Eramuslim http://www.eramuslim.com Media Islam Rujukan Thu, 02 Oct 2014 07:00:45 +0000 id-ID hourly 1 http://www.eramuslim.com/ Hukum Berqurban dan Menikmati Dagingnya http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-berqurban-dan-menikmati-dagingnya.htm http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-berqurban-dan-menikmati-dagingnya.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 07:00:45 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=64355 sigitAssalamu’alaikum Wr.Wb.

Ustadz yang dilindungi Allah SWT… saya mau bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kurban, baik itu yang sunnah atau tata cara maupun syarat-syarat untuk berkurban… Dan satu lagi, apa hukumnya jika kita berkurban dan meminta 1/3 bagian dari kurban itu sendiri….

atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih…

Wassalam….

Waalaikumussalam Wr Wb

Hukum Berkurban
Ibadah menyembelih hewan kurban ini adalah sunnah muakkadah (tidak ada dosa bagi orang yang tidak melaksanakannya) menurut para ulama diantaranya Imam Malik dan Syafi’i. Dan diantara dalil-dalil mereka adalah :

1. Firman Allah swt,”Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.” (QS Al Kautsar : 2)
2. Sabda Rasulullah saw,”Jika kalian telah melihat bulan dzulhijjah, hendaklah salah seorang diantara kalian berkurban..”(HR. Muslim)
3. Riwayat dari Abu Bakar dan Umar ra bahwa mereka berdua belum pernah melaksanakan penyembelihan kurban untuk keluarganya karena takut dianggap sebagai suatu kewajiban. (Fiqhus Sunnah, edisi terjemah juz IV hal 294)

Tata Cara dan Syarat-syarat Kurban

Adapun tata cara penyembelihan hewan kurban sebagai berikut :

1. Mengucapkan nama Allah swt, firman-Nya,”Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayatNya.” (QS. Al An’am : 118) Didalam Shohihain disebutkan bahwa Rasulullah saw menyebut bismillahirrohmanirrohim saat menyembelih kurbannya.

2. Shalawat atas Nabi saw sebagaimana disebutkan Imam Syafi’i… Allah swt mengangkat penyebutannya saw dan tidaklah disebutkan nama Allah kecuali dengan disebutkan juga namanya saw.

3. Menghadapkan sembelihan kearah kiblat, dikarenakan kiblat adalah arah terbaik dan Rasulullah saw menghadapkan sembelihannya ke arah kiblat saat menyembelih.

4. Mungucapkan takbir sebagaimana riwayat dari Anas bahwa Rasulullah saw menyembelih dua ekor gibas yang baik dan bertanduk dengan tangannya sendiri yang mulia dengan menyebut nama Allah dan bertakbir.” (HR. Bukhori Muslim)

5. Berdoa, disunnahkan mengucapkan,”Allahumma minka wa ilaika fataqobbal minniy.—Ya Allah ini dari Engkau dan kembali kepada-Mu maka terimalah kurban dariku ini” maksudnya adalah nikmat dan pemberian dari-Mu dan aku mendekatkan diriku kepada-Mu dengannya. Berdasarkan dalil bahwa Rasulullah saw berkata saat menyembelih dua gibas itu,”Allahumma taqobbal min Muhammadin wa aali Muhammadin.” (Kifayatul Akhyar juz II hal 148)

Ada juga yang mengatakan disunnahkan mengucapkan,”Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fathoros samawati wal ardho haniifan wama ana minal musyrikin, Inna sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi robbil ‘alamin, laa syariika lahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.” dan tatkala mengelus-elusnya haruslah mengucapkan basmalah dan takbir,”bismillah wallahu akbar Allahumma hadza minka wa laka.” (Minhajul Muslim hal 236)

Sabda Rasulullah saw,”Wahai Fatimah, bangkitlah dan saksikanlah penyembelihan hewan qurbanmu! Sesungguhnya sejak tetes darah pertama qurbanmu, Allah swt telah mengampuni dosa yang kamu perbuat. Katakanlah, Inna sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi robbil ‘alamin, laa syariika lahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin. ‘Sesungguhnya shalatku, ibadahku (sembelihanku), hidupku dan matiku hanya umtuk Allah Rabb semesta alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan demikianlah aku diperintah dan aku adalah orang yang pertama dari orang-orang yang pertama dari orang-orang yang menyerahkan diri kepada-nya.” (HR al Hakim)

Sedangkan syarat-syarat kurban adalah :

1. Usianya; hewan kurban yang berupa domba yang dianggap layak adalah yang berumur setengah tahun, kambing berumur satu tahun, sapi berumur dua tahun, dan unta berumur lima tahun. Semua hewan itu tidak dibedakan apakah jantan atau betina. Hal itu berdasarkan dalil-dalil berikut.

a. Riwayat dari Uqbah bin Amir, ia berkata,”Aku bertanya kepada Rasulullah,’Wahai Rasulullah saw aku memiliki jadza’ kemudian Rasulullah saw menjawab,’Berkurbanlah dengannya.” (HR. Bukhori dan Muslim). Jadza’ menurut Abu Hanifah adalah kambing/domba yang berumur beberapa bulan, sedangkan Imam Syafi’i berpendapat bahwa kambing yang berumur satu tahun, inilah yang paling shohih.

b. Sabda Rasulullah saw,”Janganlah kalian berkurban kecuali yang telah berumur satu tahun ke atas. Jika hal itu menyulitkanmu maka sembelihlah jaza’ kambing.” (QS. Muslim) –(Fiqhus Sunnah edisi terjemah juz IV hal 294 – 295)

2. Tidak ada cacat (aib) pada hewan kurban seperti, picak matanya, pincang, patah tanduknya, terpotong kupingnya, tidak sakit, tidak terlalu kurus, berdasarkan sabda Rasulullan saw,”Empat jenis jenis hewan yang tidak boleh dikurbankan : Yang tampak jelas picak matanya, yang tampak jelas penyakitnya, yang pincang sekali, dan yang kurus sekali.” (QS. Tirmidzi)

3. Yang paling utama dari hewan kurban adalah gibas (domba) yang kuat, bertanduk dan berwarna putih kehitam-hitaman disekitar kedua matanya dan juga di badannya, berdasarkan riwayat bahwa Rasulullah saw menyembelih hewan yang seperti itu. Aisyah ra mengatakan,”Sesungguhnya Nabi saw pernah berkurban seekor gibas yang bertanduk ada warna hitam di badannya, ada warna hitam di kakinya dan ada warna hitam di kedua matanya.” (QS. Tirmidzi) Tentunya ini adalah yang paling utama dan bukan berarti hewan yang akan dikurbankan harus seperti ini, karena hal itu pasti menyulitkan bagi setiap orang yang ingin berkurban.

Hukum Meminta Sepertiga Daging

Orang yang berkurban disunnahkan untuk memakan dagingnya, membagikannya kepada karib kerabat, serta menyedekahkannya kepada orang-orang fakir, sebagaimana sabda Rasulullah saw,”Makanlah olehmu, simpanlah dan sedekahkanlah.” (HR. Tirmidzi)

Jadi dari hadits tersebut bisa disimpulkan bahwa diperbolehkan bagi orang yang berkurban untuk meminta yang sepertiga karena memang itu menjadi hak atau bagian untuknya atau menyedekahkan seluruhnya tanpa mengambil bagian sedikitpun darinya.
Wallahu A’lam

– Ustadz Sigit Pranowo, Lc-

Bila ingin memiliki sebuah karya beliau dari  kumpulan jawaban jawaban dari Ustadz Sigit Pranowo LC, silahkan kunjungi link ini :

Resensi Buku : Fiqh Kontemporer yang membahas 100 Solusi Masalah Kehidupan…

]]>
http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hukum-berqurban-dan-menikmati-dagingnya.htm/feed 0
Pastur Rusia : Kaum Muslimin Akan Mewarisi Dunia Ini http://www.eramuslim.com/dakwah-mancanegara/pastur-rusia-kaum-muslimin-akan-mewarisi-dunia-ini.htm http://www.eramuslim.com/dakwah-mancanegara/pastur-rusia-kaum-muslimin-akan-mewarisi-dunia-ini.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 06:27:04 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=51045

Seorang Pastur di Rusia mengakui, dalam sebuah Video yang tersebar di internet (lihat: video pengakuan pastur), bahwa masa depan adalah milik kaum muslimin, mereka akan mewarisi dunia ini dan mengisinya.”

Pastur Rusia tersebut menyebutkan bahwa alasan dibalik semua itu adalah karena ketekunan mereka dalam menyembah Allah sepenuhnya, ia mengatakan,”ketika melaksanakan Sholat Ied, Kaum Muslimin “meneror” lalu lintas dari lingkungan mereka, dan ribuan orang sujud merendah diri dihadapan Tuhannya.”

Pastur melanjutkan,”pemandangan ini yang telah hilang dari kita” dan kita tidak melihat kecuali hanya orang tua yang pergi ke gereja.”

Dalam pengakuannya tersebut, Pastur menceritakan seorang wanita Rusia bercerita tentang supir taksi beragama Muslim, ia mengatakan:”Supir taksi muslim tidak mengambil bayaran dari saya, dan ia mengatakan kepada saya: “anda seperti ibu saya dan seorang anak tidak mengambil dari ibunya sesuatu pun terutama ketika dia pergi ke tempat berdoa.” Sementara jika supir taksi kristen ia akan mengambil bayaran dan mengatakan:” ini sudah menjadi pekerjaan saya.”

Perlu dicatat bahwa jumlah muslim di Rusia  mencapai sekitar 20 juta jiwa, setelah kemerdekaan lima belas tahun yang lalu dari republik dari Uni Soviet, sedangkan di kota Moskow jumlah muslim telah mencapai satu juta jiwa.(hr/IM)


]]>
http://www.eramuslim.com/dakwah-mancanegara/pastur-rusia-kaum-muslimin-akan-mewarisi-dunia-ini.htm/feed 0
Resensi Buku : Inilah Negeri Negeri di Akhir Zaman, Tahukah Anda ? http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-negeri-negeri-di-akhir-zaman-tahukah-anda.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-negeri-negeri-di-akhir-zaman-tahukah-anda.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 06:25:48 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=72288 negeri1Buku ini mengupas secara rinci tentang negara-negara dunia yang
menjadi saksi menjelang dekatnya akhir zaman.

Seperti apa kehancuran Mekkah dan Madinah di akhir zaman? Bagaimana umat islam Iraq akan memenangkan peperangan dengan Amerika dan Eropa? Bagaimana India ditaklukkan oleh umat Islam? Benarkah akan terjadi kemurtadan pada bangsa Arab dan kepemimpinan mereka akan jatuh ke tangan pasukan panji hitam yang akan keluar dari Khurasan?

Benarkah Negeri Turki Sekuler akan jatuh ke tangan umat Islam dan bagaimana negeri itu tunduk dibawah bendera Islam? Siapakah Sufyani dan pasukan bani Kalb yang akan menggempur Al-Mahdi? Benarkah akan muncul pasukan Arab yang akan ditenggelamkan di tanah Hijaz?

Adakah hubungan antara pembenaman pasukan itu dengan fenomena penambangan minyak dan gas di tanah Jazirah? Benarkan Khilafah Rasyidah akan dimulai kemunculannya dari Iraq? Siapakah musuh bersama yang akan diperangi oleh koalisi islam Romawi di akhir zaman? Siapakah bani Qanthura yang akan menggempur negeri 1001 malam di akhir zaman? Benarkah mereka koalisi Amerika dan Eropa? Yang juga tidak kalah menariknya, adakah nubuwah Rasulullah yang mengisyaratkan lahirnya Arab Spring, revolusi Timur Tengah yang menumbangkan rezim-rezimnya?

Masih banyak lagi pertanyaan menarik yang dikupas dalam buku ini, boleh jadi ini merupakan buku ‘pertama’ yang mengupas secara detail dan rinci tentang bagaimana nasib negara-negara dunia di akhir zaman. Edisi revisi kali ini lebih lengkap dengan menyuguhkan data, dan utamanya kejadian-kejadian besar yang saat ini tengah melanda bangsa Arab dan Syam. Dengan merujuk pada nash-nash yang Shahih dan fakta-fakta sejarah yang valid, buku ini mencoba untuk menyuguhkan sesuatu yang berbeda tentang hadits-hadits futuristik. Insya Alloh…
Selamat Membaca

Judul Buku : Negeri Negeri Akhir Zaman

Penulis : Abu Fatiah Al Adnani
19.5 x 26.5 cm _ 480 pages
HARDCOVER
Harga Rp. 120.000

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com

 

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-inilah-negeri-negeri-di-akhir-zaman-tahukah-anda.htm/feed 0
Salurkan Qurban-mu untuk Para Penghapal Quran dan Dhuafa : Eramuslim Qurban 1435H http://www.eramuslim.com/haji/eramuslim-qurban-1435h-salurkan-qurban-mu-untuk-para-penghapal-quran.htm http://www.eramuslim.com/haji/eramuslim-qurban-1435h-salurkan-qurban-mu-untuk-para-penghapal-quran.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 06:10:42 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=83608 sapi2Assalamu Alaikum Wr Wb,

Sebentar lagi umat Islam akan menghadapi salah satu Hari raya terbesar ,  selain Iedul Fitri adalah  Hari Raya  Iedul Adha. Yang biasa juga disebut dengan Hari Raya Qurban, bisa juga disebut Lebaran Haji , dimana pada saat Hari Raya tersebut , syariah Islam mewajibkan setiap Muslim  yang mampu untuk menunaikan penyembelihan hewan qurban. Hal ini diperjelas dengan Ayat ayat al Quran sejak  14 abad yang lalu  :

22:34

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”(QS. Al Hajj : 34)

108:1108:2
108:3

”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban- lah.” (QS.Al Kautsar : 1-2)

Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Iedul Adha adalah penyembelihan hewan qurban. Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)

Alhamdulilllah pada tahun ini 1435H , eramuslim berkesempatan  bekerjasama dengan Pesantren Darul Quran Al Muqorrobin , bojongsari, Depok, Jawa barat , yang akan mengkoordinasikan penyebaran hewan Qurban dengan beberapa pesantren Dhuafa dan Pesantren  penghapal Quran lainnya seperti Pesantren Zaid Bin Tsabit – Bekasi ; Zainal Muttaqin – Bojongsari, Depok; Pembinaan Mualaf Assyifa ; Bren Quran Center Jakarta, Dll.

Pesantren Al Muqorrobin adalah mitra eramuslim sebagai pelaksana utama penyebaran hewan Qurban untuk para penghapal Quran, akan bertanggung jawab mengkoordinasikan pelaksanaan hewan Qurban hingga pendistribusian daging Qurban ke beberapa pesantren penghapal Quran yang disebutkan di atas dengan merata serta memberikan dokumentasi penyembelihan hewan Qurbannya dan pendistribusiannya sesuai nama Pequrban yang akan dikirimkan melalui alamat email yang diberikan oleh Pequrban.  .

Untuk Jenis dan harga hewan Qurban, kami hanya menyediakan hewan Qurban  Sapi dengan berat 280-330 Kg dengan Harga Rp 17,500,000.

Pequrban dapat memesan 1(satu) ekor sapi senilai Rp 17,500,000,- , atau

1/7 dari harga Sapi tersebut atau seharga Rp 2,500,000 per orangnya,

Dan untuk pesanan 1/7 dari harga Sapi tersebut , kami akan kumpulkan hingga sebanyak  7 orang pequrban, agar mendapatkan 1 ekor hewan Qurban Sapi.

Biaya tersebut sudah termasuk biaya pemotongan dan distribusinya.

Pembayaran dilakukan dengan Transfer ke :

Bank Syariah Mandiri, cabang Pondok Indah

Rekening : 0040139003

Atas nama : Eramuslim Global Media

Bila berminat menyalurkan Qurbannya melalui kami, silahkan hubungi kami telp/ sms 085695070099  dengan menyebutkan nama peng-Qurban, alamat dan email nya . Karena pada pelaksanaan Qurbannya, kami akan mengirimkan dokumentasi yang diperlukan untuk menunjukkan prosesi pelaksanaan Qurban Sapi nya…

Demikian disampaikan …

Wassalamu Alaikum Wr Wb

Panitia Qurban 1435H

Eramuslim dan Pesantren DQ Al Muqorrobin

]]>
http://www.eramuslim.com/haji/eramuslim-qurban-1435h-salurkan-qurban-mu-untuk-para-penghapal-quran.htm/feed 0
Yordan Siaga Penuh, Warga Kota Ma’an Menantikan Kedatangan IS http://www.eramuslim.com/berita/yordan-siaga-penuh-warga-kota-maan-menantikan-kedatangan-is.htm http://www.eramuslim.com/berita/yordan-siaga-penuh-warga-kota-maan-menantikan-kedatangan-is.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 06:07:14 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=84677 maan2-300x165Jalan-jalan yang berpasir kota Ma’an di Yordania selatan ,  terlihat suasana pro-jihad mendidih di bawah permukaan masyarakatnya.

Banyak grafiti  menunjukkan bendera ISIS pada  dinding dan kantor kantor pemerintahan  di jalan utama, dinding  sekolah, dan juga di area bundaran di pusat kota .

Seratus lima puluh km sebelah selatan dari ibukota, Amman, kota Ma’an selalu dikenal sebagai kota pemberontak di Yordania. Selama beberapa dekade telah menjadi lokasi  kerusuhan,  kekerasan dan konfrontasi gerakan Muslim dengan pasukan keamanan Jordan.

Dalam beberapa bulan terakhir, rilisan video mengenai  demonstrasi pro-ISIS telah beredar di media sosial, dengan beberapa warga Ma’an melambaikan bendera hitam IS(IS).

Demonstran  bahkan berani menyerukan pengakuan Negara Islam dan meneriakkan slogan-slogan anti-pemerintah.

Pemerintah mengatakan masih mengendalikan situasi kota Ma’an, meskipun ketegangan sewaktu waktu akan membara.

“Tidak sedikit orang Yordania yang membawa bendera ISIS  ditangkap,” kata juru bicara pemerintah Mohammad al-Momani kepada CNN.

Menurut seorang pejabat pemerintah yang berbicara dengan syarat anonim, “mayoritas orang yang menunjukkan simpati dengan ISIS ditangkap.” Pejabat itu mengatakan total 71 simpatisan telah ditangkap selama beberapa minggu di seluruh negeri.

Selama bertahun-tahun Yordania telah bergabung dengan jajaran kelompok-kelompok ekstremis seperti al-Qaeda dalam perang di Afghanistan dan Irak dan baru-baru ini perang di Suriah.

Jordan, sekutu utama AS, telah siaga tinggi di sepanjang perbatasan dengan Irak dan Suriah, untuk menggagalkan sejumlah upaya infiltrasi, menurut pemerintah.

Tapi pihak kerajaan semakin takut akan ancaman dari dalam negerinya setelah Jordan bergabung dengan koalisi pimpinan AS dalam memerangi Negara Islam  di Irak dan Suriah.

Seperti banyak orang Yordania, walikota Ma’an prihatin dengan dampaknya setelah partisipasi negaranya ikut dalam serangan terhadap ISIS di negara-negara tetangga.

“Gerakan jihad telah hadir di Yordania selama bertahun-tahun, tidak hanya di Ma’an, tetapi juga di kota-kota lain … jika gerakan JIhad  di Irak atau Suriah menyatakan perang terhadap Jordan, mereka tidak akan ragu-ragu untuk melakukan operasi di dalam negeri Yordania,” ujar Walikota Majed al-Sharari mengatakan kepada CNN di kantornya.

Dan banyak dari grafiti yang hadir di kota tersebut  menuliskan ,  “Negara Islam silahkan menetap di sini untuk tinggal,” dan , “Abu Bakr Al-Baghdadi adalah pangeran kami.” (JL/KH)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/yordan-siaga-penuh-warga-kota-maan-menantikan-kedatangan-is.htm/feed 0
Warga Kristen Lebanon Bentuk Milisi Kristen untuk Hadapi IS(IS) http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/warga-kristen-lebanon-bentuk-milisi-kristen-untuk-hadapi-isis.htm http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/warga-kristen-lebanon-bentuk-milisi-kristen-untuk-hadapi-isis.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 05:43:03 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=84672 lebanon_christians_ims103-300x221Warga Kristen di Lebanon di Lembah Bekaa mulai membentuk milisi dan mempersenjatai diri mereka dalam persiapan untuk hadapi serangan  ofensif  IS(IS) . Dalam foto mereka mengangkat tangannya dengan membentuk segitiga piramida, simbol yang sama dilakukan oleh tentara AS , seperti dalam artikel ini : http://www.eramuslim.com/berita/as-siapkan-perang-agama-di-suriah-dan-irak.htm

Hingga 3.000 jihadis dari Negara Islam dan milisi jihad lainnya telah kuasai wilayah  pegunungan antara Lebanon dan Suriah dekat kota Arsal.

Milisi  Kristen kini menciptakan kekuatan pertahanan desa untuk pertahanan hadapi jihadis Muslim yang telah menyandera  21 tentara dan polisi Lebanon .

“Kami adalah minoritas dan kami berada di bawah ancaman oleh para jihadis,” ujar Rifaat Nasrallah, seorang komandan relawan Katolik Yunani dari kota Ras Baalbek.

“Itu bukan ide dari orang tertentu,” kata Nasrallah mengenai pembentukan unit pertahanan Kristen. “Seluruh warga kami  merasa dalam bahaya sehingga kita semua sepakat untuk membentuk itu .”

“Kami tidak memulai menembak jika kita melihat seseorang atau sesuatu yang bergerak di pegunungan,” kata salah satu penjaga tersebut. “Kami hanya segera memanggil Angkatan Darat Lebanon agar  mereka menyelidikinya.”

Kota Ras Baalbek memiliki populasi 15.000 orang dan dipisahkan dengan kota  Arsal oleh berbagai bukit bukitan.

“Bayangkan jika Negara Islam akhirnya mencapai  kota Ras Baalbek …kami akan terancam kematian… Ini akan menjadikan  Lebanon membara, ” hasut seorang diplomat Barat di ibukota Libanon Beirut, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada media barat , The Times. (JL/KH)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/warga-kristen-lebanon-bentuk-milisi-kristen-untuk-hadapi-isis.htm/feed 0
Resensi Buku : Ingin Mengenal Kenapa 10 Sahabat Ini Dijamin Surga? Bacalah Ini http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-ingin-mengenal-kenapa-10-sahabat-ini-dijamin-surga-bacalah-ini.htm http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-ingin-mengenal-kenapa-10-sahabat-ini-dijamin-surga-bacalah-ini.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 05:04:16 +0000 http://www.eramuslim.com/?p=84668 sahabatBuku ini merangkum biografi 10 Sahabat RasulullahShallallahu Alaihi wa Sallam yang dijamin masuk surga. Mereka adalah manusia terbaik di kalangan kaum Quraisy, sosok terbaik di kalangan pemeluk Islam generasi awal, terbaik di kalangan kaum muhajirin (yang hijrah ke Madinah), terbaik di kalangan pasukan perang Badar, terbaik di kalangan para pembai’at RasulullahShallallahu Alaihi wa Sallam, dan pemuka umat ini baik di dunia maupun di akhirat.

Kesepuluh shahabat tersebut adalah Abu Bakar, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan, Ali bin Abu Thalib, Abu Ubaidah bin Jarrah, Abdurrahman bin Auf, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Sa’id bin Zaid dan Sa’ad bin Abi Waqqash.

Semoga ketakwaan, kesalehan dan keteguhan yang dimiliki oleh para shahabat mulia ini dapat dijadikan teladan bagi umat islam khususnya generasi muda islam, sehingga kelak akan menghantarkan mereka menjadi generasi penerus Islam yang tangguh, tokoh kebanggaan dunia dan penghias lembaran sejarah sepanjang zaman.

Judul : 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga
Penulis : Abdus Sattar Asy-Syaikh
Ukuran : xxxvi + 16 × 24,5 cm
Tebal : 964 hlm
Berat : 1340 gr
ISBN : 978-602-8406-71-0

Harga : Rp 170,000 (belum termasuk ongkos kirim)

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : marketing@eramuslim.com  

]]>
http://www.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-ingin-mengenal-kenapa-10-sahabat-ini-dijamin-surga-bacalah-ini.htm/feed 0
Sukakah Anda Berbuat Namimah? http://www.eramuslim.com/hadits/sukakah-anda-berbuat-namimah.htm http://www.eramuslim.com/hadits/sukakah-anda-berbuat-namimah.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 03:50:08 +0000 http://www4.eramuslim.com/?p=47211 Orang yang senang mengadu domba (namimah) akan mendapatkan siksa kubur, bahkan dia disiksa di dalam neraka di akhirat kelak. Rasulullah SAW bersanda : “Tidak akan masuk surga orang yang senang mengadu domba” (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan At Tirmidzi)

Ibnu Abbas Ra, meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW melewati dua buah kuburan , lalu beiau bersabda , “Sesungguhnya kedua penghuni kubur ini sedang disiksa. Dan keduanya tidak disiksa kecuali  karena dosa besar, tetapi karena masalah besar. Salah satunya disiksa karena senang mengadu domba, sedangkan lainnya disiksa karena tidak bersuci dari kencingnya (Muttafaq alaih)

Namimah adalah memindahkan perkataan sebagian orang kepada sebagian lainnya dengan maksud mencelakakan dan mengadu domba di antara mereka. Adapun ghibah yaitu membicarakan orang lain dengan sesuatu yang tidak disukainya, sekalipun itu adalah benar. Banyak orang yang sering keliru dalam memahami makna dua kata ini; ghibah dan namimah. Dan perbedaannya ialah sebagaimana yang tadi dijelaskan.

Menjerumuskan manusia ke dalam jurang permusuhan adalah perbuatan dan pekerjaan syetan. Itulah makanya, hal ini dapat menyebabkan orang yang melakukannya disiksa dalam kubur. Dan di akhirat dia diakhirkan masuknya dalam surge. Sebab, perbuatan ini membuat keislamannya menjadi ternoda.

Jika engkau memahami ini, maka tanyakanlah kepada dirimu; Apakah saya senang dan sering berbuat Namimah?

- Syaikh Amin Muhammad Jamal -

]]>
http://www.eramuslim.com/hadits/sukakah-anda-berbuat-namimah.htm/feed 0
Kebesaran Bangsa Yunani, Yahudi, dan Masehi Hanyalah Mitos http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/kebesaran-bangsa-yunani-yahudi-dan-masehi-hanyalah-mitos.htm http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/kebesaran-bangsa-yunani-yahudi-dan-masehi-hanyalah-mitos.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 03:45:21 +0000 http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/kebesaran-bangsa-yunani-yahudi-dan-masehi-hanyalah-mitos.htm athena11Banyak penulis tentang Barat menyatakan, bahwa kebesaran kebudayaan Barat adalah karena pengaruh Yunani dan Romawi. Dengan demikian, seolah dua bangsa itu mempunyai nilai besar dalam membentuk peradaban dunia Barat saat ini. Betulkah demikian?

Menurut Roger Garaudy, kebesaran bangsa Yunani hanyalah hanyalah cerita sejarah yang dibuat karena ketidakpahaman. Hal yang sama juga tentang keunggulan bangsa Yahudi.

“Mitos keistimewaan Yunani hanya dapat terjadi karena kebodohan yang disengaja atau penolakan terhadap asal-usul dan sejarah kota Athena pada zaman Pericles. Mitos keistimewaan bangsa Yahudi juga disuburkan oleh kebodohan yang disengaja serta penolakan yang sama, ” tegas Garuady. (Roger Garaudy, Promesses de ‘Islam, Paris: 1981).

Dalam Al-Qur’an memang Allah Swt menyebutkan, bahwa bangsa Israel- sebagai asal-usul bangsa Yahudi- telah dilebihkan atas segala umat (QS. 2: 47). Ayat ini tidak menunjukkan bahwa bangsa Yahudi menjadi bangsa yang lebih luhur dibanding bangsa lain selama-lamanya.. Mereka yang dipuji Allah punya keluhuran adalah bangsa Yahudi pada masa Nabi Musa ‘alaihi al-salam (as).

Bangsa Yahudi menjadi unggul ketika mereka taat dan mengikuti ajaran Nabi Musa setelah dikejar dan dintimidasi oleh Fir’aun. Tapi, setelah mereka membangkang dan melakukan penyimpangan (tahrif), mereka dikutuk Allah. “Jadilah kamu kera yang hina, ” demikian firman-Nya pada Al-Baqarah: 65.

Inilah afirmasi Allah yang paling tegas kepada para pengkaji sejarah dan peradaban, bahwa bangsa Yahudi pasca Nabi Musa menjadi banga yang terhina, dicaci, dimusuhi dan diusir karena sikap dan perbuatannya yang menolak kebenaran dan rasis. Bangsa ini pada masa Hitler juga menjadi sasaran empuk.

Mitos yang dibesar-besarkan juga terjadi pada agama Kristen (Masehi), agama yang dianut hampir di semua negara benua Eropa, kendati benua ini tidak pernah melahirkan agama besar. Agama ini bermula di Antokia, Turki (Asia), kemudia menyebar di Isdkandaria, Mesir (Afrika).

Garaudy mengungkapkan, agama Masehi mengambil bahan dan tradisi Yahudi dan Yunani, negara tetangga terdekat Turki- dari hubungannya bangsa Timur. Selain itu, agama ini juga dipengaruhi oleh biksu-biksu Budha yang dikirim oleh Ashoka, seorang Maharaja India dari Dinasti Maurya (261 SM) sebelum lahirnya Nabi Isa as.

”Keturunan para biksu itu terdapat masyarakat Essena, dan mereka itu mempunyai pandangan-pandangan dan perilaku tang sangat mirip dengan panadangan serta perilkau masyarakat Gua Qumran atau masyarakat Injil Thomas yang ditemukan di Mesir, ” papar Garaudy, intelektual Muslim asal Perancis, yang pernah jadi atheis.

Sangat wajar bila kemudian Islam mengkritik peradaban, moral, dan keyakinan Yahudi, Kristen, dan tentunya Barat. Sebab, dalam pandangan Islam, kedua agama yang turut melahirkan peradaban Barat selama ini salah dan telah diselewengkan oleh para penganutnya.

* * * * *

Kendati kritik dan kebenaran Islam disampaikan ribuan tahun yang lalu oleh Nabi Muhmmad dan para sahabatnya, lalu dilanjutkan generasi sesudahnya, tetap saja mereka tidak terima.

Seorang pentolan orientalis William Montogomerry Watt dalam bukunya “Islamic Fundamentalism and Modernity, menyatakan, ayat-ayat Al-Qur’an yang menuduh bangsa Yahudi melakukan perubahan kitab sucinya merupakan tuduhan paling serius. ”Namun tidak ada kejelas dan apakah yang dimaksud perubahan di sini adalah perubahan pada teks atau hanya pada makna, ” papar Watt.

Tapi, lanjut dia, ketidakpastian ini tetap tidak mengurangi kemanjuran dan kebenaran teori Al-Qur’an itu dalam menghadang Yahudi dan Kristen berdebat atau berdialog dengan umat Islam mengenai dasar Bibel.

Sungguh aneh dan tidak ilmiah bila di kemudian hari mereka tetap megaku sebagai agama yang benar. Karena mengetahui agama mereka salah, maka agar mendapat pengakuan kebenaran dari yang lain (Islam) merekapun menyebarkan paham semua agama benar (plularisme agama). (dina)

]]>
http://www.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/kebesaran-bangsa-yunani-yahudi-dan-masehi-hanyalah-mitos.htm/feed 0
Kisah Kaum Sabat http://www.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/kisah-kaum-sabat.htm http://www.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/kisah-kaum-sabat.htm#comments Thu, 02 Oct 2014 02:55:10 +0000 http://www3.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/kisah-kaum-sabat.htm yahudi kunoDi antara orang-orang yang berusaha keras untuk melawan Islam dan menghalangi penyebaran Islam adalah orang-orang Yahudi. Mereka bahkan bekerja sama dengan orang-orang musyrik dan menghasut suku-suku Arab kafir terhadap Islam, meskipun mereka seharusnya menjadi orang pertama yang percaya dan membantu Islam.

Al-Qur’an menegur mereka terkait dengan perbuatan keji mengerikan, dan menantang mereka untuk menyebutkan cerita tentang Sabat di mana beberapa dari mereka bermetamorfosis menjadi monyet dan babi. Allah berfirman dalam Al-Qur’an,

“Dan tanyakanlah kepada Bani Israel tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik. Dan (ingatlah) ketika suatu umat di antara mereka berkata, ‘Mengapa kamu menasihati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?’ Mereka menjawab, ‘Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab) kepada Tuhanmu, dan supaya mereka bertakwa.’ Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan Kami timpakan kepada orang-orang yang lalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik. Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang mereka dilarang mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: “Jadilah kamu kera yang hina.” (Al-Araf :163-166)

“Hai orang-orang beriman, janganlah teman dan pelindung orang-orang yang membawa agama untuk olok-olok atau olahraga, – apakah di antara mereka yang menerima Kitab sebelum kamu, atau di antara orang-orang yang kafir, tetapi kamu takut kepada Allah, jika kamu beriman (memang). Ketika kamu nyatakan ajakan Anda untuk doa mereka bawa (tetapi) sebagai ejekan dan olahraga; itu adalah karena mereka adalah orang-orang tanpa pemahaman.” (QS Al-A’raf [7]: 163-166)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi Kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman. Dan apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) sembahyang, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Yang demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal. Katakanlah: “Hai Ahli kitab, apakah kamu memandang kami salah, hanya lantaran kami beriman kepada Allah, kepada apa yang diturunkan kepada kami dan kepada apa yang diturunkan sebelumnya, sedang kebanyakan di antara kamu benar-benar orang-orang yang fasik?” Katakanlah: “Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu di sisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?” Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.” (QS Al-Maidah [5]: 57-60)

Dalam ayat tersebut di atas, seorang muslim dilarang bersikap loyal terhadap orang-orang yang dikutuk dan melecehkan Islam. Di antara ajaran Islamic diejek oleh orang-orang Yahudi adalah adzan. Al-Qur’an mengecam dan mengingatkan mereka tentang salah satu tindakan memalukan yang mengakibatkan satu kelompok orang-orang Yahudi diubah menjadi kera.

Dalam kisah ini, Allah telah menguji keyakinan mereka dan sejauh mana mereka mematuhi-Nya. Di beberapa desa yang terletak di Laut Merah, orang-orang Yahudi bekerja sebagai nelayan. Allah memerintahkan ikan untuk tidak mendekati pantai, kecuali pada hari Sabtu. Pada hari Sabtu ikan melimpah datang ke pantai. Jadi, ketika mereka menemukan bahwa ikan hanya datang pada hari Sabtu, maka mereka mulai membuat beberapa trik dengan menyebarkan jaring ikan, lalu mereka mengumpulkan ikan-ikan yang tertangkap jaring pada hari Minggu. Padahal dalam Kitab Taurat orang-orang Yahudi diperintahkan untuk tidak bekerja pada hari Sabtu.

Ada tiga kelompok orang yang memperdebatkan mengenai apa yang harus mereka lakukan. Beberapa dari mereka memperingatkan kelompok kedua, yaitu orang-orang yang berbuat dosa, akan siksaan akibat perbuatan mereka itu. Sementara kelompok ketiga menolak untuk mengambil bagian dalam dosa. Bahkan mereka berkata kepada yang kelompok pertama yang memberi nasihat kepada kelompok kedua, “Untuk apa kamu menasihati orang-orang yang berdosa itu?” Itulah nasehat yang diberikan jauh sebelum hukuman Allah terjadi. Hukuman Allah itu terjadi dengan begitu cepat, dan orang-orang yang berdosa itu pun bermetamorfosis menjadi kera. Cerita ini dihapus dari Taurat meskipun masih ada beberapa jejaknya. Yang pertama adalah:

“Engkau memandang ringan terhadap hal-hal yang kudus bagi-Ku dan hari-hari Sabat-Ku kaunajiskan.” (Yehezkiel 22:8)

Seperti apa cerita hari Sabat? Ini adalah pertanyaan yang tidak ada jawabannya dalam bab kanonik, namun masih ada beberapa bukti yang menjelaskan bagaimana mereka menistakan Sabat dan bagaimana mereka memanipulasinya dalam Talmud, kisah-kisah kuno orang Yahudi. Bahkan ada bukti dalam tulisan suci yang tercatat setelah penulisan Talmud yang menoleransi penyebaran jaring ikan untuk menangkap ikan dan jaring untuk menangkap binatang-binatang di hari Sabtu untuk mereka kumpulkan di hari berikutnya.
Yang terakhir dari bukti-bukti ini ditemukan di Kitab Rabbinci dan Talmud Aramaic. Dalam buku ini dijelakan Jacopo bernubuat bahwa keturunan Efraim, anak Yusuf, akan mengalami bencana karena menangkap ikan dengan mulut, dan sebagai akibatnya mereka akan menjadi bisu lalu mati seperti ikan.

Kepada mereka yang masih mengklaim bahwa Nabi Muhammad Saw. mengadopsi kisah-kisah dalam Al-Quran dari kitab suci mereka kita katakan: Apakah mungkin beliau membaca kitab suci mereka meskipun beliau buta huruf dan tidak pernah tahu salah satu bahasa dari buku-buku ini untuk menyisipkannya di dalam Al-Qur’an? Apakah mungkin beliau mendapatkan buku-buku ini lalu membaca potongan-potongan cerita yang berserakan dan kemudian menemukan garis samar yang menghubungkan semua bagian, kemudian menulis cerita ini? Tidak diragukan lagi itu adalah kitab yang nyata dari Allah dan setiap kata adalah benar.

]]>
http://www.eramuslim.com/peradaban/quran-sunnah/kisah-kaum-sabat.htm/feed 0