Desain Rumah Petakan di Lahan 6×15 M2

Hr – Kamis, 11 Muharram 1430 H / 8 Januari 2009 00:15 WIB

Mohon bantuannya pak.

Saya berencana membuat kontrakan 4 pintu dengan luas tanah 6×15. yg menjadi concern saya adalah sirkulasi udara dan tidak terlihat sempit, jadi nyaman untuk di tempati walaupun kecil.

Terima kasih

Assalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Saudara HR, sesuai dengan keiinginan anda membuat kontrakan 4 pintu dengan luas tanah 6 M x 15 M, yang walaupun kecil tetap memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak terlihat sempit, saya mencoba menterjemahkannya dalam layout sebagai berikut :

Masing-masing kontrakan berukuran 3.75 M x 4.8 M, yang terdiri dari ruang tamu, ruang tidur, dapur dan kamar mandi. Dari luasan 18 M2 yang didapat, ruangan tidak disusun berderet seperti pada umumnya rumah petakan yang ada, tetapi terbagi dua dengan sirkulasi di tengah ruangan yang menghubungkan ruangan-ruangan tersebut.

Pada bagian sisi kanan lahan, dipotong selebar 1,2 M untuk pencapaian ke masing-masing unit. Masing-masing unit memiliki teras selebar 1 M x 2 M yang dapat digunakan untuk duduk-duduk atau memarkir sepeda motor sehingga tidak mengganggu akses ke unit-unit lain.

Walaupun kecil, privasi penghuni tetap harus terjaga sehingga pintu di desain agar tidak langsung dapat melihat isi rumah. Ruang tamu dapat difungsikan juga sebagai ruang bersama untuk aktifitas bersantai, membaca atau menonton TV sehingga interiornya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuni. Dari ruang tamu ada ruang antara kecil yang menghubungkan kamar tidur, dapur dan kamar mandi sehingga ruangan tidak terlihat sempit dan sumpek.

Kelebihan dari rumah petakan ini walupun kecil memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang cukup, karena kamar dan ruang tamu memiki bukaan (jendela) ke arah jalan dan di bagian belakang juga terdapat void atau ruang terbuka berukuran 1.3 M x 0.95 M yang dapat difungsikan sebagai taman kecil. Dengan adanya void ini, dapat memasukan cahaya dan udara melalui bukaan ke arahnya, sehingga dapur dan ruang sirkulasi tidak sumpek dan gelap.

Dengan adanya ruang-ruang yang maju mundur maka tampilan rumah petakan ini terlihat lebih menarik, apalagi anda dapat membuat permainan atap yang lebih tinggi pada area ruang tamu ke belakang sehingga bagian dinding yang lebih tinggi bisa dibuat ventilasi untuk memasukkan udara dari bagian atas.

Mudah-mudahan anda terinspirasi….!

Wassalam

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus