Eramuslim http://www3.eramuslim.com Media Islam Rujukan Fri, 25 Apr 2014 04:28:02 +0000 id-ID hourly 1 http://www3.eramuslim.com/ Diam-Diam Israel Dirikan Sinagog Sementara Di Sebelah Barat Al Aqsha http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/diam-diam-israel-dirikan-sinagog-sementara-di-sebelah-barat-al-aqsha.htm http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/diam-diam-israel-dirikan-sinagog-sementara-di-sebelah-barat-al-aqsha.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 04:28:02 +0000 http://www3.eramuslim.com/?p=75788 bab mughrabiDi tengah upaya rekonsiliasi Hamas –Fatah di Jalur Gaza, pemerintah Israel dilaporkan menjadikan sebagian jalan dari gerbang Mughrabi yang berada di sebelah barat Masjid Al Aqsha sebagai sinagog khusus bagi wanita Yahudi, ungkap Al Aqsa Foundation untuk Wakaf dan Warisan budaya.

Seperti dikutip Bawabat Ahram dari Al Aqsa Foundation pada hari Kamis (24/04) kemarin menyatakan “pemerintah Israel mulai mendirikan tiang topang kayu besar di sekitar jalur Gerbang Mughrabi, serta sejumlah kursi dan kipas angin yang diperuntukan bagi kaum wanita Israel.”

Al Aqsa Foundation menambahkan “selama hari-hari terakhir liburan Paskah Yahudi, pemerintah Israel telah mengubah bagian ini menjadi sebuah sinagog sementara bagi kaum wanita untuk melakukan doa dan ritual keagamaan Talmud.”

Yayasan yang konsen melindungi Al Aqsha dari upaya Yahudisasi Israel ini menyerukan seluruh umat Islam dan pemimpin Muslim di dunia segera menghentika proyek Yahudisasi kota Al Quds yang merupakan ancaman serius masjid suci ke 3 umat Islam. (Rassd/Ram)

]]>
http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/diam-diam-israel-dirikan-sinagog-sementara-di-sebelah-barat-al-aqsha.htm/feed 0
Hancurkan Lahan Pertanian Warga, 6 Buldoser Israel Tembus Wilayah Palestina http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/hancurkan-lahan-pertanian-warga-6-buldoser-israel-tembus-wilayah-palestina.htm http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/hancurkan-lahan-pertanian-warga-6-buldoser-israel-tembus-wilayah-palestina.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 04:05:18 +0000 http://www3.eramuslim.com/?p=75775 kendaraan militer israelSejumlah buldoser disertai beberapa kendaraan lapis baja milik Israel kembali menyerbu wilayah timur Jalur Gaza, Kamis (24/05) malam waktu setempat.

Menurut keterangan saksi mata mengatakan “sekitar 6 buldoser Israel yang dikawal 3 kendaraan lapis baja menembus sekitar 200 meter wilayah perbatasan Khan Yunis, Jalur Gaza.”

“Selain itu sejumlah pesawat pengintai tanpa awak juga turut mengawal 6 kendaraan berat Israel tersebut,” tambah saksi mata.

Menurut sumber pemerintahan setempat mengatakan “setiap harinya terdapat sejumlah pelanggaran perbatasan Israel-Palestina di sekitar wilayah timur dan utara Jalur Gaza.”

Sebelumnya pada tahun 2012 lalu pemerintah Israel mengadakan kesepakatan gencatan senjata dengan kelompok perjuangan Palemtina yang disponsori oleh Mesir.

Gaza sendiri telah diblokade Israel sejak tahun 2006 lalu. (Rassd/Ram)

]]>
http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/hancurkan-lahan-pertanian-warga-6-buldoser-israel-tembus-wilayah-palestina.htm/feed 0
Bom Misterius Meledak Di Posko Militer Israel Dekat Jalur Gaza http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/bom-misterius-meledak-di-posko-militer-israel-dekat-jalur-gaza.htm http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/bom-misterius-meledak-di-posko-militer-israel-dekat-jalur-gaza.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 04:04:58 +0000 http://www3.eramuslim.com/?p=75774 israel-palestinaSebuah bom kembali meledak di sekitar perbatasan Jalur Gaza utara dan Israel pada Kamis (24/04) sore waktu setempat, seperti dilansir kantor berita Anatolia Turki.

Menurut saksi mata mengatakan “sebuah bom meledak di sebuah basis militer Israel di dekat perbatasan antara timur kota Jabaliya di Jalur Gaza utara dan Israel, ledakan menyebabkan asap tebal mengepul dari lokasi kejadian.”

Sejumlah tembakan dari senjata berat Israel dilepaskan tentara Israel ke wilayah Gaza beberapa saat setelah bom meledak di sebuah posko tersebut, tidak ada korban terluka dalam insiden tembakan.

Sejumlah pesawat pengintai dan helikopter dilaporkan berada di sekitar tempat kejadian pasca ledakan tersebut.

Hingga kini belum diketahui penyebab ledakan tersebut. (Rassd/Ram)

]]>
http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/bom-misterius-meledak-di-posko-militer-israel-dekat-jalur-gaza.htm/feed 0
Konsultasi Arsitektur : Renovasi Hemat Rumah Di Ujung Jalan http://www3.eramuslim.com/konsultasi/arsitektur/konsultasi-arsitektur-renovasi-hemat-rumah-di-ujung-jalan.htm http://www3.eramuslim.com/konsultasi/arsitektur/konsultasi-arsitektur-renovasi-hemat-rumah-di-ujung-jalan.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 03:48:28 +0000 http://www3.eramuslim.com/?p=75745 Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

 eramuslim.com Assalaamu’alaikum wrwb

Saya memiliki rumah di ujung jalan. Rencananya ingin saya renovasi seluruh atapnya. Lalu bangunan lantai 2 juga ingin di tambah. Data – data lapangan  saya lampirkan.

Di atas saya ingin ada 3 kamar tidur, balkon dan kamar mandi. Hingga bangunan lantai atas menjadi tetap nyaman.

Di lantai bawah saya ingin ada ruang kerja yang berhubungan dengan ruang tidur utama, kamar mandi r tidur utama, dapur, ruang keluarga, r makan, ruang tamu, ruang cuci jemur, wc, carport 2 mobil dan taman.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Anis – Tangerang

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Anis di Tangerang, sebenarnya bangunan yang ada bisa banyak saya pertahankan. Karena kebutuhan bangunan baru Pak Anis tidak terlalu banyak. Penambahan ruang nya hanya sedikit.

Rumah lama Pak Anis memang terlalu banyak lika liku. Namun untuk membongkar semua dinding yang ada nampaknya akan memakan biaya yang cukup besar.

 

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Untuk itu saya akan mempertahankan ruang tidur utama yang berada di sisi kanan. Ruang kerja saya hubungkan langsung ke ruang tidur utama ini. Hingga tidak perlu lagi membuat ruang kerja.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Ruang tamu saya buat di tengah, antara ruang kerja dan ruang keluarga. Cara nya cukup murah. Hanya membuat penyekat atau tembok yang membagi 2 ruang keluarga lama yang terlalu besar.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Setelah banyak kita bahas lantai 1, kini kita beralih ke lantai 2. Area ujung bangunan yang merupakan bangunan ruang tamu dan ruang keluarga akan saya cor dak beton. Hingga saya akan memperoleh area lapang di lantai 2 ujung bangunan.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Bentuk ini akan menghasilkan tampak muka yang menarik. Ia merupakan tambahan ruang tidur di atas serta area ruangan untuk area balkon dan kamar mandi.

Pola ini juga menghasilkan bentuk disain rumah minimalis yang eksotis. Dengan atap setengah kuda – kuda dan dak beton di ujung bangunan. Percampuran 2 atap ini semakin menarik setelaah saya buat menara tembok yang menjulang tinggi.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Tangki air saya sembunyikan di balik menara tembok ini. Hingga tidak mengganggu pemandangan. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai eye catching yang akan menjadi ikon rumah ini.

Bangun Rumah 123

Bangun Rumah 123

Alhamdulillah, selesai sudah disain kita kali ini. Semoga bermanfaat tulisan ini. Dan semoga Pak Anis semakin dilapangkan rizkinya , agar rumah idaman ini dapat segera terwujud.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

brocons123@gmail.com atau marketing@bangunrumah123.com

Jika anda suka artikel ini pastikan anda like FB Fanpage Bangunrumah123 untuk mendapatkan info terbaru tentang arsitektur atau klik http://bangun-rumah123.blogspot.com/

]]>
http://www3.eramuslim.com/konsultasi/arsitektur/konsultasi-arsitektur-renovasi-hemat-rumah-di-ujung-jalan.htm/feed 0
Tony Blair: Kudeta Militer Mesir Telah Menyelamatkan Masyarakat Dunia http://www3.eramuslim.com/berita/tony-blair-kudeta-militer-mesir-telah-menyelamatkan-masyarakat-dunia.htm http://www3.eramuslim.com/berita/tony-blair-kudeta-militer-mesir-telah-menyelamatkan-masyarakat-dunia.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 03:16:12 +0000 http://www3.eramuslim.com/?p=75769 tony blairMantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair memperingatkan masyarakat dunia akan resiko yang diterima jika kelompok islam seperti Ikhwanul Muslimin berkuasa dan mengontrol suatu negara, selain itu Blair juga menyebut bahwa kudeta militer telah menyelamatkan Mesir dan dunia.

Ini dikatakan Blair dalam sebuah pidato dalam konferensi bertajuk “Mengapa Harus Timur Tengah” di ibukota London hari Kamis (24/04) kemarin, menurutnya perkembangan krisis di Ukraina telah mencuri perhatian dunia terhadap perkembangan di wilayah Arab tersebut.

Blair menyatakan “peristiwa di Tengah timur masih menjadi sumber utama ancaman terhadap keamanan internasional di abad ini.”

Dalam konferensi pers tersebut Blair menambahkan “ancaman kelompok islam radikal dan pemikirannya dapat berdampak pada keamanan global, terlebih ada sekitar 40 juta Muslim di Eropa dan kelompok seperti Ikhwanul Muslimin dan lain-lainnya bekerja secara aktif untuk menyebarkannya.”

Blair menekankan kepada negara besar dunia seperti China dan Rusia untuk menghalau arus pemikiran radikal yang menjadi perhatian utama masyarakat internasional. (Rassd/Ram)

]]>
http://www3.eramuslim.com/berita/tony-blair-kudeta-militer-mesir-telah-menyelamatkan-masyarakat-dunia.htm/feed 0
AS: Rekonsiliasi Fatah-Hamas, Pemerintah Washington Akan Stop Bantuan Ke Palestina http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/as-rekonsiliasi-fatah-hamas-pemerintah-washington-akan-stop-bantuan-ke-palestina.htm http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/as-rekonsiliasi-fatah-hamas-pemerintah-washington-akan-stop-bantuan-ke-palestina.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 03:16:04 +0000 http://www3.eramuslim.com/?p=75768 fatah-hamasSeorang pejabat senior di pemerintahan AS meminta Amerika Serikat harus mempertimbangkan kembali bantuan kepada Palestina jika pemerintah Fatah yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas benar-benar melakukan rekonsiliasi dengan Gerakan Perlawanan Islam (Hamas).

Pejabat mengatakan kepada Reuters “pemerintahan Palestina harus berkomitmen dengan tegas dan jelas mengakui negara Yahudi, dan menerima perjanjian Israel-Palestina yang sebelumnya disepakati.”

Ia menambahkan “kebijakan bantuan AS akan tergantung pada pemerintah baru Palestina yang terbentuk serta komitmen mereka terhadap perjanjian tersebut.”

Sebelumnya pada hari Rabu (23/04) kemarin pemerintah Hamas dan Fatah telah mengumumkan langkah rekonsiliasi nasional dan upaya pembentukan pemerintah nasional dalam waktu 5 minggu kedepan, dan menggelar pemilu dalam waktu 6 bulan setelah itu.”

Perlu diketahui bahwa AS telah menempatkan Hamas dalam organisasi teroris Gedung Putih yang dapat berdampak pada kebijakan bantuan Amerika ke Palestina. (Rassd/Ram)

]]>
http://www3.eramuslim.com/berita/palestina/as-rekonsiliasi-fatah-hamas-pemerintah-washington-akan-stop-bantuan-ke-palestina.htm/feed 0
Penghuni Terbanyak di Neraka Adalah Perempuan http://www3.eramuslim.com/hadits/penghuni-terbanyak-di-neraka-adalah-perempuan.htm http://www3.eramuslim.com/hadits/penghuni-terbanyak-di-neraka-adalah-perempuan.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 03:00:04 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=59594 neraka12Dalam kitab At-Tadzkirah, Al Qurthubi memberikan komentar tentang sedikitnya wanita yang menjadi penghuni surga dan banyak menjadi penghuni  neraka.

Dia berkata,” Sesungguhnya perempuan sedikit yangmasuk surga karena mereka kalah dengan hawa nafsu dan lebih cenderung pada gemerlapnya dunia, disebabkan kurangnya akal mereka untuk meberikan perhatian pada akhirat. Mereka tidak mampu melakukan amalan akhirat dan kecenderungan pada dunia dan berhias diri untuknya . Meskipun demikian mereka  menjadi penyebab pokok berpalingnya para lelaki dari akhirat karena hawa nafsu dan kecenderungan kepada wanita. Kebanyakan wanita berpaling dari akhirat karena diri mereka sendiri yang mudah tertipu oleh bujuk rayu orang-orang yang berpaling dari agama serta sulit menerima seruan orang-orang yang bertakwa mengenai akhirat dan amalan-amalannya.”

Meskipun demikian, di antara mereka terdapat banyak wanita salehah yang melaksanakan ajaran Allah , agama serta taat kepada Allah dan RasulNya . Di antara mereka banyak yang masuk surga. Bahkan, banyak yang mendahului kaum laki-laki karena keimanan dan amal saleh yang mereka lakukan.

Orang-orang kafir , musyrik, munafik, baik laki-laki maupun perempuan semuanya masuk neraka. Sedangkan ahli Tauhid- dalam banyak hadis – mengisyaratkan bahwa banyak wanita di antara mereka yang menjadi penghuni neraka.

Dari Abu Said Khudri r.a. bahwa Nabi SAW bersabda,..” Wahai wanita sekalian bersedekahlah! Sesungguhnya aku melihat kalian, lebih banyak menjadi penghuni neraka.” Para wanita berkata, “Kenapa demikian, wahai Rasulullah?” Rasul menjawab, “Kalian banyak melaknat dan durhaka kepada suami . “ (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Nabi saw. Dalam khotbah salat gerhana bersabda, “Aku melihat neraka dan aku melihat penghuninya kebanyakan dari kaum perempuan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Utsamah bin Zaid r.a. bahwa Nabi saw. Bersabda, “ Aku berdiri di pintu neraka, ternyata kebanyakan orang yang masuk ke dalamnya adalah perempuan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hal ini bukan berarti berlaku pada semua perempuan yang beriman secara umum. Di antara perempuan yang beriman, ada yang mendapatkan tingkatan yang tinggi ketika melakukan amalan taat kepada Allah SWT. Allah SWT pun tidak menyia-nyiakan amal  perbuatan seseorang, baik lelaki maupun perempuan dan telah mempersiapkan pahala yang besar  bagi perempuan yang salehah.

 

3:195

Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), “ sesungguhnya aku tidak menyia-nyiakan amalan bagi orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, karena sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain (QS Ali Imran; 195)

Allah SWT memuji para wanita salehah dengan berfirman,

4:34

…Maka perempuan-perempuan yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga mereka (Qs. An Nisa: 34)

Demikian juga , Allah telah menyiapkan pahala besar bagi para wanita yang banyak berzikir kepada Allah yang menjaga diri dan taat. Allah SWT berfirman,

33:35

Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin , laki-laki dan perempuan yang taat dalam ketaatannnya,  laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk , laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah,  Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar (QS Al Ahzab: 35)

Ayat-ayat dalam Al qur’an menunjukkan  bahwa sesungguhnya Allah tidak menganiaya sedikitpun dari mereka . seseorang tidak menjadi berdosa karena dosa orang lain . Bagi perempuan yang beriman berusaha mendapatkan tempat, rumah dan kediaman di surga yang abadi disisi Allah SWT  agar menempuh jalan Tuhan yang lurus. Dan tidak menjadikan dunia sebagai tujuan utama karena dunia dan segala perhiasannya adalah fana, mudah hilang, dan tidak berharga. Hal ini sebagaimana ayat-ayat dalam Al Qur’an dan hadis-hadis  Rasulullah yang telah disebutkan di depan…

Mahir Ash Shufiy

]]>
http://www3.eramuslim.com/hadits/penghuni-terbanyak-di-neraka-adalah-perempuan.htm/feed 0
Putin Tuding Internet (Awalnya Hingga Saat Ini ) adalah Proyek CIA http://www3.eramuslim.com/berita/dunia-islam/putin-tuding-internet-awalnya-hingga-saat-ini-adalah-proyek-cia.htm http://www3.eramuslim.com/berita/dunia-islam/putin-tuding-internet-awalnya-hingga-saat-ini-adalah-proyek-cia.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 02:42:59 +0000 http://www3.eramuslim.com/?p=75766 putinPresiden Vladimir Putin telah menuding  Internet hanyalah bagian dari proyek CIA dan ia berjanji untuk melindungi kepentingan Rusia.

Kremlin telah mencemaskan perkembangan internet akhir akhir ini , dan mengarahkan agar pemerintahannya untuk melakukan kontrol lebih besar atas akses internet, dan melarang  aktivis oposisi untuk tampil di televisi nasional – agar tidak  digunakan untuk mempromosikan ide-ide oposisi dan pengaturan protes massa.

Parlemen Rusia minggu ini mengeluarkan peraturan yang mengharuskan setiap  website media sosial untuk menyimpan  server mereka hanya di Rusia dan menyimpan semua informasi tentang pengguna mereka. Dan juga hanya memberikan hak usaha jaringan sosial terbesar di Rusia yang dekat dengan Putin, seperti VKontakte.

Berbicara hari Kamis di sebuah forum media yang di St Petersburg, Putin mengatakan bahwa Internet awalnya adalah sebuah “proyek CIA” dan tujuannya hingga saat ini “masih mengakomodasi kepentingan CIA.”

Untuk menolak pengaruh CIA itu, Putin mengatakan, Rusia harus “berjuang untuk menjaga kepentingannya” di online.(Arby/Dz)

]]>
http://www3.eramuslim.com/berita/dunia-islam/putin-tuding-internet-awalnya-hingga-saat-ini-adalah-proyek-cia.htm/feed 0
Resensi Buku : Misteri Pasukan Panji Hitam… http://www3.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-misteri-pasukan-panji-hitam.htm http://www3.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-misteri-pasukan-panji-hitam.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 02:12:20 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=73626 panjiBuku istimewa ini menghadirkan kajian dengan topik tokoh-tokoh utama yang memegang peranan sentral dalam perjuangan Al-Mahdi di akhir zaman. mereka adalah Thaifah Manshurah, Ashabu Raayatis Suud dan Bani Ishaq, termasuk fenomena gerakan Islam serupa Taliban dan Al-Qaeda yang mengharapkan akan bergabung dengan Al-Mahdi jika telah tiba kemunculannya.

Melalui sebuah kajian ilmiah berdasar dalil-dalil syar’i dan fakta-fakta lapangan, pembaca diajak untuk mengungkap berbagai fenomena kontemporer dan prediksi mendatang, khususnya yang bertalian erat dengan tanda besar kiamat; Al-Mahdi!.

Berbagai data, hipotesa, pertanyaan dan pendapat mutakhir akan pembaca dapatkan dalam kajian yang sangat urgen namun masih langka ini. Menakjubkan!

Penerbit : Granada Mediatama
penulis   : Abu Fatiah Al-Adnani
Harga Rp. 50.000 ,- (Belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

]]>
http://www3.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-misteri-pasukan-panji-hitam.htm/feed 0
Mau Tahukah Cara menyusui yang Baik dan Benar? http://www3.eramuslim.com/konsultasi/thibbun-nabawi/mau-tahukah-cara-menyusui-yang-baik-dan-benar.htm http://www3.eramuslim.com/konsultasi/thibbun-nabawi/mau-tahukah-cara-menyusui-yang-baik-dan-benar.htm#comments Fri, 25 Apr 2014 02:00:29 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=51582

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. (Al Baqarah : 233)

Bagi seorang ibu, menyusui adalah momen berharga karena ASI telah diciptakan oleh Allah dengan segala keistimewaannya. Komposisi ASI telah didesain agar sesuai dengan ritme perkembangan bayi dan dapat mendukung pertumbuhannya. Oleh karenanya periode menyusui ada baiknya dipersiapkan dengan baik agar ketika bayi lahir kelak, sang ibu dapat memberikan ASI kepada bayinya dengan optimal.

Berikut ini ada sedikit tips dari dr. Hj. Tien Chudrin Tirtawinata Sp. GK untuk calon atau kaum ibu yang akan menempuh periode menyusui agar pemberian ASI dapat lebih optimal:

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah persiapan yang dilakukan pada kehamilan bulan ke-7. Para calon ibu dianjurkan untuk menyiapkan diri menyusukan bayinya. Setiap kali sesudah mandi, gosoklah pelan-pelan putting susu dengan handuk basah. Lama-lama putting susu akan akan menonjol keluar.

Bagi para calon ibu yang putting susunya tenggelam hendaknya digosok pelan-pelan dengan minyak, lalu dengan handuk. Bila putting susunya telah menonjol keluar, teruskan usaha itu setiap kali sehabis mandi agar kulit putting susu menjadi kuat sehingga mencegah retak-retak (lecet) di kemudian hari.

Berikutnya adalah tips mengenai beberapa hal yang baiknya diperhatikan oleh kaum ibu ketika tiba periode menyusui.

Pertama, gunakan bra dengan bukaan di bagian depan, agar memudahkan dan praktis.

Kedua, sebelum menyusui diharapkan sang ibu mencuci tangan hingga bersih. Demikian juga dengan payudara, harus bersih.

Ketiga, Ibu duduk santai bersandar dengan kaki bertopang, tidak menggantung.

Keempat, letakkan bayi dalam pangkuan ibu dengan memeluk badan dan kepala bayi pada lengan kanan apabila payudara kanan yang akan disusukan. Demikian juga badan dan kepala bayi dipeluk dengan lengan kiri, apabila payudara kiri yang akan disusukan.

Kelima, Tempelkan putting susu pada mulut bayi, maka secara refleks bayi akan menemukan sendiri putting susu ibu.

Keenam, masukkan seluruh putting susu dalam mulut bayi sampai daerah areola, yaitu bagian yang berwarna gelap di sekeliling putting susu.

Ketujuh, letakkan ibu jari dan jari telunjuk di bagian atas payudara, sedangkan jari lainnya menopang bagian bawahnya. Gunakan jari telunjuk untuk mengatur bagian atas payudara agar tidak menutupi hidung bayi, sehingga dia bisa bernafas dengan lancar.

Terakhir, selama menyusui usahakan seluruh perhatian ibu dicurahkan kepada bayi yang sedang disusuinya. Semoga Bermanfaat! (JR/tabloidbekam)

Sumber: Makanan Dalam Perspektif Al-Quran dan Ilmu Gizi – FKUI

Ingin memiliki series 5 edisi Tabloid Bekam dengan harga Rp 60 ribu (Belum termasuk Ongkos kirimnya) :

Edisi Tabloid bekam : Jurus Ampuh Atasi Stroke

Edisi Tabloid bekam : Liver Sakit, Kurma Beraksi

Edisi Tabloid Bekam : Menjinakkan Kolesterol tanpa dikontrol

Edisi Tabloid Bekam :  Usus Sehat Tifus lewat

Edisi Tabloid Bekam :  Siapa bilang Diabetes tak bisa sembuh

Bila minat silahkan pesan melalui sms ke 085695070099  atau email ke marketing@eramuslim.com, dengan menyebutkan nama, no Telepon yang bisa dihubungi , dan alamat kirimnya.bekam

]]>
http://www3.eramuslim.com/konsultasi/thibbun-nabawi/mau-tahukah-cara-menyusui-yang-baik-dan-benar.htm/feed 0