bagaimana caranya memperoleh cahaya di bagian belakang ? Hingga lantai satu tidak gelap dan pengap.

carport juga tidak perlu. Karena ada tanah kosong di sebelah rumah yang dapat digunakan untuk carport. Jadi renovasi hanyadilakukan sebagian besar di lantai 2.

Kebutuhan lantai 2 adalah 2 ruang tidur, kamar mandi satu saja, lalu ada balkon dan ruang duduk di lantai atas. Tak lupa juga ruang cuci jemur serta tangki airnya.

Demikian pertanyaan kami. Semoga dapat segera dijawab. Terimakasih atas perhatian Pak Andan dan rekan-rekan di eramuslim.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Adi – Citayam

Wa’alaikum salam wrwb

Netters eramuslim yang saya hormati, setelah sahur dan subuh berjama’ah di Al Falah – Jatiagung – Pondok Gede saya coba up date artikel ini. Semoga sahur kita berkah. Semoga anda semua netters sekalian semakin dilapangkan rizkinya. Hingga kebutuhan lebaran yang meningkat kelak dapat tercukupi. Bahkan semoga lebih agar dapat ditabung.

Kini kita sapa pak Adi di Citayam. Beliau menginginkan disain yang hemat. Agar biaya renovasi juga menjadi hemat. Untuk itu pembongkaran yang ada janganlah terlalu banya.

Setelah kita pelajari denah awal, maka dapat kita mendapat sebuah kesimpulan. Rumah ini pengap di bagian belakangnya. Apalagi dapur yang menjadi sumber panas ada disitu. Hingga tidak hanya gelap saja yang dapat merusak kenyamanan, kompor gas yang menyala juga rawan dari segi keamanan.

Untuk itu saya buat tangga ke atas di kiri belakang tanah. HIngga area ini akan membentuk void yang lapang. Ditambah taman segar di sampingnya, akan membuat akses hawa yang segar bagi kamar tidur di belakang dan juga dapur tentunya.

Kini kita beralih ke lantai 2. Sedehana saja konsepnya. Pola ruangan lantai 2 sangat mirip dengan lantai 1. Hal ini akan membuat hemat struktur balok dan plat betonnya. Pondasi suntikan yang diselipkan di bawah juga dapat langsung terhubung ke lantai 2 dengan mudah.

3 dimensi depan saya buat menarik. Dengan atap pet beton bertiang dinding merah di kiri dan tiang bulat putih di kanan membuat kontras pemandangan. Hingga ia tampil mencolok serta imaginatif. Lalu batu bergaris abu-abu di dinding tinggi menjulang membuat kesan gagah tampilan muka ini.

Atap pelana sederhana akan membuat pekerjaan mudah. Hingga saya bisa fokus pada pengolahan dinding fasad dan balkon yang cantik. Bersama warna-warna cerah yang modern membuat ruamh ini tampil trendi.

Untuk hawa di belakang saya membuat void dari ruang cuci jemur. Agar cahaya masuk dan asap dapur dapat segera keluar. Dan dengan atap transparan akan membuat kita tidak khawatir akan tampias air hujan.

Demikian analisis disain pagi ini. Semoga Allah melimpahkan rizki yang luas untuk Pak Adi di Citayam. Agar rumah impian ini dapat segera terbangun dalam waktu dekat.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus