Press Release FT UI : “Exploring Innovation for Enhancement of Human Life and Environment”

Redaksi – Jumat, 21 Juni 2013 09:59 WIB

 

uiThe 13th International Quality in Research (QiR) 2013

25 – 28 Juni 2013

 Manusia selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas kehidupan dari waktu ke waktu. Saat ini, era globalisasi menyebabkan suasana yang sangat kompetitif dalam semua aspek kehidupan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup,bagaimanapun manusia harus mempertimbangkan dampak dari upaya mereka terhadap lingkungan. Oleh karena itu, pembangunan berkelanjutan harus menyeimbangkan pemenuhan kualitas hidup manusia dan harmoni dengan alam. Inovasi dalam lingkungan berbasis pengetahan multidisiplin dan keterampilan menjadi kunci penting dan pusat perhatian yang harus didorong dalam pembangunan saat ini dan masadepan.

Mengambil bagian secara aktif dalam peran tersebut, Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan bangga menggelar The 13th International Conference on QiR ( Quality in Research) pada tanggal 25-28 Juni 2013. Tema yang dipilih untuk konferensi tahun ini adalah “Exploring Innovation for Enhancement of Human Life and Environment”. Dengan tema ini, QiR 2013 bermaksud untuk fokus pada pengembangan dan inovasi dalam ilmu pengetahuan, teknik, dan desain, untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan di masa sekarang dan masa depan. Konferensi ini akan dibuka oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Paku Alam IX dan turut dihadiri oleh Rektor Universitas Indonesia, Rektor Universitas Gadjah Mada dan Rektor Institut Sains dan Tenologi Akprind, Yogyakarta.

Pada penyelenggeraan yang ke 13 ini, QiR 2013 diharapkan dapat menjadi sebuah forum internasional untuk berbagi pengalaman, transfer teknologi, perkembangan penelitian terkini, serta untuk memperkuat kolaborasi antar negara maupun antar institusi dibidang teknologi, rekayasa design danarsitektur untuk kemajuan masyarakat dunia. Saat ini QiR merupakan salah satu ikon dari Fakultas Teknik UI sebagai penyedia keunggulan teknik di berbagai bidang keteknikan, desain dan arsitektur di tingkat nasional dan internasional. Tahun ini, QiR akan menampilkan presentasi dari 16 invited speakers serta 535 makalah peserta yang berasal lebih dari 20 negara di dunia.

Diselenggarakan bersamaan dengan 2nd International Conference on Civic Space (ICCS 2013) serta untuk pertama kalinya memperkenalkan the International Symposium on Community Development 2013 sebagai bagian dari QiR 2013 yang diharapkan dapat berperan sebagai wadah untuk berbagi pengalaman kegiatan-kegiatan yang melibatkan dan memberdayakan masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan. QiR 2013 akan mencakup berbagai topik dan bahasan untuk berbagai bidang teknik material, mesin, perkapalan, industri, arsitektur dan perencanaan, kimia dan bioproses, sipil, komputer, elektro dan lingkungan.

Termasuk dalam daftar invited speaker adalah Prof. Jan Berghmans dari Katholieke Universitet Leuven, Belgia, Dr. Yandi A. Yatmo dari Universitas Indonesia, Prof. Hamzah Abdul Rahman dari University of Malaya, Malaysia, Prof. Pekka Leviäkangas dari Oulu University, Finlandia, Prof. Eiki Kasai dariTohoku University, Jepang dan masih banyak lagi. Para invited speakers ini akan berbagi ilmu dan pengalaman mereka mulai dari proses Bioremediasi, Penggunaan tube forming technology untuk pembuatan komponen-komponen ringan, Sistem transportasi pintar, Perencanaan Arsitektur berkelanjutan, Aspek-aspek keamanan bagi penggunaan LNG sebagai Bahan Bakar, dan masih banyak lagi.

 

Untuk informasi lebih lanjut:

Prof. Bondan T. Sofyan – 081316296836

Tikka Anggraeni – 08161449024

Office of Public Relations & Protocol

Faculty of Engineering
Universitas Indonesia
Depok, West Java, Indonesia 16424
twitter: @humasftui

 

Info Umat Terbaru

blog comments powered by Disqus