Bersiaplah Menjelang Ramadhan

Mashadi – Jumat, 9 Juli 2010 13:21 WIB

Ramadhan tak lama lagi. Kita akan memasuki bulan Ramadhan yang akan menjadi wasilah memperbaiki dan meningkatkan kualitas keimanan kita. Bulan Ramadhan yang penuh maghfirah bagi hamba-hamba yang menginginkan bersegera menggapai maghfirah-Nya. Semuanya harus di mulai sekarang, di bulan Rajab ini, kita mempersiapkan diri memasuki bulan Ramadhan dengan memohon maaf kepada orang tua, sanak famili, keluarga, dan teman, sehingga di bulan Ramadhan ini menjalani dengan lapang.

Di bulan Rajab ini memulai dengan shaum sunnah, berdzikir, membaca al-Qur’an dan mentadzaburinya, bersedekah, dan memperbanyak melakukan silaturrahim. Semua tujuannya untuk mengurangi dosa dan keselahan yang kita miliki selama sebelas bulan sebelumnya. Persiapan yang lebih baik dari tahun-tahun lalu, bukan hanya dengan mempersiapkan kebutuhan yang berwujud materi semata. Tetapi, bagaimana shaum kita di bulan Ramadhan ini menjadi lebih baik.

Tentu, yang lebih afdhol dengan mengurangi tingkat konsumsi setiap hari di bulan Ramadhan. Apalagi, sekarang kebutuhan-kebutuhan pokok menjadi sangat mahal. Bagi yang mampu banyak-banyak bersedekah di bulan Ramadhan, melalui cara memberikan makan kepada fakir miskin. Ini wujud perhatian kita terhadap sesama muslim, yang mereka mengalami hidup dalam serba kekurangan. Tidak berlebihan dengan mengkonsumsi makanan, selama bulan Ramadhan. Selenggarakan acara berbuka di rumah-rumah anda, setiap pekan bersama dengan anak-anak yatim, keluarga yang miskin, sehingga selama Ramadhan mereka itu dapat merasakan nikmatnya di bulan yang mulia ini.

Dengan cara itu, silaturrahim sesama muslim, sesama handai taulan, sesama keluarga dekat akan terjalin dan terjaga dengan kuat. Menghilangkan segala permusuhan dan fitnah serta berbagai hal-hal yang dilarang di dalam Islam. Melalui shaum di bulan Ramadhan ini, kita wujudkan kehidupan yang lebih Islami, memperbanyak ibadah, melakukan wirid dan membac a al-Qur’an. Mematikan telivisi dan lebih banyak melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Komunitas Eramuslim (KEM) rencana akan menyelenggarakan acara tarhib Ramadhan di Masjid Agung Al-Azhar, yang insya Allah pada 1 Agustus 2010, usai shalat Dhuhur, hingga selesai. Dengan pembahasan tentang pelaksanaan shaum di bulan Ramadhan dengan kaifat-kaifatnya. Tujuannya agar kita semua memahami bagaimana menjalankan shaum yang baik, sehingga shaum yang kita laksanakan bernilai, dan menjadikan kita benar-benar sebagai orang yang muttaqin.

Hari Ahad (11 Juli) rencananya akan berlangsung kajian hadist dan shiroh di Masjid Fatahillah, di komplek perwira AD – Bulakrante, yang akan diisi oleh Ustadz Sigit Pranowo Lc Al hafidz, pukul 15.30-17.30. Diharapkan kehadiran para anggota komunitas KEM, menghadirinya acara itu. Semoga.

Catatan Redaksi Terbaru

blog comments powered by Disqus