Sambut 1 Muharam 1428H, dengan Tahajud Akbar dan Muhasabah

Noffellisa – Senin, 28 Zulhijjah 1428 H / 7 Januari 2008 21:56 WIB

Bencana alam yang terjadi beberapa daerah di Jawa Timur sekitarnya, disikapi optimis oleh masyarat Surabaya. Menyambut Tahun Baru Islam 1429 Hijriyah, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) menggelar Tahajud Akbar dan Muhasabah bersama pada 9 Januari pukul 24. 00 WIB.

"Shalat malam bersama ini untuk minta petunjuk Allah, jalan yang terbaik di tahun yang baru, sudah diadakan empat kali, dan biasanya diikuti belasan ribu orang, " kata Humas MAS Helmy M Noor di Surabaya, Senin.

Menurutnya, Tahajud Akbar akan dipimpin guru besar IAIN Sunan Ampel Surabaya Prof DR H Moh Sholeh MPd.PN yang merupakan peneliti tahajud, dan juga staf MAS yang sudah mengembangkan terapi spriritual melalui salat Tajahud.

"Sebelum, acara Tahun Baru Islam di MAS akan dimulai pukul 20. 00 WIB dengan pemutaran film-film perjuangan Islam seperti Hijrah Rosul yang dikelola tim SMS (Sukses Motivasi Spiritual), "jelasnya.

Menjelang tengah malam, lanjut Helmy, akan diadakan Muhasabah Bersama (renungan bersama) dengan narasumber KH Muhammad Nawawi, dilanjutkan Tahajud Akbar pada 10 Januari dinihari sekira pukul 02. 00 WIB.

Sementara itu, kemeriahan menyambut tahun baru Hijriah juga dirasakan puluhan siswa TK (Taman Kanak-kanak) dan KB (Kelompok Bermain) Al-Hikmah Surabaya, mereka membagi-bagi "burung perdamaian" kepada pengunjung Royal Plasa Surabaya.

"Kami mendidik anak-anak untuk memahami Tahun Baru Islam, agar mereka tidak hanya tahu Tahun Baru Masehi, sekaligus mengingatkan warga kota Surabaya tentang Tahun Baru Islam 1429 H yang tahun ini bertepatan dengan 10 Januari, " kata Lisa, Humas TK-KB Al-Hikmah. (novel/ant)

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus