Desain Rumah Modern di Lahan 20 x 23 M2

Ria Febriyanti – Minggu, 25 Oktober 2009 23:32 WIB

Assalammu’alaikum wr. Wb.

Pak Aria, saya mau minta tolong untuk mendesainkan rumah tinggal saya sekeluarga, karena orang tua saya kesulitan membuat desain yang sesuai dengan keinginan seluruh keluarga, lagi pula dana yang dimiliki terbatas. Ortu memiliki 2 kavling tanah yang bersebelahan dengan ukuran Panjang 23M x Lebar 20M yang menghadap ke barat. Di bagian depannya terdapat jalan dan disamping kiri, kanan dan belakang merupakan tanah kosong. Rencananya di atas tanah tersebut akan dibangun rumah bergaya modern dengan luas Panjang 13M x Lebar 10M dan sisanya pada sisi kanan bangunan akan dibangun garasi sedangkan pada sisi kiri bangunan terdapat teras, taman, gazebo dan kolam ikan. Bangunan yang ingin dibuat terdiri dari dua lantai. Di lantai atas akan dibuatkan 3 kamar tidur dan satu kamar tidur utama di lantai bawah. Dimana masing-masing kamar tidur berukuran 4M x 5M dengan kamar mandi di dalam dan lemari pakaian yang menyatu dengan dinding kamar. Keluarga Saya merupakan keluarga yang cukup besar dan kami sering mengunjungi satu sama lain untuk bersilahturahmi sehingga dibutuhkan ruang keluarga yang cukup luas. Ortu juga menginginkan rumah dengan siklus udara dan pencahayaan yang cukup di dalam rumah. Ortu menginginkan ruang-ruangan sebagai berikut :

1. Ruang tamu
2. Ruang Keluarga
3. Musholla
4. Void
5. 4 kamar tidur dengan spesifikasi seperti diatas.
6. Ruang makan
7. Dapur yang cukup luas
8. Tempat mencuci piring + pakaian dan tempat menjemur pakaian di bagian belakang
9. Gudang
10. 1 Kamar mandi di lantai bawah
11. Carport dan Garasi yang tertutup. Dimana dapat masuk mobil dan beberapa motor
12. Balkon pada bagian depan
13. 3 Teras terdiri dari teras depan, samping kiri dan belakang

Saya berharap agar Bapak dapat membantu Saya dengan memberikan solusi tahapan-tahapannya mulai dari sketsa ruang, atap dan tampak rumahnya serta perkiraan biayanya. Sebelum dan sesudahnya Saya mengucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak “Amin ya robbal alamin”

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Mbak Ria Febriyanti rahimakumullah, memang sulit mewujudkan keinginan seluruh keluarga, karena masing-masing memiliki keiinginan yang berbeda. Butuh komunikasi dan saling pengertian agar tercapai apa yang diinginkan. Langkah anda untuk mencoba merangkum seluruh keinginan keluarga merupakan satu langkah awal yang sangat bijak agar permasalahan ini tidak berlarut-larut.

Dari data-data yang anda sampaikan saya mencoba mencari solusi desain yang paling sesuai sekaligus ‘simple’ agar mudah untuk diaplikasikan.
Bangunan berjarak 5 m dari jalan, sisi kiri berjarak 6 m, sisi kiri 4 m dan sisi belakang 4.5 m. Halaman depan digunakan untuk ruang hijau dan carport, sisi kiri bangunan untuk kolam ikan dan taman, sisi kanan untuk garasi dan ruang jemur sedangkan halaman belakang untuk taman dan musholla terbuka.

Ruang-ruang yang anda minta saya coba letakkan pada lahan dengan komposisi sesuai dengan luas bangunan yang telah ditentukan. Tangga sebagai ruang transportasi menuju lantai atas saya tarik keluar dari bangunan agar ruangan dalam menjadi lebih lapang. Dari luar, ruang tangga ini seolah-olah berada di atas kolam sehingga dapat menjadi elemen estetis pada bangunan. Dinding kanan dan kiri menggunakan kaca transparan agar yang menaikinya merasa seolah-olah berada di atas air.

Teras depan tidak dibuat menonjol tetapi merupakan coakan dari bangunan. Dengan bentuk teras tersebut maka pintu masuk tidak frontal terhadap jalan sehingga privasi ruang dalam lebih terjaga. Ruang tamu berukuran 5 m x 4 m dan memiliki pandangan ke taman depan dan kolam ikan di sisi kiri. Dengan konsep ruang tamu yang menyegarkan ini diharapkan akan membuat kerasan tamu yang berkunjung. Segaris dengan ruang tamu terdapat ruang makan dan ruang keluarga berukuran 5 m x 7.5 m. Jika dibutuhkan ruang pertemuan yang luas maka anda dapat membuat sekat semi permanen antara ruang tamu dan ruang keluarga ini agar menjadi ruang yang fleksibel. Ruang makan dan ruang keluarga ini juga memiliki teras yang cukup lebar berbentuk L untuk bersantai keluarga melepas kepenatan.

Di lantai dasar ini juga terdapat kamar tidur utama berukuran 5 m x 4 m dengan lemari ’build in’ pada dinding. Juga dilengkapi dengan kamar mandi dalam berukuran 2 m x 2 m. Bersisian dengan kamar mandi ruang tidur utama terdapat kamar mandi umum yang juga berukuran 2 m x 2 m. Dapur dan ruang servis terdapat di sisi kanan depan bangunan dengan pencapaian dari garasi. Bukaan dapur ke arah teras hanya menggunakan lubang kaca memanjang setinggi mata agar aktivitas di dapur tidak langsung terlihat dari luar. Walaupun anda tidak mensyarakatkan kamar pembantu dan wc pembantu, saya tetap menyediakannya di sisi kanan dapur. Ruangan ini dapat beralih fungsi menjadi gudang atau ruang servis lain sesuai dengan kebutuhan anda.

Pada lantai 2 terdapat 3 ruang tidur berukuran masing-masing 5 m x 4 m, dilengkapi dengan kamar mandi dalam dan lemari ‘build in’. Lantai 2 yang luasnya sama dengan lantai 1 ini dilengkapi ruang duduk berukuran 5 m x 3 m dengan void ke arah ruang keluarga di lantai 1 serta balkon kearah halaman depan dan kolam samping.

Sebuah Musholla mungil melengkapi keberadaan bangunan ini, posisinya menghadap kolam ikan dengan kemiringan menghadap arah kiblat. Di desain terbuka agar dapat berfungsi juga sebagai pondok atau gazebo tempat beristirahat.

Tampilan bangunan direncanakan bergaya modern dengan penyelesaian sesederhana mungkin. Garis-garis yang membentuk bangunan terlihat tegas dan lugas. Bentuk atap dibuat miring dua arah ke depan dan belakang agar air hujan dapat jatuh dan menyerap di taman depan dan belakang. Garis kanopi pada balkon depan dibuat menerus dari atas ke bawah hingga menutupi ruang garasi. Ruang garasi ini dibiarkan tanpa pintu agar udara dapat mengalir di sekeliling bangunan, untuk membatasi pandangan dengan area jemur maka dibuat pembatas berupa tiang-tiang yang disusun berjajar berselang-seling. Kesan lugas dan terbuka juga terlihat dari banyaknya jendela dan ruang bernafas pada sekeliling bangunan. Tonjolan tangga yang transparan di atas kolam juga semakin memperkuat kesan modern sekaligus merupakan elemen bangunan yang memperkuat kesan keterbukaan.

Untuk membatasi kolam samping dan halaman depan agar tidak terlhat vulgar, maka anda dapat menggunakan elemen bambu yang disusun berjajar dengan ketinggian berbeda. Elemen bambu tersebut memberikan ekspresi ringan dan dinamis pada bangunan.

Tekstur bangunan juga dapat anda bedakan dengan penggunaan dinding kamprot atau dinding gurat pada dinding ruang tamu dan ruang tidur lantai 2. Tekstur yang dibiarkan berwarna semen ini tampak sangat natural dipadukan dengan finishing cat berwarna hijau muda serta kaca transparan dan garis-garis kanopi berwarna putih.

Secara keseluruhan bangunan dengan luas total kurang lebih 350 m2 ini jika per meter persegi harga bangunan 2.5 juta rupiah membutuhkan biaya 875 juta rupiah.

Demikianlah Mbak Ria, solusi desain yang dapat saya berikan, mudah-mudahan dapat menjadi inpirasi anda dan keluarga sehingga tidak bingung-bingung lagi untuk segera membangun rumah idaman keluarga anda secepatnya.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus