Desain Rumah Pada Lahan 80 M2

Marfan Nuryanto – Rabu, 28 Syawwal 1429 H / 29 Oktober 2008 23:08 WIB

Assalamualaikum Warramatullahi Wabarrakatuh

Saya berencana membeli tanah kavling di perumahan dengan luas 80 m dengan ukuran lebar muka 8 m dan panjang 10 m. Mohon bantuan dari bapak untuk dibuatkan desain rumah dengan rincian kebutuhan sebagai berikut:

  1. Kamar utama dengan ukuran 3×4 m
  2. Kamar tambahan
  3. Kamar pembantu
  4. Kamar mandi
  5. Ruang tamu
  6. Garasi mobil & motor dengan panjang mobil sekitar 4,5 m dan dua buah sepeda motor
  7. Tempat untuk menjemur pakaian

Tetapi diusahakan desainnya hanya satu lantai saja. Atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih.

Wasalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wa ‘alaikumussalam wr.wb.

Saudara Emang di bumi Allah, membeli kavling dan membangun sendiri adalah cara mudah menyesuaikan kebutuhan dari awal sehingga tidak perlu terjadi bongkar pasang apabila bangunan sudah jadi. Karena itu sebaiknya dipikirkan lebih matang akan kebutuhan ruangnya karena kalau bangunan sudah berdiri akan lebih repot urusannya jika anda baru sadar bahwa ada ruang yang belum terpikirkan. Kalau dilihat dari kebutuhan ruang yang anda inginkan masih ada kekurangan seperti belum ada dapur dan ruang keluarga yang juga bisa difungsikan sebagai ruang makan jika luas lahan tidak mencukupi.

Memang dari semua kebutuhan itu, sangat sulit jika kita menginginkan semua ruang terpenuhi. Dari keseluruhan luas lahan, kita hanya dapat membangun kurang lebih 60 % nya saja, karena di bagian muka ada GSB atau Garis Sempadan Bangunan sepanjang minimal 3 m dari jalan yang hanya boleh dibuat taman atau perkerasan, karena itu kebutuhan kita buat skala prioritas.

Jika anda perhatikan lay out yang saya buat, garasi tertutup untuk mobil dan motor, seperti yang anda inginkan tidak dapat terpenuhi, tapi bisa digantikan dengan carport yang bisa ditutup dengan canopy atau pergola.

Kamar tidur utama (3mx4m) dan kamar tidur anak (2.5mx3m) diletakkan di bagian belakang sehingga privasi lebih terjamin dan bisa mendapatkan cahaya dan penghawaan dari taman yang ada di tengahnya. Kamar mandi diletakkan di depan sehingga sirkulasi udaranya bisa langsung dari arah depan.

Ruang tamu dan ruang keluarga posisinya di tengah agar mendapatkan cahaya, udara dan pemandangan dari taman depan dan taman belakang. Sekat dinding yang memisahkan antara ruang tamu dan ruang keluarga bisa anda buat tidak permanen tapi hanya menggunakan sketsel yang sewaktu-waktu bisa dibuka jika ruang ingin disatukan. Momen-momen silahturahim di rumah anda akan lebih menyenangkan jika ruangan terlihat lebih luas. Taman belakang juga dapat dibuat menyatu dengan ruang keluarga tanpa adanya sekat kaca atau jendela sehingga suasana bisa menjadi lebih segar. Jika anda merasa repot dengan perawatan tamannya, maka anda bisa membuat taman kering dengan hamparan batu serak, tanaman di pot serta kolam sirkulasi lebar 2.35mx0.4m. Dindingnya bisa menggunakan batu candi atau batu andesit.

Posisi ruang servis yang terdiri dari dapur dan kamar pembantu di sini saya buat terpisah dan punya akses langsung dari teras depan sehingga privasi keluarga bisa lebih terjaga. Jika anda menginginkan desain rumah hanya satu lantai, maka kamar pembantu bisa diletakkan di sudut kanan depan dan ruang jemur diletakkan di teras servis. Agar area jemur tidak terlihat dari jalan maka teras servis dapat ditutup dengan dinding berlubang atau dinding krawang. Kamar pembantu dan area jemur ini bisa lebih luas jika anda letakkan di lantai atas dengan posisi tangga naik ada di sudut kanan depan tempat sekarang kamar pembantu berada (dari layout yang ada). Di lantai atas juga bisa anda tambahkan kamar mandi pembantu, sehingga privasi kamar mandi utama lebih terjaga.

Berikut ini juga saya buatkan tampak bangunannya agar bisa menjadi acuan dalam anda membangun.

Semoga bermanfaat dan selamat membangun rumah yang baru.

Wassalam

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus