Desain Toko Minimalis

Nur Salam – Rabu, 27 Zulqa'dah 1429 H / 26 November 2008 10:28 WIB

Assalaamualaikum wr..wb..

Bp. Ir. Aria Heryantha yang kami hormati,

Kami punya lahan dengan ukuran 9,5 m x 14 m dengan posisi memanjang ke belakang. Lahan kami berhimpit dengan jalan raya yang hanya dipisahkan oleh saluran. Dengan lahan tersebut kami berkeinginan untuk membuat sebuah toko yang dilengkapi dengan kamar tidur dan kamar mandi. Untuk itu kami mohon petunjuk kepada bapak mengenai bentuk dan tata ruang yang cocok dengan lahan yang kami miliki. Sebagai tambahan, karena saat ini sedang demam model minimalis kami juga ingin menerapkan model minimalis untuk toko kami.

Demikian permohonan dari kami atas petunjuk dan saran dari bapak kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalaamualaikum wr..wb..

(Nur salam)

     

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Bapak Nur Salam yang dirahmati Allah, saya mencoba membantu permasalahan yang sedang anda hadapi untuk memulai usaha di lahan yang insya Allah akan membawa keberkahan bagi anda dan keluarga.

Desain yang saya tawarkan cukup simple sesuai dengan kebutuhan anda akan ruang usaha yang dilengkapi dengan kamar tidur dan kamar mandi, selain itu sebaiknya anda lengkapi juga dengan gudang karena ruang penyimpanan ini pasti akan sangat dibutuhkan untuk meletakkan stock barang-barang yang akan dijual. Menyisakan sebagian lahan untuk parkir juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan mengingat letak bangunan anda persis di sisi jalan raya yang ramai dengan lalu lintas kendaraan.

Solusi desain lain yang juga saya coba terapkan ialah dengan menarik sisi kiri bangunan sepanjang 1.5 m agar bangunan bisa bernafas, sehingga ruang tidur dan kamar mandi bisa mendapat cahaya dan penghawaan yang baik. Selasar selebar 1.5 m ini juga berfungsi sebagai akses langsung ke ruang tidur dan gudang sehingga tidak menggangu aktifitas ruang usaha.

Prinsip penataan ruangnya sederhana, sisi kiri bangunan selebar 3 m digunakan untuk gudang (3m x 2.5 m), ruang tidur (3m x 3.5) dan kamar mandi (2m x 1.5 m) sedangkan sisi kanan dengan lebar 5 m x 8 m digunakan untuk ruang usaha. Di muka bangunan dibuat teras selebar 1 m sebagai ruang transisi ke dalam bangunan..

Sesuai dengan keinginan anda yang demam dengan langgam minimalis, maka saya coba terapkan dengan mendesain fasade bangunan yang rapih dan bersih serta penggunaan tekstur dan warna yang lembut. Konstruksi atap toko menggunakan pelat beton mendatar yang ditonjolkan hingga menutupi teras. Fungsi ruang usaha dan ruang penunjang (gudang, kamar tidur dan kamar mandi) juga dibedakan secara kontras dengan ketinggian dan penggunaan material yang berbeda. Pada bagian dinding yang tinggi dapat diletakkan logo atau tulisan nama toko anda, sehingga mudah dilihat dari jalan. Untuk menghindarkan kesan kaku pada bangunan, dinding dan pintu kaca di bagian muka toko, didesain miring 15 derajat dengan profil-profil alumunium yang dibuat acak.
Posisi bangunan yang ditarik 5 m dari jalan juga akan membuat tampilan toko anda lebih mudah untuk di apresiasi sehingga insya Allah akan menarik pengunjung untuk datang.

Akhirnya, marilah kita sama-sama berdoa agar usaha anda dimudahkan oleh Allah SWT dan jika telah berhasil, janganlah sampai mengabaikan hak-hak fakir miskin yang memerlukan uluran tangan anda, insya Allah, Allah akan menambahkan rizkinya dari arah yang tidak disangka-sangka.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus