Cat Rumah Mengelupas Karena Rembesan Air

Khoiril Anwar – Senin, 2 Jumadil Awwal 1430 H / 27 April 2009 15:53 WIB

assalamuálaikum wr.wb.

Cat rumah saya mengelupas karena rembesan air bak mandi tetangga yang (kemungkinan) bocor halus. Saya sudah sampaikan ke tetangga tersebut mengenai hal ini, namun karena faktor ekonomi bak mandi tersebut tidak dapat mereka perbaiki. Demi menjaga hubungan baik dengan tetangga saat ini saya diamkan saja, tapi cat rumah yang mengelupas kelihatan jelek sekali. Bagaimana cara mengatasinya ? apakah ada jenis cat yang dapat menutupi pori2 dinding tembok sehingga rembesan air tidak membuat cat menjadi mengelupas ?

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb,… Mas Khoiril

Permasalahan yang anda hadapi memang sering terjadi dalam hubungan bertetangga, apalagi jika kita tinggal di lingkungan perumahan yang ‘mepet’ satu sama lain. Sehingga tidak jarang terjadi konflik-konflik yang membuat hubungan bertetangga menjadi renggang. Maka sebelum anda menyalahkan tetangga, ada baiknya anda men cek terlebih dulu apakah tembok rumah anda dan tembok tetangga menjadi satu. Karena seharusnya itu tidak boleh terjadi, pada saat membangun rumah walaupun tembok tetangga sudah berdiri, kita tetap harus membangun tembok baru disampingnya. Caranya anda mungkin bisa melihat posisi tembok kiri dan kanan di halaman depan apakah menyatu dengan tembok pagar tetangga. Atau anda bisa naik keatap rumah untuk mengecek apakah tembok samping rumah anda terpisah atau menyatu dengan tembok tetangga. Mengapa kita perlu tahu posisi tembok kita ?, karena kemungkinan rembesnya bak mandi tetangga yang anda sampaikan tersebut sangat kecil bahkan tidak akan terjadi jika tembok anda dan tetangga terpisah.

Selanjutnya jika memang tembok anda menyatu, maka tanyakan dengan cara yang baik apakah memang air yang ada di bak mandi tetangga anda tersebut sering habis walaupun tidak digunakan. Sehingga kita yakin bahwa sumber masalah nya memang dari situ. Tidak cukup itu saja, sebaiknya anda cek juga bagian tembok anda yang mengelupas tersebut posisinya sejajar atau lebih rendah dari bak mandi tetangga anda tersebut, karena jika bagian yang mengelupas lebih tinggi letaknya dari bak mandi maka memang sebenarnya tembok anda sendirilah yang harus direparasi ulang.

Kasus mengelupasnya cat tembok atau flaking, memang sangat sering terjadi dan menyebabkan kejengkelan sehingga kadang kita buru-buru menyalahkan tetangga tanpa mencari sumbernya terlebih dulu. Mengapa kita harus tahu sumber utamanya? Karena kasus tersebut akan sering berulang jika sumber masalahnya tidak kita selesaikan. Proses pengelupasan bisa terjadi karena kondisi dinding memang lembab, hal ini bisa terjadi karena rembesan dari talang atap diatas dinding tersebut yang konstruksinya kurang baik, atau kondisi air tanah yang tinggi sehingga merambat naik pada pori-pori dinding sehingga dinding selalu basah. Atau bisa juga karena proses pengerjaan dinding yang kurang baik. Campuran semen yang kurang pas sehingga tembok banyak mengandung alkali (garam) atau proses pengeringan dinding yang belum cukup umur. Jika ini terjadi memang cukup menyulitkan karena anda harus merenovasi ulang dinding rumah anda karena masalahnya sudah menyangkut konstruksi rumah.

Tapi jika kondisi tembok sudah cukup baik, kemungkinan yang lain adalah pada saat proses pengecatannya :
• Kondisi dinding baru mungkin belum benar-benar kering dan rata sehingga pada saat pengecatan, proses pengeringannya lama.
• Penggunaan dempul atau plamir dinding yang mutunya rendah, sehingga pada saat dicat, dempul atau plamir tersebut terangkat
• Tidak menggunakan cat dasar / primer atau menggunakan cat dasar / primer yang tidak sesuai dengan sistem pengecatan akhir.
• Pengecatan pada permukaan yang tidak rata, kotor, atau berminyak sehingga daya rekat cat menjadi berkurang.
• Dan yang paling sering terjadi adalah penggunaan cat dengan kualitas rendah sehingga daya rekatnya kurang dan mudah mengeras.
• Kesalahan juga sering terjadi pada saat mencat ulang, lapisan cat lama tidak dihilangkan, sehingga lapisan cat lama yang mutunya kurang baik dan daya lekatnya kurang mudah tertarik atau terkelupas oleh lapisan cat baru yang mutunya lebih tinggi. Atau bisa juga pengecatan dilakukan diatas cat yang lama sudah mengapur sehingga mudah mengelupas.

Setelah Mas Khoiril faham penyebabnya maka solusi yang harus dilakukan adalah :
• Memperbaiki sumber kebocoran agar air tidak merembes ke dinding
• Mengerok lapisan cat yang terkelupas sampai dasar permukaan, kemudian membersihkan permukaan dari debu dan noda baru kemudian melapisinya dengan cat dasar atau primer.
• Jika kondisi tembok kurang baik, berikan lapisan anti garam atau alkali sealer dan biarkan lapisan ini mengering hingga sempurna.
• Gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik dimana daya rekat dan elastisitasnya baik sehingga daya tahannya cukup baik sehingga anda tidak perlu sering mengulang pengecatan. Gunakan cat tembok yang mengandung acrylic latex, terutama untuk dinding luar yang tidak terlindungi. Dalam pengecatan biarkanlah lapisan awal mengering sempurna baru aplikasikan lapisan yang kedua dan seterusnya.
• Menggunakan cat tembok dengan kualitas rendah memang harganya murah, tetapi jika dibandingkan dengan penggunaan cat tembok bermutu tinggi, maka selain daya rekatnya lebih baik juga daya sebarnya lebih luas dan warnanya tidak mudah pudar serta mengelupas asal diaplikasikan dengan cara yang benar.

Mudah-mudahan informasi ini membuat Mas Khoiril lebih bijak dan jangan buru-buru menyalahkan tetangga karena Nabi pun sangat menjaga hak-hak tetangga dan menyuruh kita untuk selalu berbagi kebaikan dengan tetangga kita. Karena merekalah saudara kita yang terdekat yang akan menolong kita disaat kita membutuhkannya. Mohon maaf dan maafkanlah tetangga anda jika anda salah atau dia yang salah karena Allah menjanjikan surga bagi orang-orang yang selalu berbuat baik kepada tetangganya.

Wallahu a’lam bi showaf
Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb….

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus