Desain Carport Cantik Rumah Kami

Arif Gunawan – Senin, 6 Muharram 1432 H / 13 Desember 2010 13:17 WIB

Assalamu’alaikum wr. wb.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Langsung saja ya pak, begini kami sekeluarga berniat membangun carpot mobil, adapun bentuk dan model rumah kami sebagaimana dalam foto dibawah ini.

Dengan kondisi rumah seperti ini bagaimana carpot yang pantas dan cantik untuk rumah kami. Mohon desain dan gambar serta penjelasan agar kami sekeluarga faham dan mengerti. Adapun lebar rumah kami adalah 8 meter dan untuk carpot sendiri adalah 3 meter. Dan juga untuk teras depan rumah agar kalau hujan tidak kemasukan air bagaimana yang pantas. Atas jawaban serta penjelasannya kami sekeluarga mengucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT membalas amal Bapak menjadi amal shaleh. Amin.

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

(mohon maaf belum bisa memasukan gambar)

Wa’alaikum salam wr. wb.

Pak Arif yang saya hormati, mohon maaf karena tidak ada gambar contohnya maka saya coba buat disain secara umum. Sebenarnya gambar bisa juga dikirim via email : [email protected]

Saya buat sample disain saya ini dengan pola yang lapang. Dengan carport tanpa tiang di tengah bangunan membuat kesan lega. Tiang pengaku ada di sisi kanan bangunan. Dengan model atap tarik yang ringan. Ringan karena bahannya atap transparan.

Sebenarnya atap carport tidak bebas sama sekali. Karena ada ‘kongliong’ hijau cerah yang merupakan pengikat. Hingga atap tarik yang benar-benar menggantung hanya satu tiang di muka carport. Kongliong adalah tembok yang dilubangi selebar pintu hingga orang bisa lewat dan membentuk gerbang atau lubang.

Teras saya buat sederhana saja. Dengan pet beton dan grill besi penahan tampias hujan sudah cukup membuat tampilannya menarik. Simple dan lapang. Muka rumah terkesan ‘blong’ dan segar karena masih menyisakan sisa tanah hijau sebagai ‘green area’.

Gambar terakhir saya berusaha tampilkan view dari bawah. Sedikit variasi disain, saya coba tampilkan kaligrafi basmalah di ataskusen pintu utama teras depan. Karena masih ada sisa ruang kosong di bawah plafond pet beton.

Demikian Pak Arif, semoga ada manfaatnya sharing kita kali ini. Dan terima kasih untuk netters setia eramuslim.com yang masih mempercayakan tampilan kami sebagai sumber informasi pribadi ataupun komunitas. Sampai jumpa pada edisi berikutnya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus