Cara Menyenangkan Untuk Pindah Rumah

Aditya Nugroho – Senin, 19 Syawwal 1429 H / 20 Oktober 2008 14:24 WIB

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pak Aria yang dirahmati Allah,
Kurang lebih 3 bulan lagi kami berencana untuk pindah rumah, karena saya ditugaskan oleh perusahaan untuk pindah dari Jakarta ke Banjarmasin. Karena masih banyak pekerjaan-pekerjaan yang masih harus saya selesaikan sebelum saya berangkat, saya hampir tidak memiliki waktu untuk berkemas dan tanpa saya sadari waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya sudah semakin dekat saja. Karena itu saya mohon masukan dari Pak Aria apa saja yang harus saya lakukan agar saya dan keluarga bisa pindah rumah dengan nyaman ?

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Wa ‘alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh,

Saudara ku yang dirahmati Allah, sesungguhnya dimana pun di belahan dunia ini kita berada tidak menjadikan kita lepas dari pengawasan Nya dan sudah sepatutnya lah kita tetap selalu beribadah kepada Nya.

Pindah rumah memang sesuatu yang tidak mengenakan apalagi jika kita sudah merasakan hidup yang nyaman di sebuah lingkungan, tetangga yang baik, lingkungan yang islami, kemudahan akses dan sebagainya yang membuat kita merasa berat untuk meninggalkan itu semua, tetapi roda terus berputar dan kita tidak akan tahu rencana Allah untuk kita…, yang jelas kita harus yakin bahwa semua kehendak Allah adalah yang terbaik buat kita.

Karena itu pindah rumah memang membutuhkan perencanaan yang matang, walaupun hanya pindah wilayah dalam satu kota atau pun pindah antar kota, tentunya kita ingin meninggalkan kenangan yang manis dan kesan yang indah bagi orang-orang yang akan kita tinggalkan.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan pindah rumah :

Penentuan waktu kepindahan

Ini adalah hal terpenting karena dengan penentuan waktu kepindahan kita dapat mempersiapkan segala sesuatunya, seperti menyelesaikan hal-hal yang terkait dengan pendidikan anak-anak sehingga mereka bisa masuk di awal tahun ajaran, mempersiapkan rumah yang akan ditempati, mengemas barang-barang dan berpamitan dengan tetangga di lingkungan sekitar.

Pemilahan barang

Pemilahan barang dapat dilakukan dengan memastikan barang apa yang akan dibawa, ditinggal, diberikan pada orang lain atau bahkan dijual. Saya sarankan apabila kepindahan dengan jarak yang cukup jauh sebaiknya barang-barang yang terlalu besar dan tidak dapat dibongkar pasang tidak perlu dibawa, karena seringkali ongkos kirimnya jauh lebih mahal daripada membeli barang yang baru di kota tujuan. Setelah barang-barang tersebut terpilah hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk barang-barang yang akan dibawa adalah dengan mengelompokkan berdasarkan kegunaannya, sehingga kita tidak kesulitan dalam membongkar dan menatanya di tempat tujuan. Barang-barang yang masih kita gunakan sampai hari keberangkatan juga sebaiknya dipisahkan agar tidak tercampur. Pemisahan ini juga berlaku untuk jenis materialnya seperti pecah belah, kain, kayu, metal dan sebagainya, karena penanganan dalam pengepakannya juga akan berbeda. Pemilahan barang ini juga sekaligus dapat menyortir barang-barang yang sudah tidak kita butuhkan lagi, sehingga dapat kita sumbangkan pada yang berhak.

Pengepakan

Barang-barang seperti meja, kursi, tempat tidur atau lemari sedapat mungkin apa bila bisa dibongkar pasang sebaiknya dibongkar, tapi jika tidak, bisa dikemas dengan menggunakan kardus dan plastik.

Barang-barang pecah belah seperti peralatan makan dan minum serta hiasan keramik, sebaiknya diisi dengan sobekan koran dan dilapisi satu persatu dengan ‘plastik buble’ (plastik yang berisi gelembung-gelembung udara) agar tidak saling berbenturan pada saat pengiriman baru kemudian dikemas dalam kardus.

Sedangkan barang-barang elektronik bisa dikemas dengan mengggunakan sterofoam yang kemudian dipack lagi dengan kayu.

Berikanlah kepercayaan pada anak-anak untuk mengemas barang-barang mereka sendiri sambil diiringi canda dan tawa sehingga aktivitas ini akan menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka.

Pengangkutan

Untuk mengangkut barang-barang tersebut ke tempat tujuan, pilihan juga cukup beragam, kita bisa menggunakan jasa cargo yang insya Allah telah berpengalaman dalam bidangnya, atau menyewa kendaraan sendiri, tentunya dengan segala konsekuensinya kita harus mengawasi sendiri dan mungkin tidak akan bisa sekali angkut karena keterbatasan kapasitas kendaraan.
Sebaiknya barang-barang yang memang sangat penting yang segera kita gunakan di tempat tujuan, tidak disatukan pengirimannya karena, proses pengirimannya cukup membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Barang-barang tersebut bisa kita bawa sendiri atau dikirim dengan kiriman ekspres.

Pembongkaran dan Penataan kembali

Apa bila barang telah sampai ke tempat tujuan, dengan manajemen pemilahan yang telah kita lakukan, akan mempermudah kita dalam membongkar barang-barang tersebut karena secara bertahap kita bisa meletakkannya pada ruangan-ruangan yang sesuai dengan fungsinya, sehingga tidak perlu sekaligus dibongkar semua. Hal ini juga dapat meringankan beban kita karena dapat dikerjakan sedikit demi sedikit sesuai dengan waktu luang yang ada.

Dengan kondisi rumah yang masih kosong pun, kita pun dapat menata barang-barang tersebut sesuai dengan keinginan, tentunya dengan konsep penataan interior yang mungkin berbeda dengan rumah kita sebelumnya.

Apabila ternyata anda sekeluarga memang tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan kepindahan, sebenarnya ada cara yang lebih mudah, karena kini ada jasa perusahaan yang akan menangani seluruh kegiatan diatas yang disebut ‘jasa movers’ dimana kita cukup menentukan tanggal kepindahan. Semua barang yang akan dibawa dicatat dalam daftar list barang, yang akan menjadi daftar chek list bersama pada saat akan dikirim hingga sampai ke tempat tujuan. Setelah itu dilakukan pengepakan dan pengangkutan sampai tempat tujuan untuk kemudian dibongkar dan ditata kembali sesuai dengan keinginan kita. Teknik pengepakannya pun sangat profesional dengan bahan-bahan khusus untuk packing sehingga dijamin keselamatannya sampai tujuan. Barang-barang berharga dan punya sensitivitas yang tinggi juga akan diberikan asuransi perlindungan dan akan digantikan sesuai dengan kepakatan harga taksiran dari barang tersebut apabila rusak, terjadi musibah atau hilang sampai tujuan.

Tentunya semua ini juga menuntut kita merogoh kocek lebih dalam lagi karena biaya yang harus dikeluarkan cukup besar, tetapi apabila memungkinkan kenapa tidak? ……ini bisa menjadi satu alternatif pilihan.

Begitulah kira-kira yang anda harus lakukan jika ingin pindah rumah dengan nyaman, saya rasa waktu tiga bulan masih cukup untuk mulai mempersiapkan kepindahan, libatkanlah anak-anak dalam hal ini, karena bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan apabila dilakukan dengan keikhlasan dan kebahagiaan.

Saya mendoakan keselamatan anda dan keluarga hingga tiba dengan selamat sampai kota tujuan dan selamat menempati rumah baru yang insya Allah akan lebih membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi anda dan keluarga dan pesan saya jangan lupa untuk bersilahturahim dengan tetangga yang baru, selalu berbuat baiklah dengan mereka, karena Allah dan Rasul sangat memuliakan hamba yang memuliakan tetangganya.

Wallahu a’lam bish-shawab, Wasalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus