Konsultasi Arsitektur : Renovasi Rumah Kotak

Bangun Rumah 123 – Rabu, 6 Zulqa'dah 1434 H / 11 September 2013 10:09 WIB

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di eramuslim.com, saya memiliki rumah dengan lahan persegi. Bangunannya minimalis. Data terlampir. Saking minimalisnya kami memiliki beberapa kekurangan. Dapur yang terlalu kecil. Ruang pembantu di bawah tangga yang mirip gudang. Ruang tamu tidak ada serta di atas masih kurang kamar anak satu lagi.

Kami juga tidak memiliki ruang cuci jemur sendiri. Untuk itu mohon dibuatkan disain yang baik. Disain yang mempu memperbaiki kekurangan yang ada tersebut.

Demikian pertanyaan kami, terimakasih atas jawabannya.
Wassalaamu’alaikum wrwb

Rahmat – Jagakarsa

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Rahmat di Jagakarsa,
Rumah yang ada memang sangat terbatas dari kebutuhan ruangnya. Namun saya melihat masih ada celah untuk membuat renovasi yang hemat. Hingga segenap kebutuhan bapak dapat terpenuhi. Yang paling gampang adalah lantai atas. Saya membuat 3 kamar tidur di atas. Dengan memanfaatkan 2 ruang tidur lama. Karena ukuran yang lama cukup besar.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Lalu balkon saya manfaatkan untuk ruang service area. Mulai dari cuci jemur, r pelayan dan wc cui. Kita hanya menambah sedikit cor dak beton yang mengikuti pola lantai 1.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Ruang tamu yang selama ini tidak ada batas saya majukan ke depan. hingga kita memiliki ruang khusus untuk menjaga privasi keluarga. Lalu di samping ruang tamu saya mnafaatkan untuk pintu samping masuk ke dapur.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Dengan dibongkar nya kamar mandi lama di bawah maka dapur menjadi lapang. Dan dengan membongkar pula ruang pelayan atau gudang di bawah tangga maka kita akan memperoleh pengganti kamar mandi lama yang dibongkar.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Ruang cuci lama yang semula ada di bawah saya pindahkan ke atas. Hingga area lama yang kosong ditinggalkan mesin cuci bisa diubah menjadi taman atau kolam ikan. Hal ini akan membuat sirkulasi hawa mengalir dengan baik.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Untuk tampilan muka sebenarnya saya hanya fokus pada service area dan ruang tamu baru. Karena ia adalah bangunan baru. Jadi disain nya tinggal mengikuti pola lama disain minimalis asli dari developer.

Nah, demikian saja Pak Rahmat. Semoga disain ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Akhirul kamal,

Wassalaamu’alaikum wrwb
Andan Nadriasta, ST

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus