Membeli Rumah Retak

Bangun Rumah 123 – Jumat, 31 Mei 2013 11:24 WIB

ANDAN ERA PIC

Assalamu alaykum wr wb
Ustadz Andan, saya ikut mendoakan smg Bapak Umar Iskandar diberikan
kemudahan dan kesembuhan oleh Alloh. Semoga beliau segera sembuh dari
sakitnya dan pulih, amin ya robbal alamin.
Demikian  pula ustadz Andan sekeluarga semoga tetap dalam kondisi sehat,
dimudahkan segala urusan dan diberikan kesabaran dalam masa sulit ini
amin.

Widia

 

Assalaamu’alaikum wrwb

Ust Andan di eramuslim.com, saya ingin membeli sebuah rumah. Namun saya perhatikan temboknya ada yang retak- retak . Apakah hal ini aman ? Mohon pencerahannya.

Terimakasih atas penjelasannya. Semoga eramuslim bisa tetap istiqomah.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Siti

 

Wa’alaikum salam wrwb

Terimakasih Ibu Widia yang telah mendoakan ayah saya. Terimakasih pula kepada Ibu Siti yang sudah mendoakan kami di eramuslim. Semoga jalinan ukhuwah antara eramuslim dan para netter sekalian tetap terjaga. Hingga dakwah ini dapat tersebar luas membawa manfaat dan barokah.

Ibu Siti, rumah yang temboknya retak ada 2 kriteria. Retak yang pertama hanya di plesteran dan acian luar saja. Lal retak yang kedua adalah keretakan struktur, Biasanya temboknya sampai patah dan bolong.

Untuk kasus pertama tidak membahayakan. Keretakan ditimbulkan karena efek muai bahan. Hingga tidak berpengaruh ke struktur bangunan. Jadi cukup diplamir ulang atau aci untuk menutupi keretakan tersebut.

Namun jika ada pada kasus kedua, maka ia disebut setlement. Istilah umumnya adalah penurunan atau pergerakan struktur / pondasi.  Hal ini perlu diantisipasi dengan serius. Ada pergerakan di struktur yang membuat tembok retak bahkan bolong. Retaknya cukup lebar hingga membelah ke tembok sebelahnya.

Perbaikannya dengan memperbaiki struktur yang ada. Pondasi dan kolom serta balok perlu dibuat baru untuk menopang tembok yang retak. Karena tembok retak yang lebar adalah akibat dari labilnya struktur. Percuma saja jika hanya diplamir atau aci ulang. Karena bukan itu pokok permasalahannya.

Struktur yang stabil menjadi inti permasalahan. Jika struktur tersebut sudah di perbaiki maka dengan otomatis kiat dapat merapikan tembok tersebut.

Demikian Ibu Siti. Semoga penjelasan saya ada manfaatnya. Jangan lupa sholat istikhoroh dalam mengambil keputusan untuk membeli rumah. Hingga segenap langkah kita senantiasa diridhoi Allah.

Netters sekalian, sekian dulu jumpa kita. Semoga sholat Jum’at kita membawa keberkahan. Semoga dosa – dosa kita selama sepekan berguguran melalui jumatan yang khusyuk. Amin ya rabb.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST - [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus