Desain Kanopi pada Rumah Standar

Aria Heryantha – Kamis, 19 Jumadil Awwal 1430 H / 14 Mei 2009 12:39 WIB

Assalamu alaikum Wr.Wb

Pak Aria, perkenalkan nama saya Sukris

Alhamdulillah saya telah memiliki rumah mungil di kompleks Villa Inti Persada – Tangerang. Rencananya saya ingin membuat kanopi di atas carport depan dengan ukuran 2.75 m x 4 m, agar kendaraan tidak kepanasan dan tampilan rumah yang bergaya standar perumahan sedikit lebih modern dan menarik untuk dilihat. Mohon pencerahannya Pak bagaimana desain kanopi yang sesuai dengan rumah saya tersebut karena sampai saat ini saya belum menemukan desain kanopi yang cocok walaupun sudah melihat contoh-contoh yang ada di majalah.

Atas perhatian dan kesediaan Pak Aria membantu saya, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, dan hanya Allah lah yang dapat membalasnya.

Berikut foto rumah saya terlampir.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Mbak Sukris yang berbahagia, Alhamdulillah puji syukur tiada henti-hentinya kita panjatkan pada Allah Robbul Aalamin, karena banyak sekali nikmat yang diberikan Nya pada kita yang tidak dapat kita hitung satu persatu. Memiliki rumah sendiri juga merupakan suatu nikmat yang tidak terperi walaupun serba standar tapi wajib kita syukuri karena banyak yang nasibnya belum seberuntung anda.

Mbak Sukris, saya mencoba membantu anda dengan mendesain kanopi yang bisa sedikit merubah penampilan rumah anda. Konstruksi kanopi terdiri dari pelat beton setebal 10 cm yang satu sisinya dikaitkan pada ring balok rumah anda dan sisi lainnya menumpu pada 2 buah tiang di bagian muka yang didesain menyatu seolah-olah seperti gerbang. Ukuran pelat beton disesuaikan dengan lebar carport dan dibuat menonjol pada bagian depannya selebar 50 cm agar tidak terkena tampias hujan. Untuk mensiasati agar rumah tidak gelap karena adanya kanopi ini, maka bagian tengah pelat beton dibuat lubang sebesar 1 m x 2 m dan ditutup dengan kaca atau polycarbonate. Tiang depan yang berukuran 30 cm x 80 cm sebenarnya terdiri dari 2 tiang berukuran 30 cm x 30 cm dimana bagian tengahnya bisa dibuat untuk perletakan lampu.

Pagar rumah anda yang sudah bergaya minimalis bisa tetap dimanfaatkan karena jarak tiang tidak mengalami perubahan. Finishing tiang bisa menggunakan acian yang digurat atau bisa juga menggunakan batu alam, sedangkan pelat beton bisa dicat atau dibiarkan tanpa finishing. Agar penampilan rumah anda menjadi serasi dengan kanopi, maka tembok di bawah pagar di sisi taman serta dinding di bawah jendela kamar depan juga sebaiknya diberikan material yang sama.
Anda dapat juga menambahkan gantungan tanaman di antara tiang yang terbuat dari besi hollow agar canopy anda terlihat lebih asri.

Langkah terakhir adalah mengolah lantai carport, gunakanlah material dengan tekstur yang kasar seperti batu alam atau koral sikat dan jangan menggunakan bahan keramik karena posisi carport anda yang miring akan menyebabkan lantai carport menjadi licin.

Demikian Mbak Sukris, mudah-mudahan anda tidak bingung lagi mencari desain kanopi yang cocok dengan rumah anda…

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus