Membangun Pagar Tembok

Dedi Dulias – Kamis, 27 Rabiul Akhir 1430 H / 23 April 2009 12:22 WIB

Assalamu ‘alaikum  Wr. Wb

Salam hormat,

Bagaimana kabar ustad? afwan katsir ana mau tanya terkait dengan pembuatan pagar tembok.

Kami membeli rumah dengan luas tanah 87 dengan bangunan 28 kepada pengembang dan kami ada rencana pengembangan dengan sistem bertahap, mengingat kondisi keuangan.dan salah satu awal pengembangan adalah tanah belakang.dengan panjang 2 meter dan lebar 8 meter.

Kami ada rencana membuat tembok dengan panjang dan lebar 6 meter. dengan tinggi tembok 2-3 meter

1.Berapa prediksi biaya dalam pembuatan pagar tembok tersebut

2.Bahan-bahan apa saja yang diperlukan dalam pembuatan pagar tembok tersebut

3.Apakah perlu sistem borongan atau tidak dalam pembuatannya ?

Demikian pertanyaan saya jazakallah khoir ?

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb…

Salam hormat dan salam kenal juga dari ana, Mas Dedi, tidak ada kebahagiaan bagi diri ana selain bisa bersilahturahim dengan saudara sesama muslim di seluruh penjuru bumi Allah ini.

Alhamdulillah ana dan keluarga sehat dan selalu dalam rahmat Allah SWT, dan ana berharap Mas Dedi dan keluarga pun demikian.

Alhamdulillah Allah selalu tahu kebutuhan hamba-hambanya sehingga Mas Dedi diberikan rizki untuk memiliki rumah tempat bernaung. Rencana antum untuk mengembangkan secara bertahap memang cukup bijak karena sebaiknya antum bersabar dulu sambil melunasi kredit KPR dan menabung lagi sehingga pada saat pengembangan nanti, alokasi dana sudah mencukupi.

Menjawab pertanyaan antum tentang rencana pembangunan tembok panjang 6 m dan lebar 6 m tinggi 3 meter maka total panjangnya adalah 12 m’ dan luasnya adalah 36 m2, setiap 3 m dibutuhkan satu kolom praktis sehingga dibutuhkan 5 kolom, maka prediksi biaya yang harus dikeluarkan adalah :

• Pekerjaan pondasi Rp. 200.000 / m’ x 12 m’ = Rp. 2.400.000,-
• Pekerjaan sloof ukuran 20 x 30 cm Rp. 150.000 / m’ x 12 m’ = Rp. 1.800.000,-
• Pekerjaan kolom ukuran 10 x 10 cm Rp. 150.000 / m’ x 3 m ‘ x 5 bh = Rp. 2.250.000,-
• Pasangan bata merah, plester dan aci Rp. 150.000 / m2 x 36 m2 = Rp. 5.400.000,-
• Jadi total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 11.850.000,-

Pembangunan tembok luar apalagi pagar yang berbatasan dengan tetangga sebaiknya menggunakan pasangan bata merah karena lebih kokoh dan tidak mudah dilubangi daripada menggunakan pasangan batako atau bata Hebel (baca artikel tentang Pertimbangan Memilih Bata Celkon) yang cenderung lebih lunak. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah besi beton untuk kolom dan sloof, pasangan batu kali untuk pondasi, semen serta pasir.

Untuk pekerjaan skala kecil seperti ini sebaiknya dikerjakan sendiri karena akan lebih menghemat biaya atau jika antum tidak ingin repot bisa dengan borongan upah tukang saja karena pekerjaannya tidak terlalu rumit. Tapi jika ingin diborongkan karena pertimbangan kepraktisan juga tidak ada salahnya.

Demikian Mas Dedi, jawaban atas pertanyaan antum, lebih dan kurangnya saya mohon maaf.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb…

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus