Konsultasi Arsitektur : Renovasi Rumah Di Lahan Kejepit

Bangun Rumah 123 – Selasa, 12 Zulqa'dah 1434 H / 17 September 2013 09:37 WIB

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan yang saya hormati, kebetulan saya mengajar tahsin Al Quran di komplek perumahan bapak di jatiagung – jatibening. Saat ini saya mendapat amanah untuk membangun rumah di atas tanah keluarga. Namun kondisinya agak terjepit di belakang. Saya lampirkan data lapangannya.

Kebutuhan saya adalah 2 kamar tidur di bawah dan 2 di atas. Lalu ada kamar mandi utama, wc umum, balkon, ruang makan, r keluarga, dapur , parkir motor dan teras serta taman.
Demikian pertanyaan kami. terimakasih atas tanggapannya.
Wassalaamu’alaikum wrwb

Arif

Wa’alaikum salam wrwb

Ust. Arif yang saya hormati, keadaan lokasinya memang terbatas. Hingga saya harus membuat ruang tidur utama di belakang. Dengan cara ini saya akan berhasil memperoleh ruang tengah yang lumayan lega. Apalagi ruang tidur anak ada di depan. Hingga ruang keluarga dan ruang makan bisa saya selipkan di sisi yang berlawanan.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Dapur saya letakkan di dekat jalan masuk. Agar tidak bercampur dengan private area. Dengan cara ini saya dapat membuat parkir motor dan ruang cuci jemur yang rapi dan bersih. Tidak terlihat dari jalan dan tetap terjaga keamanannya.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Untuk lantai 2 saya coba ikuti struktur bangunan lantai satu. Agar hemat pola pembesiannya. Dengan cara ini pula saya bisa memperoleh balkon yang lapang dan lega di atas. Cukup segar memandang taman di bawahnya.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Model minimalis saya tampilkan dengan gaya pet beton dan atap setengah kuda-kuda di depan teras. Karena inilah muka utamanya. Sementara itu atap utama tidak akan dapat terlihat karena posisi lahan yang tersembunyi. Hingga cukup saya buat atap pelana dari atap asbes.

Bangunrumah123

Bangunrumah123

Demikian olahan disain saya Ust Arif. Semoga bisa bermanfaat. Dan semoga Ust. Arif beserta tim pengajar Qur’an yang lainnya bisa tetap istiqomah membimbing jama’ah masjid Al Falah. Karena ini amanah dari warga. Hingga kami sebagai pengurus masjid dapat menunaikan tugas pendidikan dengan baik.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

[email protected] atau [email protected]

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus