Desain Rumah di Lahan Sudut 124 m

Fitri Indriyani – Minggu, 30 November 2008 10:04 WIB

Assalamu’alaikum wr.wb.

Semoga Bapak Arya selalu dalam lindungan Allah SWT.
Pak Arya, saat ini saya berencana akan membangun rumah saya yang masih berbentuk stadar perumahan, namun saya agak kesulitan dalam menentukan tata letaknya. Mohon bantuannya untuk membuatkan desain rumah saya tapi tidak mengubah bangunan yg sudah ada.
Saya memiliki rumah luas keseluruhan 124 m (posisi di hook), lebar bangunan 6 m, panjang 4,5 m. 

Dan saat ini bentuk bangunan yang ada adalah sbb :
dilihat dari posisi menghadap jalan, satu buah kamar berada disebelah kiri depan (3 x 3 m), dibelakangnya ada kamar mandi ( 1,5 x 2), sebelah kanan adalah ruang kosong (sisanya).
Panjang halaman depan 5 m dan belakang 3,5 m. Lebar tanah keseluruhan 9,5 m.
Saat ini kami ingin membangun rumah 2 lantai dengan tambahan 2 kamar tidur utk anak, dan 1 kamar tidur pembantu, dapur, ruang ibadah, ruang keluarga, ruang cuci dan jemur, garasi mobil dan motor.

Atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih.

Wassalam

Wa ‘alaikumussalam Wr. Wb.

Saudari Fitri yang dimuliakan Allah, mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Nya dan bisa bersama-sama berkumpul dalam surga Nya.

Saya mencoba membantu permasalahan anda, dalam membuat pengembangan dengan sedapat mungkin mempertahankan bangunan standar yang sudah ada.

Jika anda perhatikan pada layout bangunan, ruang tidur dan kamar mandi yang ada tidak mengalami perubahan tapi sayangnya jika anda tetap ingin menggunakannya sebagai kamar utama ukurannya tetap 3m x 3m. Ruang kosong di sebelahnya kini menjadi ruang tamu dan di belakang nya terdapat ruang makan dan dapur. Ruang makan dan dapur ini memiliki akses langsung ke halaman samping, sehingga jalur servis terpisah dari ruang-ruang utama.

Di belakang ruang tidur dan kamar mandi saya letakkan ruang tangga dan kamar pembantu, yang pintunya tersembunyi di bawah tangga. Bagian bawah dari bordes tangga bisa juga dimanfaatkan untuk lemari penyimpanan atau rak sepatu.

Bagian atas terdiri dari 2 kamar tidur anak, yang dibuat konstruksinya menumpuk dengan ruang di bawahnya sehingga akan memudahkan dalam mengerjakan struktur bangunannnya. Ruang di atas ruang makan akan menjadi ruang keluarga untuk berkumpul dan bercengkerama bersama keluarga. Musholla diletakkan bersisian dengan ruang keluarga dan dibuat terbuka dengan peninggian lantai 10 cm. Anda dapat menggunakan lantai kayu untuk lantai musholla ini. Di atas kamar pembantu dibuat dak untuk ruang cuci dan jemur yang terbuka.

Tampak bangunan cukup representatif dengan bentuk atap yang dinamis karena percampuran dua atap pelana dengan pelat beton mendatar. Teras juga dilindungi dengan menggunakan kanopi beton dengan penambahan kisi-kisi kayu diantara tiang-tiang penyangganya sehingga tampilan bangunan terkesan modern. Sebagai pelindung jendela atas dibuat profil keliling setebal 30 cm. Pada bagian sofi-sofi di bawah atap pelana dapat dibuat lubang udara yang fungsinya agar sirkulasi udara di bawah atap dapat mengalir sehingga udara panas karena penyerapan atap menjadi berkurang dan tidak mengganggu ruang-ruang di bawahnya.

Finishing dinding agar tidak terkesan kaku dapat dipadukan antara cat dan material batu alam atau dinding gurat. Pilihlah warna-warna pastel atau soft untuk dinding, warna putih untuk kanopi dan profil-profil jendela serta warna melamiks coklat gelap untuk kusen, sehingga bangunan tampil natural.

Demikian solusi desain yang dapat berikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan dalam mewujudkan rumah idaman anda.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus