Desain Rumah Untuk Keluarga Besar di Lahan Berbentuk L

Yacof – Jumat, 17 April 2009 17:02 WIB

Assalamu ‘alakum, wr. wb

Pak Aria, yang terhormat

Saya ingin membangun rumah untuk ibu saya beserta saudara saya dimana tanah tersebut seperti hurup L, saya sangat kesulitan untuk membagi tata ruangnya dimana dalam 1 keluarga ibu ini ada 7 orang, banyak banget pak, posisi tanah disamping dan belakang hotel.

• 1 kamar tidur utama untuk ibu + KM WC
• 6 kamar tidur saudara saya
• dapur dan ruang makan
• ruang tamu dan ruang keluarga
• 1 kamar pembantu
• 1 ruang jemuran dan ruang strika ( ruang strika bisa digunakan untuk naruh ambal atau sebagai gudang)
• KM dan WC terpisah, agar jika mau wudhu bersih. ( jumlah KM dan WC untuk 7 orang yang sesuai )
Demikian kiranya jika bapak ada waktu untuk memberikan solusi bentuk denah dan tampaknya, apabila diperlukan data denah lokasi terlampir, saya sangat membutuhkan cepat pak soalnya rumah yang kami sewa akan habis.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb

Bang Yacof yang Allah cintai, melihat bentuk tanah dan kebutuhan ruang yang Bang Yacof inginkan cukup unik dan lain dari biasanya. Keinginan Bang Yacof untuk membangun rumah bagi Ibunda tercinta dan keluarga besar merupakan suatu bentuk amal sholeh yang insya Allah akan menjadi pemberat amal kebajikan Bang Yacof di yaumil hisab kelak.

Bentuk tanah yang menyerupai huruf L dan posisinya terjepit di antara bangunan-bangunan yang ada menyebabkan pengaturan ruangnya memang agak menyulitkan, apalagi ditambah kebutuhan ruang tidur yang cukup banyak dimana ruang-ruang tersebut tetap harus mendapatkan udara dan cahaya agar tetap sehat nyaman untuk dihuni.

Saya coba membuat 3 kelompok ruang. Bagian lahan yang menonjol ke depan saya letakkan Carport untuk 2 mobil , Ruang Tamu + Teras serta Taman depan. Pada lahan di belakangnya saya letakkan Ruang Keluarga, Dapur, Ruang Makan serta ruang servis yang terdiri dari ruang jemur yang terbuka, kamar pembantu dan ruang setrika yang berfungsi pula sebagai gudang. Kelompok yang terakhir adalah 6 buah Ruang Tidur untuk saudara-saudara Bang Yacof dan 1 buah Ruang Tidur untuk Ibu dengan kamar mandi di dalam, yang langsung menyatu dengan inner court atau taman di tengah-tengahnya. Kedua sudut diisi dengan closet dan kamar mandi yang didesain terpisah. Ruang-ruang tersebut dihubungkan oleh teras selebar 1 m yang mengelilingi taman tersebut.

Dengan adanya taman di tengah-tengah ini akan menjadi pusat orientasi ruangan-ruangan yang ada ditengah-tengah bangunan sehingga tetap mendapatkan cahaya dan sirkulasi udara. View dari ruang keluarga dan ruang makan juga langsung mengarah pada taman tersebut dengan adanya jendela-jendela yang lebar.

Agar pencapaian Ruang Tidur untuk Ibu tidak menyulitkan, maka pintu masuk dibuat dari arah ruang keluarga. Dapur juga memiliki akses sendiri sehingga jalur servis terpisah dari ruang-ruang utama.

Bentuk bangunan di desain simple bergaya tropis modern. Bagian teras, ruang tamu dan ruang keluarga memiliki atap pelana dengan kemiringan paling tinggi dipadukan dengan atap pelana yang lebih rendah yang melintang di atas ruang-ruang tidur hingga menutupi dapur dan sebagian ruang servis. Bagian-bagian yang tidak tertutupi atap miring seperti Ruang Tidur 2, Ruang Makan, serta sebagian ruang tidur yang ada di sisi lahan yang miring di bagian belakang ditutup dengan atap datar dari dak beton. Teras depan dan teras di sekeliling taman dalam juga menggunakan penutup atap canopy beton untuk menghindarkan dari tampias hujan. Sedangkan inner court dan ruang jemur dibiarkan terbuka agar sinar matahari dan udara dapat leluasa masuk.

Paduan material finishing yang berbeda warna serta teksturnya juga dapat digunakan agar tampilan bangunan lebih menarik.

Demikianlah Bang Yacof, solusi desain yang dapat saya berikan dengan kondisi tanah yang Bang Yakof miliki, mudah-mudah dapat bermanfaat dan segera dapat terwujud. Salam hormat saya untuk Ibu tercinta, mudah-mudahan beliau bahagia di hari tuanya, karena dapat berkumpul dengan anak-anaknya yang penuh bakti.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb….

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus