Renovasi Murah Rumah Tipe 36

Bangun Rumah 123 – Jumat, 26 April 2013 06:40 WIB

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan, terimakasih atas tayangan jawabannya di eramuslim.

/konsultasi/arsitektur/bolehkah-merubah-disain-rumah-developer.htm#.UW_NyzeZkwo

Alhamdulillah saat ini saya telah menemukan lokasi dan rumahnya. Sehingga sudah ada rumah yang berdiri diatasnya. Rumah yang rencananya saya beli berukuran 36/72 .

Adapun rencananya, saya ingin merenovasi rumah tersebut sehingga bisa saya tinggali dengan nyaman, oleh karena itu saya memerlukan disain untuk membantu dalam melakukan renovasi rumah.

Saya lampirkan bentuk denah rumah  dengan ukuran standar 36/72.  Saya ingin mendesain  rumah yang memiliki 3 kamar mandi . Ada wc umum, wc cuci dan shower kecil di ruang tidur utama.

Saya ingin ada 2+1 kamar tidur  dimana ruang keluarga dan dapur terpisah, artinya ada 1 kamar tidur anak, 1 kamar tidur utama dan 1 kamar tidur pembantu.

Saya juga ingin tahu bagaimana disain nya yang murah biaya untuk penambahan 1 kamar tidur di atas. Nanti jika ada rejeki saya akan tingkat namun tetap dengan biaya hemat. Walaupun sekarang kebutuhannya cukup dengan 2 plus satu tadi.

Demikian pertanyaan saya. Terimakasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Santo

 

Wa’alaikum salam wrwb

Netters eramuslim sekalian, kini saya berada di Gontor – Ngawi. Melihat perkembangan putri saya yang sudah level 5. Sekaligus menjemput adiknya di Pesantren As Salam – Sukoharjo – Solo karena baru selesai UN tingkat SMP. Mohon doa agar kami istiqomah dalam mencetak generasi robbani.

Kini kita sapa Pak Santo yang di awal pernah mengirimkan pertanyaan. Sebuah pertanyaan klasik bagi orang yang membeli rumah di developer atau perumahan model cluster.

Pak Santo yang saya hormati,

Pekerjaan renovasi bapak sebenarnya hanya pekerjaan kecil saja. Tidak terlalu besar. Karena hanya menambah kamar tidur 1 dan menambah 2 wc. Hingga cara hemat saya adalah dengan membuat kamar di depan yang cukup luas menjadi area service yang padat.

Ia terdiri dari dapur, ruang cuci jemur, wc cuci, dan ruang pelayan. Hingga kita kini memiliki pintu masuk ke rumah 2 buah. Jadi ideal karena ada 2 akses  masuk.

Kamar tidur utama saya buat di sisi kiri bangunan karena masih ada sisa tanah kosong. Dengan membongkar dapur lama dan tembok ke taman. Lalu saya selipkan pula shower kecil untuk ruang tidur utama.

Bagian muka saya sesuakan dengan muka standard dari developer. Hingga tidak merubah dan melanggar peraturan yang ada. Hanya atap sisi kanan saja yang saya mundurkan sedikit untuk menyelipkan cor dak beton dan atap transparan.

Ini bagian atasnya. Tetap ada sirkulasi hawa di belakang. Hingga rumah ini tetap sejuk dan segar. Tidak sumpek dengan sirkulasi hawa yang silang. Semakin nyaman dengan pemisahan dapur serta ruang cuci jemur. Hingga ruang makan dan ruang keluarga menjadi lebih privasi.

Dengan gambar berikut di atas  kita dapat melihat interiornya. Hingga kita akan memperoleh kejelasan dan kemudahan. Bahwa renovasi ini menjadi hemat biaya karena diatur dengan konsep yang baik dan benar. Biaya tidak membengkak karena pekerjaan yang ada kecil sekali.

Bagian depan rumah saya majukan sedikit agar nampak lebih luas ruang dalamnya. Cukup dengan memajukan genteng lama saja. Tidak perlu membongkar atapnya. Kemudian teras saya buat lebar dan lapang. Hingga menjadi teras tamu. Jadi bisa menerima tamu di luar.

Lantai 2 saya konsep juga hanya memanfaatkan ruang kosong di atap. Hingga tidak perlu membongkar atap lama yang memang sudah tinggi. Lantai ini kelak diselipkan saja di area plafond lantai satu. Jika ingin menggunakan cor dak beton maka kita perlu membuat kolom dan balok tingkat.

Nah, sudah cukup demikian ulasan disain kita kali ini. Namun sebelum saya tutup kajian ini izinkan saya mengucapkan belasungkawa kepada keluarga besar Ust. Jeffry Al – Buchory. Semoga Allah menerima segenap amal ibadahnya. Memberikan kesabaran pada keluarga yang ditinggallkannya. Dan menjadikan keluarganya tetap istiqomah serta menjadi penerus dakwah penyambung lidah Rasulullah.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus