Desain Teras Dan Kanopi Bergaya Klasik Untuk Rumah 7m X 17m

Dedy – Rabu, 10 Syawwal 1430 H / 30 September 2009 21:45 WIB

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Yth. Ustadz Aria

Sebelumnya saya sampaikan beribu terimakasih atas kesediaannya untuk merespon email saya ini.

Direncanakan pada beberapa minggu kedepan saya berniat membuat teras rumah beserta kanopinya,harapannya desain tersebut bisa membuat rumah jadi kelihatan kokoh dan anggun,meskipun dibangun dengan biaya yang tidak terlalu besar. Sayangnya sampai saat ini saya belum mempunyai gambaran untuk desain-nya sama sekali.

Lebar untuk teras rumah adalah 4m x 3m sedangkan untuk kanopinya 3m x 3m,untuk gambaran lebih lanjut melihat attachment tampilan depan rumah kami.


Atas perhatiannya disampaikan banyak terima kasih.

Wassalam.

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Mas Dedy rahimakumullah, saya mengucapkan selamat atas pembangunan rumah anda dan mudah-mudahan dapat menjadi rumah yang memancarkan ketaqwaan dalam membangun keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Karena rumah anda sudah hampir rampung, maka saya tidak ingin banyak membahas dari sisi desainnya, tetapi hanya memberikan sedikit sentuhan akhir pada tampak muka bangunan dengan desain teras dan kanopi yang sesuai dengan bentuk bangunan.

Melihat dari tampilan bangunan yang belum memiliki ‘style’ tertentu, maka saya mencoba menambahkan desain kanopi yang bergaya klasik. Bentuk ini menyesuaikan dengan lisplang atap yang berprofil dan dinding ruang tamu yang menonjol dengan kemiringan pada sisi kanan dan kirinya.

Gaya klasik pada kanopi di atas teras dan 1 m di depan garasi ini, akan memberikan identitas pada bangunan sehingga terlihat lebih kokoh dan anggun seperti yang anda harapkan. Ditambah dengan desain kolom (tiang) kanopi berukuran 60 cm x 60 cm dengan umpak setinggi 120 cm yang berhiaskan batu alam semakin menambah estetika bangunan.

Atap kanopi menggunakan dak beton dengan ketebalan 10 cm. Sedangkan untuk material profil disekeliling kanopi dapat menggunakan bahan GRC yang lebih ringan dan praktis dibandingkan dengan material semen. Lebar profil dapat anda sesuaikan dengan selera, apakah lebih tebal ataukah lebih tipis.

Lantai teras menggunakan keramik atau granite tile kasar agar tidak licin pada waktu hujan. Sedangkan lantai carport dapat mengunakan batu alam atau koral sikat sehingga terlihat lebih natural.

Pada bagian muka teras, anda dapat menambahkan bak tanaman atau kolam kecil agar bangunan tetap terlihat asri. Anda juga dapat menambahkan lampu pada plafon kanopi serta 2 buah kolom tumpuan sehingga pada malam hari lebih terlihat lebih artistik.

Karena anda sudah memiliki garasi tertutup maka carport sebaiknya dibiarkan terbuka agar rumah tidak terkesan ‘sumpek’.

Demikianlah Mas Dedy desain teras dan kanopi yang dapat melengkapi keindahan rumah anda, mudah-mudahan anda menyukainya.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus