Memanfaatkan Sisa Lahan Kosong di Samping Rumah

Bangun Rumah 123 – Minggu, 24 Maret 2013 05:29 WIB

Assaalamualaikum, wrwb
Salam kenal dari kami sekeluarga, kami tinggal di Jakarta, kami bermaksud untuk menambah ruang tidur anakĀ  kami di lantai atas, rencananya ruang tersebut berada di samping rumah dan dari pihak developer memang sudah menyediakan tempat untuk penambahan ruang diatas hanya kami tidak tahu bagaimana bentuknya/modelnya, yang kami inginkan serasi dengan rumah utama kami, penambahan ruang tidur yang kami inginkan 2 ruang tidur dikamar atas, sementara lahan yang tersedia adalah seluas 5 x 7 m, dan maksud kami ingin menambah sekitar luas 3 meter kedepan dari tanah yang tersisa di lahan kami dibawahnya rencananya ada dapur dengan konsep terbuka, berikut disampaikan gambar rumah kami.
Wassalaamu’alaikum wrwb
Ibrahim
Wa’alaikum salam wrwb
Pak Ibrahim sekeluarga yang saya hormati, terimakasih atas aksesnya. Mohon doa agar eramuslim dapat tetap istiqomah memberikan info bermanfaat bagi netters sekalian. Mohon doa agar saya bisa tetap up date dengan tulisan – tulisan berkualitas. Karena saya harus membagi waktu dengan baik antara tugas dakwah dan tugas arsitektur. Antara pekerjaan lapangan dan pekerjaan jusnalistik.
Netters eramuslim dimanapun anda berada, jika kita pahami denah lama yang ada, maka saya mencoba fokus pada lahan kosong di samping rumah. Karena ini pola paling hemat. Ruang makan dan dapur baru yang memanfaatkan tanah kosong. Lalu 2 kamar tidur anak di atas cor dak beton lama.
Lantai atas saya coba manfaatkan untuk 2 ruang tdiur, kamar mandi dan balkon. Untuk membuat hubungan yang harmonis antara ruang atas dan bawah saya buatkan void kecil. Hingga anak – anak tidak merasa terlalu terpisah di atas.
Void ini penting karena tangga berada di sisi kanan bangunan. Hal ini membuat jarak tempuh menjadi jauh. Kesan ruang atas terpisah dengan bawah sangat kuat. Hingga kita juga harus memperhatikan pola komunikasinya.
Void ini memang membongkar sedikit dak beton lama. Dak beton di ‘bobok’ dengan pengaman balok beton baru yang di pasang melintang sepanjang void. Dan dengan railing void yang baik, ia akan aman. Hingga tidak hanya faktor aliran udara saja yang kita perhatikan, unsur keamanan juga terpenuhi.
Untuk bagian fasad rumah saya sedikit perbaiki. Terutama pintu depan yang saya buat menyamping. Hingga saat pintu dibuka bagian dalam rumah yang merupakan aurat keluarga tetap terjaga dengan baik.
Carport lama jika ingin diubah menjadi teras tamu bisa dibuat dan ditambah sedikit keramik. Hingga bisa menjadi rapi dan bisa diletakkan kursi tamu. Jadi ruangan ini multifungsi. Jika mobil ingin masuk maka meja dan kursi bisa digeser.
Sisa taman di depan dapat saya manfaatkan sebagai carport tambahan. Dengan pola parkir menyamping akan membuat bentuk ruang hemat dan efektif. .
Nah, selesai sudah disain kita kali ini. Untuk bagian kiri bangunan yang merupakan atap lama tidak saya ubah sama sekali. Hanya saja saya tambahkan 2 jendela di atas. Sekedar untuk memberikan gambaran bahwa bangunan satu lantai di sisi kiri ini memiliki ketinggian yang cukup untuk menyelipkan lantai 2.
Demikian jumpa kita. Semoga ide disain kali ini bermanfaat. Sampai jumpa pada edisi konsultasi berikutnya. Semoga Allah melapangkan rizki anda semua para netters eramuslim. Khususnya penggemar setia rubrik arsitektur. Hingga Allah berkenan mewujudkan rumah idaman kita.
Amin, ya robbal ‘alamin. Akhirul kalam,
Wassalaamu’alaikum wrwb

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus