Wakapolri Baru, Yusuf Manggabarani

Indah Puspita Rukmi – Senin, 18 Muharram 1431 H / 4 Januari 2010 10:56 WIB

Kapolri Bambang Hendarso Danuri mencopot Makbul Padmanegara sebagai Wakapolri. Posisi Makbul kemudian diisi oleh Yusuf Manggabarani yang sebelumnya menjabat sebagai Irwasum (Inspektur Pengawas Umum).

Jenderal Pol. Bambang Hendarso Danuri hari ini (Senin, 4/1/10) melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Yusuf Manggabarani sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Pol. Makbul Padmanegara. Sementara itu, posisi Irwasum akan diisi oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Nanan Sukarna yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Humas Polri. Irjen Pol. Edward Aritonang ditunjuk menggantikan Nanan Sukarna.

Kapolri mengisyaratkan bahwa pergantian posisi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri yang sedang mengalami masa transisi. Pergantian Wakapolri tersebut berdasarkan Telegram (TR) Kapolri dengan Nomor Polisi (Nopol) TR/708/XII/2009 tertanggal 30 Desember 2009 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Pencopotan Makbul tidak menyalahi aturan melainkan karena Makbul sudah memasuki masa pensiun per 31 Desember 2009.

Selain melakukan reposisi jabatan tinggi di kepolisian, Kapolri juga melantik Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), yaitu Irjen Pol. Suprapto digantikan oleh Brigjen Pol. Agus Wantoro. Kapolri juga memberikan kenaikan pangkat kepada perwira tinggi dengan kepangkatan Irjen sebanyak dua orang, Brigjen empat orang, dan Komisaris Besar sebanyak empat puluh empat orang.

Serah terima jabatan sedianya akan dilaksanakan pada Rabu (6/1/10) di Mabes Polri.

Yusuf Manggabarani yang dikenal sebagai sosok petinggi Polri yang berwajah ‘tanpa ekspresi’ ini ditunjuk sebagai Wakapolri melalui rapat Dewan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang melibatkan para perwira tinggi Polri. Sebelumnya, sempat diisukan bahwa Mantan Kabareskrim Susno Duadji akan mengisi posisi Wakapolri. (Ind/Ant/MI)

foto: katakami

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus