Rumah Untuk Pengajian

Chamidah – Rabu, 20 Safar 1432 H / 26 Januari 2011 15:15 WIB

Ass.wr.wb
Kami akan membangun rumah 1 lantai dengn konsep islami di atas tanah seluas 300 m2( 15 x 20 m), rumah ini mempunyai 3 unsur utama :
1. Service area : terletak dibagian depan berisi ruang tamu, ruang makan tamu, tempat pengajian dan kamar mandi tamu.
2. Privacy area : merupakan area utama terdiri dr ruang tidur utama dgn kamar mandi di dalam, 4 kamar tidur anak, 1 kamar tidur anak perempuan dgn kamar mandi di dalam, ruang keluarga, ruang makan keluarga,ruang ta’lim sekaligus perpustakaan keluarga dan ruang pakaian
3. Pantry area : merupakan ruang kerja pembantu terdiri dari dapur(yg bisa diakses menuju service area dan privacy area),ruang cuci baju dan ruang seterika.
Selain itu ;
1. Sisi kiri rumah ada car port dari depan ke belakang, sedang di sisi kanan rumah ada lorong /jalan kecil untuk pencahayaan dan udara juga akses pembantu.
2. Di depan ada teras
3. Taman juga ada di depan dan di belakang rumah
4. Kalau memungkinkan ada pavilion untuk tamu yang menginap
Mohon saran dan masukan serta dibuatkan denah serta gambar bangunan yang kami maksudkan. Jazakumullah katsiro atas bantuannya, semoga dibalas Allah dengan limpahan rizki dan keberkahan disetiap amal kita. Amin
Wass.wr.wb

Assalaamu’alaikum wrwb

Saya coba up date lagi tulisan ini. Setelah lelah merayap dan meliuk di sela-sela padat traffic jam kota Jakarta. Mulai dari cawang hingga arah Slipi seperti biasa jam kerja yang padat. Agak susah beralih dari transportasi motor. Karena ia yang paling efektif. Walaupun resikonya kepanasan dan kehujanan. Tak mengapa. Karena ada hadits yang menyatakn bahwa ada dosa yang hanya dapat dihapus dengan lelah berkeringat dalam menafkahi keluarga.

Baiklah, email kali ini dari Ibu Chamidah. Tanah beliau 15 x 20 m. Cukup besar. 300 m2 luasnya. Namun permintaannya juga cukup banyak. Hingga tanah yang luas tersebut jika tak di disain dengan baik akan terasa sesak napas.

Bayangkan, untuk carport saja memanjang hingga ke belakang. Lalu untuk ruang pengajian ada khusus untuk tamu dan khusus pula untuk keluarga. Kemudian service area yang dilokalisir. Dan yang terakhir jumlah kamar tidurnya yang banyak. Belum lagi harus ada ruang pakaian dan WC di dalam.

Itulah kebutuhan kita. Masing-masing orang berbeda-beda sesuai dengan keadaannya. Sosial dan kulturalnya. Dan Ragam budaya daerah sekitar. Sekali lagi untuk itulah diperlukan disain yang terukur dan rapi menyelami kebutuhan yang asasi.

Mari kita lihat bagan keterangan sesuai abjad :

A. Ruang Tidur

B. Ruang keluarga dan Ruang Makan

C. Teras

D. Ruang Pengajian Untuk Tamu

E. Perpustakaan / Ruang Pengajian Untuk Keluarga

F. Ruang Tidur Untuk Tamu

G. Ruang Tamu

H. Kamar Pelayan

I. KM / WC

J. Ruang Cuci Jemur

K. Dapur

L. Taman

M. Parkir Motor / Sepeda / Ruang Setrika

N. Carport

O. Garasi

Yang penting adalah menyambungkan antara ruang pengajian publik dan privasi. Hingga mereka tidak terpisah dan bisa menjadi ruang bersama yang lapang dan lega. Lalu membuat ruang tidur tamu di depan hingga terasa bentuk paviliunnya.

Kemudian meletakkan ruang tidur lainnya di pojok-pojok ruang. Ruang tidur utama di belakang agar privasi. Dan tetap membuat taman di dalam. Baik di dekat ruang tidur utama maupun dekat ruang tamu.

Konsep ini menghasilkan atap double. Bisa dibangun bertahap rumahnya. Karena ada atap depan dan atap belakang. Seperti 2 rumah yang digabungkan. Jadi cahaya dapat tetap masuk ke rumah yang panjang ini.

Demikian Ibu Chamidah dan nettes sekalian. Mohon maaf gambar terbatas karena memang tanahnya besar. Dan mohon maaf cukup sekian perjumpaan kita. Karena sebentar lagi adzan asar. Saya tidak mau ketinggalan sholat di masjid. Karena paling tidak butuh waktu untuk wudhu dan jalan kaki ke masjid. Semoga sore hari ini kita diberkahi Allah SWT.

Al haqqu mirrobika. Yang haq itu datang dari Allah, dan jelas jika ada salah datang dari pribadi kami. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus